Home » Umum » Transportasi » Angkat Sumpah Ditjen Hubla Lepas Auditor Pendidik dan Praktisi Medis Kepelautan
Saat pengukuhan 150 orang Auditor Pendidik dan Praktisi Medis Kepelautan oleh Ditkappel, Jum'at (14/9/2018) di Hotel A-One Jakarta.

Angkat Sumpah Ditjen Hubla Lepas Auditor Pendidik dan Praktisi Medis Kepelautan

JAKARTA – Sebanyak 150 orang dikukuhkan sebagai Auditor Pendidik dan Praktisi Medis Kepelautan setelah mengikuti proses uji kelayakan bidang kepelautan yang diselenggarakan Direktorat Perkapalan dan Kepelautan (Ditkappel) Direktur Jenderal Perhubungan Laut.

“Acara pengukuhan ini adalah momentum yang membawa kebanggaan dan kebahagiaan kearah yang positif sehingga diharapkan menjadi motor penggerak utama dalam meningkatkan kualitas SDM trnsportasi laut yang memiliki daya saing, profesional dan unggul dalam menyongsong persaingan dunia Internasional khususnya menghadapi tantangan dari perkembangan Revolusi Industri,” ujar Sekretaris Direktorat Jendral Perhubungan Laut, Arif Toha dalam sambutannya mewakili Dirjen Perhubungan Laut, R Agus H. Purnomo, Jum’at (14/9/2018).

Menurut Arif, Maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan Pengukuhan Auditor, Pendidik dan Praktisi Medis adalah kegiatan registrasi melalui proses pengujian kelayakan kompetensi dibidang kepelautan berdasarkan kriteria yang ditetapkan berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Laut No. HK 103 /1/9/DJPL-16 tentang Standar Auditor (Supervisor), Pendidik, Penguji dan Praktisi Medis di Bidang Kepelautan.

“Perlu digaris bawahi, keberasilan saudara yang dicapai pada saat ini hendaknya jangan membuat cepat berpuas diri, melainkan jangan pernah berhenti berinovasi, produktiv dan mengamalkan ilmu yang dimiliki sebagai bentuk kerja nyata dalam membangun insan perhubungan yang berkarakter nasionalis, mandiri dan profesional,” ingatnya.

Atas kerja keras dari Ditkappel, Dirjen Hubla mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang berkontribusi dalam terciptanya sumber daya manusia (SDM) kepelautan guna meningkatkan pelayanan prima, profesional dan akuntabel sehingga diharapkan dapat mewujudkan keselamatan pelayaran serta mencegah pencemaran lingkungan laut.

“Selamat kembali ketempat tugas, selamat berjuang dan jagalah martabat keluarga, institusi dan keluarga,” ucapnya mengingatkan seluruh peserta yang dikukuhkan dengan mengucap sumpah bersama.

Sementara itu, Kasubdit Kepelautan Ditkappel, Capt. Hendri Ginting, M.M mengatakan, peserta pengukuhan itu sendiri adalah Auditor, Pendidik dan Praktisi Medis Kepelautan dilingkungan Kementerian Perhubungan sebanyak 150 (seratus lima puluh) orang yang terdiri dari 17 orang Auditor, 83 orang Pendidik dan 50 orang Praktisi Medis.

“Pengujian bagi calon Auditor, Pendidik dan Praktisi Medis Kepelautan dilaksanakan melalui penilaian secara tes tulis oleh tenaga ahli yang berkompeten dan berpengalaman untuk mendapatkan sertifikat Auditor, Pendidik atau Praktisi Medis,” jelasnya.

Sedang waktu pelaksanaan pengujiannya, lanjut Henri Ginting, kegiatan adalah 2 hari berturut-turut dimulai pada hari Kamis sampai dengan hari Jumat tanggal 13 sampai 14 September 2018 bertempat di Hotel A-One Jln. KH. Wahid Hasyim No.80 Kebon Sirih Menteng Jakarta Pusat dengan nara sumber 4 orang yang terdiri dari : 1. Kasubdit Kepelautan, 2. Kepala Balai Kesehatan Kerja Pelayaran, 3. Capt. Yan Risuandi, MSc dan 4. Capt. Indra Priyatna.

“Pembekalan materi oleh Narasumber yang kompeten dan profesional itu sebagai langkah brainstrooming, motivasi dan menyatukan persepsi pemahaman tentang tugas dan tanggung jawab Auditor, Pendidik dan Praktisi Medis Kepelautan,” pungkasnya. (RG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Baca Juga

Kabarnya, Ada Pengembangan Telepon Pintar Berfungsi Sebagai AIS Kapal

MASYARAKAT PELRA GRESIK SANGAT MENUNGGU ...