Home » Utama » Transportasi » Bandar » Kapal Perintis Sanus 94 Diluncurkan Diharap Beri Kenyamanan Penumpang

Kapal Perintis Sanus 94 Diluncurkan Diharap Beri Kenyamanan Penumpang

Pemencetan tombol peluncuran kapal Sanus 94 oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Dwi Budi Sutrisno, Kamis (29/3/1018).

PONTIANAK – Kapal Perintis Tipe 1200 GT diberi nama KM. Sabuk Nusantara (Sanus) 94 telah diluncurkan secara resmi oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Dwi Budi Sutrisno, Kamis (29/3/1018).

“Terkait dengan hal ini, saya minta kepada pihak galangan pembangun dalam hal ini Galangan Kapal Steadfast untuk menyelesaikan pembangunan semua kapal yang dibangun di galangan ini sesuai dengan spesifikasi teknis yang berlaku dan sesuai dengan kontrak yang telah disepakati bersama dengan tetap memperhatikan faktor-faktor keamanan dan keselamatan” ujar Dwi Budi.

Menurut Dwi Budi, nantinya seluruh kapal-kapal perintis yang baru dan dipesan oleh Kementerian Perhubungan akan memiliki fasilitas yang lebih layak untuk penumpang dan dilengkapi dengan jaringan internet.

“Semua kapal-kapal baru ini memang dibuat untuk mengangkut penumpang sehingga harus benar-benar memperhatikan faktor keselamatan dan kenyamanan.” akunya.

Untuk itu, lanjut Dwi Budi, guna lebih meningkatkan keamanan dan kenyamanan para penumpang, maka fasilitas kapal-kapal perintis akan disediakan kamar-kamar yang dilengkapi tempat tidur, televisi dan jaringan internet.

“Kita akan kerjasama dengan Telkom untuk menyediakan WiFi gratis, karena dalam satu perjalan bisa 2 (dua) minggu, ada penumpang bisa seminggu berada di kapal, dengan dipasang WiFi dan sebagainya, maka penumpang bisa melakukan telepon dengan tidak menggunakan pulsa sehingga penumpang akan merasa nyaman dan merasa seperti dirumah.” Jelasnya.

Disamping itu, Dwi Budi mengaku, dengan dibangunnya kapal kapal perintis, diharapkan dapat meningkatkan konektivitas antar wilayah dan pemerataan pembangunan secara nasional dan meningkatkan perekonomian bagi masyarakat di wilayah wilayah yang masih tertinggal, terdepan dan belum berkembang.

“Selain itu, pembangunan kapal perintis ini juga menjadi salah satu bentuk nyata dari upaya Pemerintah untuk hadir mempersatukan seluruh wilayah Indonesia dengan menyediakan sarana transportasi laut yang memadai,” pungkasnya. (RG)

About Rudie Arijanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kuatkan Jiwa Tim Work KSOP Kupang Gelar Family Gathering

KUPANG – Bangun karakter pegawai agar mampu menjawab tantangan di era perubahan saat ini yang ...