Evakuasi Korban KN Chundamani Gandeng Kapal Pesiar

114
Saat kapal Patroli KN Chubdamani P 116 lakukan evakuasi kapal Pesiar KM Lady Nathalia dengan menggandeng ke Banjarmasin dari Selatan Makassar setelah kerusakan mesin induknya, Senin (16/12/2019).

BANJARMASIN – Akibat kerusakan mesin induk kapal jemis kapal Pesiar  KM Lady Nathalia dalam pelayaran dari pelabuhan Banjarmasin menuju Makassar berhasil diamankan dari  posisi 04.41.168 S / 117.13.438 E Selat makassar setelah lima hari berlayar kembali ke pelabuhan asal oleh kapal Patroli KN Chundamani P116 milik Pangkalan PLP Tanjung Perak setelah sebelumnya mendapatkan pertolongan dari TB Hasnur 03, dan dilakukan serah terima di perairan Taboneo, Senin (16/12/2019) dini hari sekitar pukul 03.00 WITA.

Kepala Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Tanjung Perak, Wawan Setiawan mengatakan, salah satu armada kapal patrolinya KN Chundamani telah melaporkan melakukan pertolongan atas kru kapal Boat KM Lady Nathalia yang mengalami kerusakan mesin dalam pelayaran menuju Makassar 24 mil Togo-togo Kalukuang Selatan Makassar setelah mendapat info radio yang disampaikan KMP Dharma Ferry 03.

“KN Chundamani menjemput kru kapal yang telah diselamatkan kapal TB Hasnur 03 di perairan Taboneo denhgan selamat yang kemudian diserahkan kepada KSOP Banjarmasin dalam keadaan sehat,” kata Wawan, Senin (16/12/2019).

Baca Juga  Pelindo Jamin Layanan Operasional Logistik Selama Libur Lebaran 2024
Serah terima korban kapal pesiar KM Lady Nathalia setelah dievakuasi oleh Kompat KN Chundamani P116, Capt. Eko Hadi Suyanto kepada KSOP Banjarmasin, Senin (16/12/2019).

Sementara Komanda Kapal Patroli KN Chundamani Capt. Eko Hadi Suyanto menjelaskan, kapalnya bergerak setelah ada perintah untuk melakukan evakuasi 4 orang kru korban kapal KM Lady Nathalia yang telah diselamatkan TB Hasnur 03 yang sempat terkatung-katung selama dua hari ditengah laut.

“kami awal stay di Banjarmasin meluncur ke titik penjemputan sekitar 3.5 jam pelayaran dan kami boyong menuju pelabuhan Banjarmasin selanjutkan serah terima dengan KSOP Banjarmasin,” terang Eko.

Setelah lakukan evakuasi korban KM Lady Nathalia di perairan Taboneo pada posisi 03.40.365 S / 114.29 865 E terhadap keempat kru tersebut berjalan dengan baik dan dapat diboyong dalam keadaan sehat.

“Semua dokumen, anak buah kapal (ABK), dan kepalnya dilakukan penggandengan diserahkan ke KSOP Banjarmasin,” imbuh Eko.

Data kapal KM Lady Nathalia sebagai berikut :

Berbendera : Indonesia

Tonase         : 18 GT/8NT

Tanda Selar : 2014 Ba No. 3822/L

Type             : kapal Motor Pesiar

Pemilik         : PT Sinar Bintang Samudra

Nakhoda       : Ahirudin

Jumlah ABK: –     Donal Rustam Rauf (Juru Mudi)

  • Jamaludin (Juru Minhyak)
  • Laode Luhuridin (Juru Minyak)
Baca Juga  Pastikan Kelancaran Arus Balik, Jasa Raharja, Kemenko PMK, Kemenhub, dan Korlantas Polri Tinjau Pelabuhan Panjang dan Bakauheni

Pelayaran      : Banjarmasin menuju Makassar

Selama dalam pelayaran setelah dievakuasi diatas KN Chundamani dilakukan pertolongan pertama kepada korban guna memastika kondisinya tetap fit hingga sampai di pelabuhan Banjarmasin. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE