Home » Umum » Perhubungan » Arus Mudik Gratis Dengan KRI Menyita Perhatian Menhub
Menhub Budi Karya Sumadi saat inspeksi angkutan mudik di pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Senin (3/6/2019).

Arus Mudik Gratis Dengan KRI Menyita Perhatian Menhub

SURABAYA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Watimpres RI Sidarto Danusubroto melihat langsung penanganan arus mudik angkutan Lebaran 1440 H / 2019 khususnya yang menggunakan kapal perang KRI Makasar di pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Senin (3/6/2019).

Seperti diketahui, Kementerian Perhubungan (Kemhub) RI bersama TNI AL telah memfasilitasi 989 pemudik asal Jatim pulang kampung (pulkam) secara gratis asal Balikpapan ke Surabaya menggunakan KRI Makasar dari Koarmada II.

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, pelaksanaan mudik gratis ini merupakan kerjasama yang telah terjalin dengan baik bersama TNI AL. Terdapat tiga KRI yang dipersiapkan untuk melayani masyarakat yang akan melakukan kegiatan mudik lebaran tahun ini.

“Terima kasih kepada TNI AL yang sudah memberikan 3 kapal bantuannya yakni dari Makasar-Surabaya, Jakarta-Panjang juga menuju ke Pontianak. Ini adalah salah satu bentuk kerjasama yang baik bantuan dari TNI AL dan langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” katanya.

Di tempat yang sama, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto mengaku senang karena TNI AL bisa turut serta berkontribusi bagi masyarakat dalam mudik gratis pada tahun ini.

“KRI Makasar itu mampu mengangkut 1.500 personel penumpang,” terangnya.

Pada pelaksanaan mudik gratis menggunakan KRI Makasar itu sendiri, kapal hanya mengangkut 989 orang pemudik dari Balikpapan menuju Surabaya, terdiri dari 550 orang laki-laki, 319 perempuan, 120 anak-anak. Para pemudik didampingi personel TNI-Polri berjumlah 120 orang.

Sedang, agenda kegiatan Menhub pada hari ini diselenggarakan dalam rangkaian Inspeksi Lapangan ke Provinsi Jawa Timur, setelah terlebih dahulu melakukan peninjauan ke Pelabuhan Kalianget Sumenep – Madura untuk melihat secara langsung kegiatan mudik di Kepulauan Kangean Madura dengan menggunakan kapal KM Express Bahari 1C dan 9 C (Tujuan Kangean), KM Dharma Kartika (Tujuan Raas) dan KM Satya Lencana (Tujuan Jangkar). (RG/LN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Goes To Maritime Safety 2019 Digelar Di Banjarmasin

BANJARMASIN – Peringati HUT Kemerdekaan ...