Sembelih Qurban, KSOP Kotabaru-Batulicin Petik Teladan Nabi Ibrahim AS

62
Pemotongan hewan qurban KSOP KBBL, Ahad (11/8/2019).

BATULICIN – Gema takbir dikumandangkan umat Islam diseluruh belahan Dunia mengiringi pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Hari Raya Idul Adha 1440 H tahun 2019. Hal itu dilakukan sebagai wujud teladan yang telah dilakukan Nabi Ibrahim AS.

Demikian pula, semangat dan sukaria itu terpancar dari insan kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kotabaru-Batulicin (KBBL) dengan kebersamaan melakukan penyembelehan 3 (tiga) ekor Sapi dan 1 (satu) Kambing yang disumbangkan ke Desa 6 Kecamatan Karang Bintang , Kabupaten Tanah Bumbu Kalsel.

“Kami melaksanakan pemotongan hewan qurban 3 sapi yang nantinya akan dibagikan kepada masyarakat di sekitar KSOP yang berhak menerima,” ujar Kepala Kantor KSOP Kelas III Kotabaru-Batulicin, Capt. M. Hermawan, S.SIP, M.M, MMar disela pelaksanaan penyembelehan 3 sapi, Ahad (11/8/2019).

Hermawan mengatakan, Idul Adha bermakna menyuntikkan semangat berbagi kepada sesama. Selain itu, di dalam peringatan Idul Adha, terselip hikmah agar manusia senantiasa ikhlas berkorban sebagaimana yang telah ditauladani oleh Nabi Ibrahim AS.

“Idul Adha lahir dari sebuah peristiwa spiritual di mana Nabi Ibrahim dengan keikhlasan yang penuh menaati perintah-Nya untuk melepas sang anak, Nabi Ismail. Dan Nabi Ismail pun penuh ketaatan menjalankan perintah-Nya. Di sini ada pesan luar biasa agar manusia selalu ikhlas, tulus, tidak menghitung untung-rugi dalam pengabdian kepada Allah, yang di dalamnya juga terselip pesan untuk selalu membantu masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga  Mudik Balik Ceria Penuh Makna di Pulau Sapeken, Pagerungan dan Kangean

Selanjutnya, Hermawan menambahkan, daging hewan kurban dari KSOP Kotabaru-Batulicin didistribusikan ke masyarakat sekitarnya kantor. Selain itu, daging hewan kurban ini juga akan distribusikan ke beberapa pesabtren dan panti asuhan serta dibagi ke Masyarakat yang ada di sekitar wilayah kerja (Wilker) yang ada.

“Dagingnya kami distribusikan ke masyarakat sekitar kantor KSOP, Wilker, dan 4 panti asuhan dengan total jumlah 857 kantong @ 1 kg,” jelas Hermawan.

Sedang rincian distribusi daging sebagai berikut:
1 Sekitar Kantor KSOP : 667 Kantong 2. Wilker Kotabaru : 38 Kantong 3. Wilker Mekar Putih : 18 Kantong 4. WilkerSelDua : 21 Kantong 5. WilkerSebuku : 24 Kantong 6. WilkerTg.Batu : 10 Kantong 7. WilkerG.Batu Besar : 19 Kantong

Serta, 60 Kantong dibagikan ke Pasantren dan Panti Asuhan :
1. Panti Asuhan Permata Hati : 15 Kantong
2. Panti Asuhan Darul Yatama : 15 Kantong
3. Panti Asuhan Istana Anak Yatim : 15 Kantong
4. Pondok Pasantren Nurulsalam : 15 Kantong

Sementara itu, mantan Kepala KSOP Kelas III Lembar itu mengaku, dalam pelaksanaan penyembelehan hewan qurban hingga pendistribusiannya tentu masih ada kekurangnya dalam hal pelayanan dan kecepatan, hal itu disadarinya sebagai manusia tidak luput dari kekurangan. Untuk itu, kedepan akan lebih ditingkatkan baik pelayanannya maupun jumlah hewan yang dipotong agar lebih bisa membantu masyarakat luas.

Baca Juga  Korwil UPT Ditjen Hubla Jawa Timur Bersama KUPP Kelas III Sapudi Kawal Arus balik Santri Sapudi

“Karena keterbatasan itu sifat manusia sedang kesempurnaan hanya milik Alloh SWT. Tapi saya berterima kasih atas kerja panitia qurban yang telah menjalankan secara maksimal. Semoga amal ibadahnya diganjar pahala dari-Nya,” pungkasnya. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE