Home » Utama » Ekbis » IAI Ajak Akuntan Lihat Sektor Riil Dunia Logistik
Seminar dan pelantikan pengurus IAI Jatim, Sabtu (10/3/2018) di GSN Tanjung Perak.

IAI Ajak Akuntan Lihat Sektor Riil Dunia Logistik

SURABAYA – Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Jawa Timur telah menetapkkan kepengurusan yang baru priode 2017 – 2021 dan dikukuhkan pada hari ini, Sabtu (10/3/2018) di gedung terminal penumpang Gapura Surya Nusantara, Tanjung Perak. Dimana sebelumnya, IAI menggelar seminar yang bertemakan ‘ Supply Chain Cost Management ‘.

Ketua Panitia Seminar dan Pelantikan Pengurus IAI Jawa Timur, Drs. Eko Hariyadi Budiyanto, MM, M.sc, AK, CA mengatakan, tema itu diangkat karena Sesuai dengan amanat Presiden Joko Widodo yang menyatakan kesiapan Indonesia untuk bekerja sama dalam rangka menemukan landing zones agar upaya perluasan dan pendalaman reformasi supply chain di kawasan kerjasama ekonomi regional dapat terwujud.

“Dengan banyaknya potensi dan peluang sumber daya yang dimiliki oleh negara Indonesia, aktivitas tersebut mulai didukung oleh beberapa instansi yang mendukung kegiatan logistik di Indonesia,” Tuturnya, Sabtu (10/3/2018).

Menurut Eko yang juga sebagai salah satu Direksi PT Terminal Teluk Lamong, akuntansi manajemen memiliki peran penting dalam supply chain management. Beberapa metode atau teknik cost management dapat digunakan untuk membantu top management dalam mengelola supply chain perusahaan. Dalam lingkungan bisnis yang dinamis, organisasi perusahaan harus secara gesit memberikan solusi kebutuhan pelanggan yang saat ini tidak diberikan oleh pesaing (unmet demand)

“Kegiatan ini diselenggarakan bertujuan untuk dan memberikan informasi mengenai Supply Chain Cost Management yang bermanfaat bagi perusahaan dalam meningkatkan value perusahaan,” Jelasnya.

Eko juga bersyukur, bahwa dalam penyelenggaraan seminar pada hari ini kami menilai sudah tepat karena dapat mengajak para akuntan itu bisa melihat sektor riil dalam dunia logistik secara nyata. Disamping itu menimbulkan ide-ide baru apa yang dilakukan oleh IAI.

“Standar-standar cosh, standar keuangan seperti apa yang harus dilakukan nantinya,” Katanya.

Sementara, Ketua Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Jawa Timur terpilih untuk periode 2017 – 2021, Drs. Basuki, M.Com (Hons), Ph.D, AK, CMA, CA menyadari, sebagai orang yang baru sudah seyogyanya melanjutkan apa yang sudah dilakukan oleh pengurus lama. Tidak sejedar melaanjutkan tapi juga meningkatkan, hal itu sesuai dengan kata bijak dari Nabi besar Muhammad shallallahu alaihi wasallam ‘ bahwa kalau hari ini sama dengan kemarin itu rugi, jadi hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini ’.

“Sudah seharusnya, agar pengurus wilayah Jawa Timur yang baru untuk meningkatkan apa yang akan dilakukan kedepan,” Ujarnya.

Basuki mengaku, salah satu tugas pertamanya harus menghafalkan nama anggota baru sekira 150 orang dan memanage agar menuju kepada kejaan IAI dimasa yang akan datang.

“Jangan lupa untuk mengingatkan pengurus dan jangan segan-segan kalau kita melakukan kesalahan untuk menjewernya,” Imbuhnya. (RG)

About Rudie Arijanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

x

Check Also

Jelang Lebaran Bongkaran Batu Bara Di Gresik Lancar

KSOP GRESIK URAI ANTRIAN TONGKANG BATU BARA  GRESIK – Derasnya arus barang curah kering khususnya ...