Home » Utama » Transportasi » Bandar » Dukung Semana Santa 2018 KSOP Kupang Uji Petik Kapal Pengangkut Rombongan
Tim uji petik KSOP Kelas III Kupang saat periksa KMP Siryng dan KMP Uma Kalada, Rabu (28/3/2018).

Dukung Semana Santa 2018 KSOP Kupang Uji Petik Kapal Pengangkut Rombongan

KUPANG – KSOP Kelas III Kupang lakukan uji petik peralatan keselamatan kapal KMP Sirung milik PT Flombamor dan KMP Uma Kalada milik PT ASDP sebelum lakukan angkutan penumpang dalam rangka kegiatan Semana Santa 2018 tradisi paskah di Larantuka. 

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kupang, Capt. M. Hermawan mengatakan, dua kapal KMP. Sirung dan KMP Uma Kalada sebelum dilepas untuk mengakut penumpang yang berasal dari wilayah kabupaten kota kupang, kabupaten TTS, Kabupaten TTU dan kabupaten Atambua menuju Larantuka kita lakukan uji petik peralatan keselamatan kapal tersebut.

“ Kedua kapal setelah dilakukan uji petik oleh anggota mendapati peralatan keselamatan telah memenuhi sesuai kapasitas penumpangnya sehingga bisa melakukan pelayaran,” ujarnya sesaat sebelum pelepasan kapal di dermaga PT ASDP Bolok, Kupang, Rabu (28/3/2018).

Menurut Capt. Hermawan, Semana santa merupakan sebuah perayaan dalam umat katolik ke Larantuka, yang merupakan warisan dari bangsa portugis pada waktu itu, akulturasi budaya, agama dan tradisi – tradisi lokal yang cukup kental menjadikan tradisi ini kuat, mengakar dan tetap dijalankan setiap tahunnya dan menjadi salah satu prosesi adat yang di minati masyarakat bahkan hingga mendunia.

“Oleh karena itu KSOP Kupang wajib mendukung kegiatan tersebut dengan cara memastikan bahwa kapal yang akan membawa rombongan tersebut sesuai alat keselamatan dan tidak melebihi kapasitas penumpangnya,” jelasnya.

Senada, Capt. Ari Wibowo kasi Status Hukum dan Sertifikasi Kapal saat memimpin uji petik dikedua kapal tersebut mengaku, baik kapal milik PT ASDP KMP Uma Kalada maupun milik PT Flombamor KMP Sirung alat keselamatannya kita temukan mencukupi sesuai kapasitas penumpang masing-masing dan dalam kondisi laik laut.

“Kondisi hasil uji petik KMP Sirung memiliki lifejacket 650 buah, lifecraft 22 unit dengan total kapasitas 600 penumpang dan dimuat 550 penumpang, sedang KMP. UMA Kalada dengan lifejacket 492, dan lifecraft 18 unit dengan total penumpang 450 penumpang,” terang Capt. Ari.

Sedang, pelepasan kapal dilakukan sekira pukul 11.15 – 12 00 Wita bertempat di Dermaga pelabuhan Penyeberangan ASDP Bolok Kupang yang dipusatkan di atas Dek Kapal KMP. Sirung dengan melepas 550 orang rombongan Semana Santa 2018 Umat Katholik dari wilayah Kota Kupang, Kab. Kupang, Kab. TTS, TTU, Kab. Belu dan Kab. Malaka oleh Gubernur NTT yang diwakili oleh Karo Kesra Setda Prov. NTT Bpk. Barthol Badar.

“Penumpang menaiki kapal dengan tertib dan setelah dilakukan prosesi pelepasan oleh pejabat setempat menandakan pelayaran mereka (peserta semana santa.red) dimulai menuju Larantuka,” kata Capt. Hermawan.

Sementara itu, bagi rombongan peziarah yang saat ini masih tertinggal sekira 425 orang di berangkatkan dengan KMP. Uma Kalada milik PT. ASDP Cab. Kupang sekitar pukul 16.00 Wita.

“Kapal-kapal pengangkut rombongan peserta acara Semana santa meski ada jedah waktu antara keduabya namun  kapal tersebut sudah berangkat hari ini juga,” ucap Capt Ari.

Acara yang sedianya akan dilepas Gubenur NTT itu karena berhalangan maka dilakukan  Karo Kesra Setda Prov. NTT yang di dalam sambutanya mengingatkan bahwa peristiwa hari ini membuktikan bahwa Tuhan itu baik karena Tuhan telah menyertai kita semua dan perlu kita ketahui bersama dalam kepemimpinan 10 tahun terakhir Gubernur NTT tetap berpegang teguh memiliki Komitmen yaitu meningkatkan Ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa. Dengan perayaan Paskah tahun ini, pihak Pemprov NTT telah menyediakan armada kapal dalam rangka mendukung kegiatan rohani semana santa di Kota Larantuka.

“Agar kesempatan ini dapat digunakan sebaik mungkin untuk mengikuti kegiatan rohani, jalin kominikasi dan jaga diri masing masing karena di Larantuka akan banyak para peziarah datang dari seluruh daerah sehingga jadilah tuan rumah dengan baik dengan mengikuti kegiatan rohani dengan tertib dan aman,” pesannya.

Pada acara pelepasan itu, tampak hadir pula dalam kegiatan tersebut diantaranya Danlantamal VII/Kupang, GM. ASDP Cab. Kupang Burhan Zahim beserta para Staf, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat wilayah XIII Prov. NTT Bpk. Saiful Backri, KSOP Kupang Bpk. Hermawan beserta Staf, Dirut PT. Flobamora, Perwakilan Danlanud Kupang (Kadis Ops Lanud Eltari Kupang), Kasdim 1604/Kupang Mayor Inf Paulus Bombajie, Perwakilan Kapolres Kupang (Ipda Daeng Jumadi), Perwakilan Kadishub Prov. NTT, Kepala Jasa Raharja Prov. NTT Bpk. Drajat Winata. (RG)

About Rudie Arijanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kuatkan Jiwa Tim Work KSOP Kupang Gelar Family Gathering

KUPANG – Bangun karakter pegawai agar mampu menjawab tantangan di era perubahan saat ini yang ...