KNKT Apresiasi Pelaksanaan Angleb 2019 Pelabuhan Gresik

33
Ketua KNKT, Soerjono Tjahjono bersama tim saat periksa alat keselamatan diatas kapal KM Nutuna Expres, Sabtu (14/6/2019).

GRESIK – KNKT apresiasi jalanya penanganan angkutan lebaran di pelabuhan Gresik. Hal itu diungkapkan tim KNKT setelah melakukan kunjungan dan melihat langsung arus balik penumpang dari Bawean ke Gresik maupun sebaliknya, Sabtu (15/6/2019).

“Terima kasih saya ucapkan kepada Kepala KSOP Gresik yang mampu melaksanakan jalannya angkutan selama libur lebaran dengan lancar, tertib dan aman,” kata Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Soerjanto Tjahjono disela melihat aktifitas arus penumpang kapal di terminal penumpang pelabuhan Gresik, Sabtu (15/6/2019).

Pada kesempatan itu, Ketua KNKT bersama timnya juga melakukan pengecekan terhadap posko angkutan lebaran (Angleb) dan memeriksa alat keselamatan diatas kapal KM Natuna Express yang sedang sandar.

“Alat keselamatan kapal dipandang cukup memadahi,” kata Kepala Seksi Lala dan Usaha KSOP Kelas II Gresik, Hotman Siagian saat mendampingi KNKT.

Ketua KNKT, Sierjanto Tjahjono dengan tim diterima GM Pekindo III Cabang Gresik, Yanto di terminal penumpang di dampingi Kasi Lala dan Usaha KSOP Gresik, Hotman Siagian serta Kasi BP3, Kusnaidi, Sabtu (14/6/2019).

Hotman juga menjelaskan, jalannya arus penumpang sejauh ini sangat kondusif dan berjalan seperti yang diharapkan.

“Tadi sore pukul 15.35 WIB , Debarkasi penumpang KM Express Bahari 8E lancar, tertib dan aman bongkar dengan 390 orang ditanbah 23 anak,” terangnya.

Baca Juga  Jasa Raharja Surabaya Gelar Aksi Simpatik Sebagai Upaya Pencegahan Fatalitas Korban Laka Lantas  

Sedang, lanjut Hotman, giat angleb 2019 (1440 H) di Pelabuhan Gresik, Sabtu 15 Juni 2019 / H +9 secara kesekuruhan sebagai berikut;
1. KM. EXPRESS BAHARI 8E, berangkat tujuan Bawean pukul 07.18 WIB, jumlah penumpang naik 69 orang.
2. KM. BLUE SEA JET 1 berangkat tujuan Bawean pukul 08.00 WIB, jumlah penumpang naik 83 orang .
3. KM. EXPRESS BAHARI 8E tiba dari Bawean pukul 15.40 WIB, jumlah penumpang turun 390 orang.
4. KM. BLUE SEA JET 1 tiba dari Bawean pukul 17.00 WIB, jumlah penumpang turun 309 orang.

Tim KNKT foto bersama KSOP Gresik dan unsur terkait yabg terlibat dalam posko Angleb 2019.

Sementara itu, GM Pelindo III (Persero) Cabang Gresik, Yanto mengatakan, saat ini dilakukan renovasi termibal penumpang yang nantinya akan lebih representatif dalam melayani masyarakat dengan kenyamanan yang memadahi sehingga calon penumpang kapal akan lebih dimanjakan bila sudah rampung.

“Sementara, terminal penumpang yang digunakan sementara saat ini disediakan sedemikian rupa hingga dapat melayani masyarakat,” katanya.

Yanto juga mengakui, pembenahan yang dilakukan dilingkungan pelabuhan Gresik merupakan prigram yang telah dicanangkan oleh kantir pusat sebagai upaya peningkatan pelayanan.

Baca Juga  Jumlah Santunan Menurun, Dirut Jasa Raharja Ungkap Efektivitas Program Keselamatan dan Penanganan Kecelakaan Periode Mudik 2024

“Banyak yang dilakukan oleh Pelindo III dalam upaya peningkatan baik pengerukan kolam maupun renovasi terminal penumpang yang sedang berlangsung,” jelas Yanto.

Bila saat ini KNKT memberi apresiasi atas pelaksanaan angkutan lebaran di Gresik, itu merupakan kerja tim dari seluruh unsur maritim yang berjibaku guna menjamin arus mudik dan balik lebaran tahun ini dapat berjalan dengan baik.

“Alhamdulillah jalau apresiasi diberikan kepada pelabuhan Gresik oleh ketua KNKT. Jadi kerja keras kita tidak sia-sia,” pungkas Yanto. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE