Home » Lifestyle » Kesehatan » Penumpang dan Awak kapal KM Sanus 93 Di Pelabuhan Batulicin Mandi Disinfektan
Saat penumpang dan awak kapal perintis di semprot disinfektan di pelabuhan Batulicin, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Selasa (24/3/2020).

Penumpang dan Awak kapal KM Sanus 93 Di Pelabuhan Batulicin Mandi Disinfektan

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

BATULICIN – Pastikan virus Corona (Covid-19) tidak menjangkiti penumpang kapal yang turun pelabuhan Batulicin maupun yang hendak naik kapal Perintis KM Sabuk Nusantara (Sanus) 93, pemerintah daerah Kabupaten Tanah Bumbu bersama  Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kotabaru-Batulicin dan instansi terkait melakukan penyemprotan disinfekta kepada penumpang dan awak kapal serta melakukan penyemprotan ruangan diatas kapal saat sandar di pelabuhan.

Saat ruangan penumpang kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 93 dilakukan penyemprotan disinfektan oleh petugas.

Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kotabaru-Batulicin (KB-BL), Capt. M. Hermawan, S.Sit, M.M, MMar mengatakan, gerakan yang diinisiasi pemerintah daerah itu mengambil langkah antisipasi penyebaran virus corona yang mungkin dibawa oleh penumpang kapal dari daerah lain sehingga seara bersama-sama melakukan penyemprotan disinfektan terhadap penumpang dan awak kapal saat turun di pelabuhan Batulicin.

“Penyemprotan itu juga dilakukan terhadap ruangan yang ada diatas kapal secara merata disetiap sudutnya guna memastikan aman corona saat penumpang dan kru kapal turun semua,” ujarnya, Selasa (24/3/2020).

Langkah ini dilakukan, lanjut Hermawan, sebagai tindakan antisipatif terhadap kemungkinan masuknya penyebaran virus corona melalui penumpang kapal yang berasal dari daerah lain sehingga pemerintah daerah bersama instansi terkait sepakat lakukan penyemprotan disinfektan tersebut.

“langkah seperti ini akan dilakukan terus sebagai tindakan pencegahan adanya penyebaran virus tersebut,” jelas Hermawan.

Selain penyemprotan disinfektan, lanjut Hermawan, terhadap penumpang dan kru kapal  juga dilakukan pemeriksaan suhu badan, dan hasilnya dari kegiatan hari ini, syukur alhamdulillah pelabuhan Batulicin masih clear dan tidak ada satu pun hasil pemeriksaan awal terindikasi adanya orang yang mengelami gaguan gejalah bahkan positif corona.

“Sejauh ini alhamdulillah tidak ada, dan kami berharap jangan sampai ada,” ungkapnhya.

Kegiatan serupa ini nantinya juga akan dilakukan terus sebagai langkah preventif sehingga hasilnya bisa optimal guna memastikan lingkungan pelabuhan batulicin maupun Kotabaru khususnya dan Tanah Bumbu pada umumnhya dapat terhindar wabah yang sempat menggemparkan dunia ini.

“Kami juga di internal kantor KSOP KB-BL juga melakukan antisipatif dengan membiasakan cuci tangan denhgan sabun maupun hand sanitizer serta menggunakan masker saat berada dilingkungan kantor,” pungkas Hermawan. (RG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kediri Menyusul Jadi Kota Zona Merah Ke-13 Covid-19

Share this...FacebookTwitterSURABAYA – penyerangan virus ...