Home » Utama » Transportasi » Bandar » Diteken Presiden Jokowi 11 Kapal Pendukung Tol Laut Resmi Beroperasi

Diteken Presiden Jokowi 11 Kapal Pendukung Tol Laut Resmi Beroperasi

GRESIK – Dengan diresmikannya ke-11 kapal pendukung Tol Laut oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini, secara otomatis sebagai tanda dapat beroprasinya kesebelas kapal tersebut. Hal itu diungkapkan Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Dwi Budi Sutrisno saat menghadiri acara Peresmian Kapal Pendukung Tol Laut di Gresik Jawa Timur, Jum’at (9/3/2018).

“Kapal-kapal itu akan digunakan untuk melayani masyarakat dan mendukung konektifitas antar wilayah di Indonesia,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, lanjut Dwi, Presiden juga meresmikan kawasan Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) dimana di dalamnya terdapat 3 (tiga) kawasan terintegrasi yaitu kawasan industri, perumahan serta pelabuhan Berlian Manyar Sejahtera (BMS) yang dikena dengan sebutan Terminal Manyar Pelabuhan Gresik.

“Dengan dibangunnya sarana dan prasarana transportasi laut di seluruh penjuru tanah air Indonesia diharapkan dapat meningkatkan konektivitas antar wilayah dan meningkatkan pemerataan pembangunan nasional yang pada akhirnya berdampak pada tingkat perekonomian masyarakat baik di wilayah barat maupun wilayah timur Indonesia,” terangnya.

Dwi menyebutkan, kesebelas kapal yang diresmikan terdiri dari 1 (satu) unit Kapal Perintis GT 2000, 5 (lima) unit Kapal Perintis GT 1200, 2 (dua) unit Kapal Kontainer 100 Teus, 1 (satu) unit Kapal Ternak, 1 (satu) unit Kapal Kelas I Kenavigasian, dan 1 (satu) unit Kapal Latih yang ditempatkan di Politeknik Pelayaran Surabaya.

“Dari total 11 (sebelas) unit kapal, Presiden Jokowi secara simbolis menandatangani 6 (enam) prasasti/plat kapal yang mewakili tipe masing-masing kapal,” tandasnya.

Sedang terkait kapal latih yang baru kali ini dibangun oleh Ditjen Hubla Dwi mengaku, dengan adanya kapal latih ini diharapkan dapat mempermudah para taruna untuk melaksanakan praktik berlayar.

“Serta dapat juga dimanfaatkan untuk melayani rute pelayaran perintis,” katanya.

Sementara itu, Presiden Jokowi juga menyempatkan dengan melakukan peninjauan ke kapal-kapal tersebut yang di standbykan di dermaga Pelabuhan Berlian Manyar Sejahtera Gresik.

“Dengan adanya pembangunan infrastruktur dan pengembangan potensi kemaritiman Indonesia tersebut, ini merupakan bentuk kehadiran negara dan keseriusan pemerintah dalam mewujudkan program Nawacita untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia,” Pungkasnya. (RG)

About Rudie Arijanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

x

Check Also

Jelang Lebaran Bongkaran Batu Bara Di Gresik Lancar

KSOP GRESIK URAI ANTRIAN TONGKANG BATU BARA  GRESIK – Derasnya arus barang curah kering khususnya ...