Home » Utama » Kebakaran Di Perairan Pelabuhan Semayang Akhirnya Mampu Diatasi Tim KSOP Balikpapan
Kebakaran Tali Kapal MV. Ever Judger di perairan Pelabuhan Semayang saat dilajukan evakuasi, Sabtu (31/3/2018).

Kebakaran Di Perairan Pelabuhan Semayang Akhirnya Mampu Diatasi Tim KSOP Balikpapan

Kebakaran Tali Kapal MV. Ever Judger di perairan Pelabuhan Semayang saat dilajukan evakuasi, Sabtu (31/3/2018).

BALIKPAPAN – Dugaan terjadi kebakaran Tanker di perairan Semayang Balikpapan ditepis Kepala Kantor KSOP Kelas I Balikpapan, Sanggam Marihot. Pasalnya, kebakaran itu terjadi pada tali pengikat dan Inflatable Life Raft (ILR) yang terjadi di atas kapal MV. Ever Judger berbendera Panama dengan muatan batubara sehingga menimbulkan asap hitam.

“Bukan kapal tankernya yang terbakar melainkan tali pengikat dan ILR (peralatan kapal) yang terbakar sehingga menimbulkan asap hitam tebal,” terang Sanggam, Sabtu (31/3/2018).

Sanggam mengaku, dalam kejadian itu KSOP Balikpapan berhasil melokalisir dengan cepat sehingga kebakaran tersebut tidak meluas. Menurut Sanggam bahwa ada 2 (dua) peristiwa yang terjadi di wilayah Pelabuhan Semayang yang waktunya hampir bersamaan yaitu tumpahan minyak dan kebakaran tali kapal tanker.

“Saat ini api sudah berhasil dipadamkan pada pukul 12.30 WITA dan tidak ada korban jiwa atas peristiwa kebakaran tersebut,” ujar Sanggam.

Adapun kapal dengan GT 44060 yang mempunyai voyege tujuan Lumut Malaysia yang diawaki 20 orang kru saat ini ada pada posisi anchorage area Balikpapan dan dalam pengawasan KSOP Kelas I Balikpapan.

Sementara itu, terkait kejadian tumpahan minyak jenis solar di perairan pelabuhan Semayang Balikpapan, Sanggam menjelaskan, tumpahan minyak ditemukan pada hari Sabtu (31/3) pukul. 04.00 WITA disekitar Jetty 2 hingga Dumping Area.

“Kami langsung mengambil tindakan dan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mengisolasi tumpahan minyak tersebut agar tumpahannya tidak meluas,” tegasnya.

Sedang, asal usul tumpahan minyak yang terbakar di laut masih dicari penyebabnya dan tim KSOP Balikpapan beserta instansi terkait masih melakukan penyelidikan penyebab terjadinya tumpahan minyak tersebut.

“Kejadiannya berada di kolam pelabuhan, ada tumpahan minyak berupa solar yang mengakibatkan minyak menyebar sekitar 300 meter radius dari pelabuhan,” papar Sanggam.

Disamping itu, KSOP Balikpapan terus berkoordinasi lebih lanjut dengan PT. Pertamina dan PT. Pelindo IV dan instansi terkait lainnya agar tumpahan minyak dapat segera tertangani dan tidak meluas. (RG)

About Rudie Arijanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

x

Check Also

Siap Berlaga Marpolex 2018 Kapal Navigasi dan PLP Surabaya ‘ On Position ‘

SURABAYA – Kesiapan jelang perhelatan akbar bertaraf Nasional yang akan digelar Marine Polution Exercise (Marpolex ...