Home » Utama » Lantamal V Jemput Bola Layani SIP Rumah Negara
Danlantamal V, Laksamana Pertama TNI Edwin saat meresmikan layanan SIP Rumah Negara Keliling, Rabu (11/4/2018)

Lantamal V Jemput Bola Layani SIP Rumah Negara

SURABAYA – Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) membuat inovasi baru dalam pelayanan pembuatan Surat Izin Penghunian (SIP) bagi personel TNI AL dengan meluncurkan Program Pelayanan SIP Rumah Negara keliling.

Komandan Pangkalan Utama TNI AL V (Danlantamal V)  Laksamana Pertama TNI Edwin,  S. H. Mengatakan, rumneg merupakan bangunan yang dimiliki negara yang berfungsi sebagai tempat tinggal atau hunian dan sarana pembinaan keluarga dalam menunjang pelaksanaan tugas pejabat,  prajurit dan PNS TNI AL.

“Lantamal V coba berinisiatif dan berinovasi untuk meningkatkan pelayanan   dalam pengurusan SIP ini dengan meluncurkan Program Pelayanan SIP Rumneg Keliling,” ujarnya saat meresmika  layanan tersebut di Balai RW 05 Komplek AL Kenjeran, Surabaya, Rabu (11/4/2018).

Menurut Edwin, prajurit dan PNS yang menempati Rumneg ini harus mentaati segala aturan yang berlaku, diantaranya menjaga kebersihan,  keamanan,  keasrian, dan memiliki SIP untuk tinggal dan memanfaatkan barang milik negara ini sesuai dengan nama dan bila sudah habis masa berlakunya,  maka SIP harus diperpanjang.

“Hal ini selaras dengan fungsi Pangkalan Surabaya sebagai pembantu pengguna barang milik negara wilayah Surabaya yang bertanggung jawab melakukan pengawasan dan penertiban inventarisasi BMN Rumneg sesuai dengan Surat Telegram Kasal No.  037/WAT/0319,” jelasnya.

Dalam pelaksanaannya, lanjut Edwin, Lantamal V telah membentuk Tim Terpadu Penertiban Rumneg yang   terdiri dari Pomal,  Tim Intel,  Disfaslan dan Disminpers Lantamal.

“Dengan adanya unit mobil pelayanan SIP keliling ini, jemput bola bisa melayani secara cepat dan tidak ada alasan lagi untuk terlambat dalam pengurusan SIP, sehingga semua tertib administrasi,” pungkasnya.

Perlu diketahui bahwa ada sedikitnya 4.783 unit Rumneg yang berada di wilayah Surabaya dan Sidoarjo yang pengawasannya berada di Lantamal V.  Rumneg tersebut tersebar di Komplek TNI AL Kenjeran 861 unit, Komplek Pulungan 322 Unit,  Gedangan 376 Unit,  Semolowaru 247 unit, Juanda 23 unit,  Darmo Kali 25 unit,  Tanjung/  Teluk 568 unit,  Hang Tuah 75 unit,  Wonosari Besar 367 unit,  Kandangan 82 unit, DBAL Ujung 644 unit,  Wonosari RSS 910 unit, dan Rusunawa 153 unit. (RG)

About Rudie Arijanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kuatkan Jiwa Tim Work KSOP Kupang Gelar Family Gathering

KUPANG – Bangun karakter pegawai agar mampu menjawab tantangan di era perubahan saat ini yang ...