Home » Umum » Transportasi » 20 Awak KM Anda Lolos Dari Maut
Saat crew kapal KM Anda selamat tiba di pelabuhan Makassar serelah diboyong KM Spil Haspari, Selasa (1/1/2019).

20 Awak KM Anda Lolos Dari Maut

NYARIS TERKUBUR MESKI KAPAL TERTELUNGKUP KARENA BOCOR

SURABAYA – Kejadian tenggelamnya kapal KM Anda dalam pelayaran dari pelabuhan Makassar menuju Surabaya yang harus terhenti di 44 mile Utara pulau Kangean Madura, itu diakibatkan alami kebocoran dibagian as Propellernya. Meski kondisi dalam keadaan tertelungkup namun seluruh awak kapal berjumlah 20 orang dapat diselamatkan.

“Seluruh crew kapal dapat diselamatkan setelah dievakuasi oleh TB KSA 46 yang kemudian diserahkan ke kapal KM Spil Haspri lalu dibawa ke pelabuhan akhir kapal tersebut di Masakssar,” Ujar Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas V Kalianget, Supriyanto saat dikonfirmasi titikomapost, Selasa (1/1/2019).

Untung, lanjut Supriyanto, dalam kejadian itu seluruh awak kapal dapat diselamatkan dan tiba di pelabuhan Makassar dengan selamat.

“Ketika nyampai di Makassar mereka (awak kapal KM Anda.red) langsung dibawa ke kantor kesehatan pelabuhan untuk diketahui lebih lanjut kondisinya,” jelas Supriyanto dari informasi yang didapatnya.

Sedang penanganan selanjutnya, Supriyanto mengaku, diserahkan kepada Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar sebagai penerima. Namun, ketika titikomapost menghubingi Kabid P3 Syahbandar Makassar belum dapat terhubung.

BACA JUGA :Duka Pelayaran Akhir Tahun 2018, KM ANDA Tenggelam Di Madura http://www.titikomapost.com/duka-pelayaran-akhir-tahun-2018-km-anda-tenggelam-di-madura.html

Sementara itu, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Sapeken, Taufik menambahkan, saat dilakukan evakuasi terhadap crew lapal KM anda yang dilakukan oleh TB KSA 46 dilakukan secara tuntas tidak ada yang tersisah.

“Dua puluh orang sudah dievakuasi dan sudah dibawa ke Makassar dengan menggunakan kapal KM Spil Haspri,” terangnya.

Untuk kondisi bangkai kapal itu, Taufik mengaku, bahwa KM Anda yang tertelungkup dari hari Senin kemarin sekitar pukul 09,00 wib pada posisi koordinat : 06° 03′ 04″ S / 115° 34,5′ 00″ E sebelah Utara 44 mile Pulau Kangean itu sudah terhempas kedasar laut dan tidak mengganggu alur pelayaran.

“Kalau bangkai kapal KM Anda sendiri sepertinya tidak mengganggu alur pelayaran karena tenggelamnya pada kedalaman kurang lebih 70 meter dan posisinya dari kangean ke arah utara kurang lebih 44 mile,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, telah terjadi insiden kebocoran pada Kamar mesin Kapal KM Anda milik PT  CPT Jakarta karena Cuaca Buruk, Kapal tersebut berlayar dari Makassar tujuan Surabaya, kemudian saat melintas kapal KM Spil Haspri terima kontak dari KM Anda pada Channel 16 yang menginfokan bahwa telah terjadi kebocoran pada kamar mesin.

Mendengar kondisi itu, Nahkoda Kapal KM Spil Haspri mengambil tindakan merubah haluan dari 080° ke 060° dengan jarak Kapal KM Spill Haspri ke lokasi Kapal KM Anda Sekitar 14 mile. (RG)

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Apel Bersama, KSOP Kotabaru-Batulicin Akhiri Posko Angleb 2019

TANAH BUMBU – Posko angkutan ...