Home » Utama » Transportasi » Bandar » Pelabuhan Gresik Bebenah Demi Kenyamanan Pengguna Jasa

Pelabuhan Gresik Bebenah Demi Kenyamanan Pengguna Jasa

GRESIK – Tak mau berlarut-larut wajah jalan sepanjang dermaga pelabuhan Gresik lubang dan berdebu akibat menahan beban truk dan trailer yang melintas, Pelindo III Cabang Gresik lakukan penguatan untuk kenyamanan dan memperlancar mobilitas bongkar muat barang di pelabuhan.

General Manager PT Pelindo III Cabang Gresik, Yanto mengatakan, perbaikan jalan itu dilakukan disamping penguatan agar lalu lintas bongkar muat lancar juga dilakukan sekaligus agar bisa dimanfaatkan untuk lahan penumpukan, dimana yang selama ini digunakan parkir truk serta untuk menciptakan kenyamanan dan keamanan di dalam pelabuhan sehingga bagi steak holder yang berkegiatan di Gresik merasa nyaman.

“Truk yang ada didermaga akan dipindahkan ke are transit nantinya yang sedang dipersiapkan dilahan kosong sisi utara pelabuhan,” ujarnya saat dikonfirmasi titikomapost.com, Selasa (6/2/2018).

Sedang di dermaga, lanjut Yanto, nantinya murni untuk truk bongkar muat dan biar kelihatan rapi tidak semerawut seperti selama ini. Sebab bagi truk yang belum terjadwal melakukan kegiatan sementara bisa parkir di area transit.

“Hal tersebut sudah kita komunikasi dengan seluruh pihak ekspedisi dan truking untuk membiasakan parkir truk di tempat yang telah disediakan,” jelasnya.

Menurut Yanto, Pelindo III Cabang Gresik saat ini sedang menyelesaikan beberapa pekerjaan secara bersamaan sebagai langkah mempercantik wajah pelabuhan Gresik. Dimana pekerjaan itu sendiri, yaitu; penguatan jalan sisi Selatan dengan menggunakan paving dan sisi Barat dilakukan pengaspalan, penyiapan lahan area transit truk di sisi Utara juga pelebaran jalan dari pintu gate sampai ke Timur dilakukan dengan menambahkan box culvert untuk gorong-gorongnya.

“Prioritas yang dikebut area transit truk diperkirakan selesai awal April 2018 nanti agar saat pengaspalan dan pemavingan tidak terganggu truk yang parkir,” terangnya.

Yanto juga menambahkan, untuk pelebaran jalan masuk ke pelabuhan itu ada penambahan 3 meter sehingga menjadi 9 meter dari jalan yang ada.

“Nanti dari pelebaran jalan masuk itu akan dibangun jembatan timbang sekira 100 meter dari gate,” imbuhnya.

Sementara itu, pekerjaan yang dikebut semuanya baik pemavingan, pengaspalan, pemasangan box culvert, dan pembangunan jembaran timbang sebagai langkah untuk penataan dan klasterisasi penumpukan direncanakan tahun 2018 ini selesai.

“Secara global tahun ini diharapkan rampung,” tandasnya. (RG)

About Rudie Arijanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

x

Check Also

Jelang Lebaran Bongkaran Batu Bara Di Gresik Lancar

KSOP GRESIK URAI ANTRIAN TONGKANG BATU BARA  GRESIK – Derasnya arus barang curah kering khususnya ...