Home » Utama » Kuatkan Jiwa Tim Work KSOP Kupang Gelar Family Gathering

Kuatkan Jiwa Tim Work KSOP Kupang Gelar Family Gathering

Saat anggota KSOP Kupang ramaikan family gathering di lapangan tembak TNI AL Kupang, Ahad (15/4/2018).

KUPANG – Bangun karakter pegawai agar mampu menjawab tantangan di era perubahan saat ini yang disebabkan pengaruh revolusi teknologi 4.0 (sistem teknologi digital) dimana dapat berpengaruh terhadap pekerjaan, pekerja dan tempat kerja, KSOP Kelas III Kupang menggelar Family Gathering dengan tagline “Together We Make It Excellent” di lapangan tembak TNI AL Kupang, Ahad (15/4/2018).

Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kupang, Capt. M. Hermawan mengatakan, seperti yang telah disampaikan Sekjen Kementerian Perhubungan dalam Rakor seluruh jajaran Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perhubungan tiga hari lalu di Surabaya bahwa dalam menghadapi perubahan seluruh UPT diharapkan menciptakan lingkungan kerja yang  dinamis, komunikatif dan pola interaksi antara pimpinan dan bawahan berjalan dengan baik untuk bekerja secara tim work.

“Dengan bersama melalui kegiatan luar out bond maka kita menjadi luar biasa, seperti tagline pada kegiatan kali ini yang bukan sekadar berkumpul namun juga merefresh kebersamaan dan menggapai kesuksesan bersama dengan soliditas,” ujar, M Hermawan.

Disamping itu, lanjut Hermawan, dalam dua bulan ke depan, semua pihak akan menghadapi angkutan libur Lebaran (angleb) 2018. Untuknya, berbagai persiapan sudah perlu harus segera disiapkan sehingga dengan bersama-sama saling bahu membahu, maka perwujudan zero accident dalam pelayaran dapat direalisasikan sesuai dengan harapan.

“Untuk menghadapai hal itu, melalui kegiatan ini yakin akan juga membentuk rasa kebersamaan dalam bekerja akan tercipta demi pelaksanaan keselamatan dan keamanan pelayaran di wilayah kerja KSOP Kupang,” terangnya.

Menurut M.Hermawan, pola permainan yang disajikan dalam family gatthering ini memotivasi para anggota untuk memperkuat kerja tim dalam mencapai suatu tujuan selain memberi hiburan sebagai refleksi kepenatan beraktifitas.

“Permainan itu nantinya akan mendorong anggota enjoy dengan sejenak meninggalkkan kesibukan kerja,” imbuhnya.

Disamping itu, Hermawan juga mengingatkan, kedepan tenaga yang mengandalkan prilaku konfensional sedikit-demisedikit juga sudah mulai berusaha menyesuaikan dengan keadaan dengan melakukan peningkatan penguasaan komputeres. Hal itu untuk menghadapi manakala inaportnet diamanahkan pusat untuk diberlakuka  di KSOP Kupang nantinya.

“Biar anggota melek IT biar ngak gaptek,” ucapnya.

Sementara itu, Itu Kabag Mutasi Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Ali Afandi saat membuka mengingatkan kepada sekuruh jajaran KSOP Kelas III Kupang yang mengikuti kegiatan family gathering itu, memang idealnya kegiatan seperti ini diadakan sekali dalam setahun, untuk melepaskan kepenaran dari rutinitas sehari-hari dan sekaligus untuk menjalin keakraban dan saling mengenal antara pegawai satu sama lainnya.

“Dengan acara gathering ini kami berharap hubungan pusat dengan daerah selaku mitra maupun antara sesama pegawai menjadi lebih erat,” katanya.

Ali Afandi juga menyampaikan, bagian kepegawaian DJPL mengapresiasi kepala KSOP Kupang yang telah bekerjasama dengan baik selama ini. Dia juga mengingatkan, bahwa sasaran reformasi birokrasi tahun 2015-2019 menjadi pokok utama saat ini dimana sasaran dan indikatornya disesuaikan dengan RPJMN di priode tahun yang sama, yaitu Birokrasi yang bersih dan aktual, Birokrasi yang efektif dan efisien dan Birokrasi yang memiliki pelayanan publik berkualitas.

“Ibarat sebatang lidi mudah dipatahkan, namun bila lidi-lidi dikumpulkan jadi satu maka akan terbentuk kekuatan. Begitu pula dengan kita, jangan terlalu sibuk menyendiri dan terlalu yakin bahwa semua hal bisa diselesaikan dengan sendiri. Ingat bersama itu akan mempermudah langkah dan menjadikan kebeesamaan itu indah,” jelasnya. (RG)

About Rudie Arijanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kemenhub Buka Sejarah Baru Tol Laut Berbasis On Line

SURABAYA – Dalam rangka meningkatkan pelayanan program tol laut, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan memulai ...