Home » Utama » Transportasi » Bandar » Tingkatkan Kinerja Pegawai UPP Kendawangan Lakukan Bintal

Tingkatkan Kinerja Pegawai UPP Kendawangan Lakukan Bintal

KENDAWANGAN – Semakin tingginya tantangan yang dihadapi pegawai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya sektor laut, dipandang perlu melakukan pembinaan mental untuk mendapatkan tim work yang solid sehingga pelayanan yang diberikan lebih optimal. Hal itu diungkapkan kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Kendawangan, Capt. Herbert E.P Marpaung, selasa (13/3/2018) di Kendawangan.

“Selama ini kinerja pegawai cukup baik, hanya saja dengan tantangan semakin besar perlu ada suatu penyegaran lagi bagi sumber daya manusia (SDM)nya,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut Herbert, memandang perlu diselenggarakan kegiatan bimbingan mental (bintal) yang bekerjasama dengan Komando Rayon Militer (Koramil) Kecamatan Kendawangan, Kalimantan Barat.

“Kami ingin pola kerja pegawai dalam memberi pelayanan dengan kesadaran  dan tanggung jawab tinggi yang tentunya akan mendukung peningkatan PNBP yang kita pungut,” paparnya.

Herbert mengaku, melihat penerimaan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) di tahun lalu yang ditargetkan sebesar Rp. 4,046 M, kami bisa menghasilkan PNBP mencapai Rp. 5,537 M sehingga kedepannya perlu ditingkatkan

“Tahun 2018 target PNBP sebesar Rp. 3,594 M, hingga Februari 2018 saja sudah mencapai Rp.1,253 M. Kami optimis akan bisa meningkat dari tahun lalu namun juga harus ada dukungan dari pihak terkait,” terangnya.

Sementa itu, Herbert menambahkan, pencapaian PNBP itu didapat dari total 13 Terminal Khusus yang beroperasi di wilayah kerja UPP Kendawangan dengan kunjungan kapal rata- rata sekitar 200-an kapal perbulannya  dari komoditas berupa CPO, bauksit dan smelter alumina.

“Kunjungan kapal asing ukuran GT terbesar 93.000-an dan rata-rata mencapai 3 s.d 5 per bulannya. Kecenderungan kunjungan kapal akan meningkat mengingat adanya rencana pembangunan tersus-tersus baru,” Kata Herbert.

Menurut Herbert, potensi yang dimiliki Kendawangan sebagai Pelabuhan Pengumpul yang memiliki kedalaman alur 3,8 mLWS itu dapat disandari kapal berukuran 1000 DWT dengan didukung fasilitas dermaga (164×8) m2, trestle I (87×5) m2, trestle II (94×5) m2, terminal penumpang 300 m2, gudang (15×40) m2, lapangan penumpukan I (45×35) m2 dan lapangan penumpukan II (37.5×31.5) m2 dimana menjadi gerbang selatan ke wilayah Provinsi Kalimantan Barat.

“Adapun kapal-kapal di Pelabuhan Kendawangan menjadi sarana transportasi ke pulau Jawa dengan rute Ketapang – Semarang. Selain itu, kapal perintis KM Bandanaira juga singgah yang tentunya berdampak pada perekonomian Kecamatan Kendawangan,” pungkasnya. (RG)

 

About Rudie Arijanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

x

Check Also

Jelang Lebaran Bongkaran Batu Bara Di Gresik Lancar

KSOP GRESIK URAI ANTRIAN TONGKANG BATU BARA  GRESIK – Derasnya arus barang curah kering khususnya ...