Home » Utama » Transportasi » Bandar » Maspion Group Dukung Program Pipa Balongan Pertamina
Tampak saat pemuatan pipa Pertamina yang akan dikirim ke Balongan di dermaga Terminal SMT, Selasa (26/3/2018).

Maspion Group Dukung Program Pipa Balongan Pertamina

GRESIK – Maspion Group ikut mendukung dan mensukseskan Program Kemandirian Energy yang menjadi bagian dari Proyek Strategis Nasional dengan menyediakan sandaran bagi tongkang pengangkut pipa-pipa setelah dilakukan coating oleh PT Indal Steel  Pipe yang akan dipasang dilepas pantai Balongan untuk mengalirkan Crude Oil dari kapal tanker ke Refinery Plant Pertamina RU-VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat. 

Direktur PT Siam Maspion Terminal (SMT) Marianus Oei mengatakan, sebagai salah satu penyedia jasa terminal  yang sudah berstandard Internasional, baik dari sisi Safety maupun Securitynya sudah selayaknya juga ikut berperan serta mensuseskan program yang sedang dikerjakan Pertamina dalam pengiriman pipa-pipanya dari dermaga SMT menuju Balongan.

“Kami sebagai anggota Maspion Group berkomitmen untuk ikut mensukseskan proyek-proyek strategis pemerintah. Oleh karena itu kami sediakan slot sandar yang memadai agar pengiriman pipa Balongan ini dapat berjalan lancar sesuai schedule,” Ujarnya saat melihat langsung pengapalan perdana pipa Pertamina di dermaga SMT, Selasa (26/3/2018).

Namun begitu, lanjut Marianus, pola pengapalannya disesuaikan dengan jadwal dari pihak pertamina, secara keseluruhan penyediaan rung dermaga itu disediakan hingga 40 hari ke depan. Sedang dalam tahap awal 7 ship ini dimulia 26 Maret 2018 dan direncanakan selesai tanggal 3 Mei 2018 nanti.

“Saat ini telah dimulai kegiatan yang dilakukan Tongkang Hafar 218 yang ditarik TB Alfa Star mengangkut 140 an batang pipa,” Katanya.

Marianus juga berterima kasih kepada PT. Pertamina (Persero) yang telah memberikan kepercayaan kepada PT. SMT untuk ikut berpartisipasi dalam Proyek proyek Strategis Nasional.

“Kami yakin dengan kepercayaan itu, membuktikan fasilitas yang ada di terminal SMT layak,” Imbuhnya.

Suasana kegiatan pipa dan bongkar pupuk di terminal PT SMT.

Sementara itu, Project Manager SPL & SPM Coating PT. INDAL STEEL PIPE, Siens Harianto mengaku, pihaknya telah memenangi Kontrak Pengadaan Jasa Coating Untuk Proyek SPL & SPM Pertamina RU-VI Balongan. Kontrak ini meliputi jasa aplikasi coating antikorosi MLPP dan aplikasi beton pemberat (CWC) pada pipa berdiameter 812.8 mm sepanjang kurang lebih 31 Km.

“Kepercayaan itu tidak begitu aja kita dapat namun dengan kerja keras mempresentasikan kepada pihak pertamina bahwa kita mampu mengerjakan dengan standard Internasional,” Tuturnya.

Hal itu tidak berhenti disitu saja, menurut Siens, pembuktian kemampuan PT Idal harus dilakukan melalui tiga tahap, baik pengujian OHTC tes, Full Skil Bending tes dan Siklus Termal tes yang kesemuannya itu dapat dilalui dengan baik sehingga PT Indal mendapat kepercayaan untuk mengerjakannya.

“Awalnya pengujian tersebut hanya bisa dilakukan di luar negeri yaitu Inggris tapi kita bisa menyediakan di dalam negeri dan diawal jalan kita didampingi pihak surveyor dari Singapura,” Terangnya.

Siens juga menambahkan, sedang pipa-pipa ini natinya akan dipasang dilepas pantai Balongan untuk mengalirkan crude oil dari kapal tanker ke Refinery Plant PERTAMINA RU-VI Balongan. Dimana, proyek Submarine Pipeline dan Single Point Mooring PERTAMINA RU-VI Balongan itu merupakan proyek strategis untuk mendukung program kemandirian energi pemerintah.

“Pada kesempatan ini saya mewakili manajemen Maspion Group mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah dan PT. Pertamina (PERSERO) atas kepercayaan yang diberikan kepada kami industri nasional untuk mengerjakan proyek ini sesuai dengan scope of work kami,” Ungkapnya. (RG)

Sebagai informasi,  PT SMT mempunyai jadwal atau Tentative Schedule Pipe Hauling OF Pertamina Balongan Project seperti yang ada pada tabel:

About Rudie Arijanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

x

Check Also

Siap Berlaga Marpolex 2018 Kapal Navigasi dan PLP Surabaya ‘ On Position ‘

SURABAYA – Kesiapan jelang perhelatan akbar bertaraf Nasional yang akan digelar Marine Polution Exercise (Marpolex ...