Home » Umum » Politik & Pemerintahan » Buka Wawasan Kemaritiman KSOP Kotabaru-Batulicin Road Show Ke Pemda dan Dewan
KSOP Kelas III Kotabaru-Batulicin dalam road show ke pemerintah daerah Kabupaten dan DPRD Tanah Bumbu, Senin (25/2/2019).

Buka Wawasan Kemaritiman KSOP Kotabaru-Batulicin Road Show Ke Pemda dan Dewan

TANAH BUMBU – Bangun komunikasi dan membuka wawasan potensi kemaritiman yang ada di Kalimantan Selatan, KSOP Kelas III Kotabaru-Batulicin mulai lakukan road show ke pemerintah daerah (Pemda) dan DPRD Kabupaten Tanah Bumbu.

Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kotabaru-Batulicin, Capt. M. Hermawan, S.SIT, MM. MMar mengatakan, bahwa kunjungan yang dilakukan dengan pejabat strukturalnya guna memberikan masukan kepada pemerintah daerah maupun dewan bahwa potensi maritim yang ada di Kalimantan Selatan baik badan usaha pelabuhan maupun terminal khusus yang begitu banyak juga akan memberikan kesempatan kepada masyarakat sebagai putra daerah yang mempunyai skill ilmu kepelautan dapat mengambil posisi. Namun disayangkan pendidikan pelayaran yang berkualitas setingkat perguruan tinggi belum ada di Kalimantan Selatan.

“Kami buka wawasan kepada mereka (dewan dan pemda.red) bahwa Kalimantan Selatan perlu kehadiran pendidikan pelayaran setingkat balai pendidikan dan pelatihan ilmu pelayaran (BP2IP) untuk menampung minat calon pelaut yang ada,” ujarnya, Rabu (27/2/2019).

Memang, selama ini lanjut Hermawan, pendidikan pelayaran sudah ada namun tingkatannya masih setara sekolah lanjutan tingkat atas yang notabene masih perlu lanjutan untuk mengambil jenjang yang lebih tinggi guna mendapatkan sertifikasi sehingga tak jarang mereka para lulusanya harus pergi ke Jawa ataupun Makassar.

“Hal itu yang kami berikan gambaran baik kepada pemerintah daerah yang kebetulan kami kunjungi yaitu Kabupaten Tanah Bumbu maupun anggota dewannya sebagai bentuk tanggung jawab kita terhadap generasi penerus yang mencintai maritim,” jelas Hermawan.

Disamping itu, Hermawan mengaku, bahwa program pemerintah pusat melalui Kementrian Perhubungan yang dikembangkan oleh Dirjen Perhubungan Laut untuk memberikan diklat gratis SKK 30/60 maupun sertifikasi kapal dibawah GT 7 bagi nelayan setempat juga kami sampaikan. Dengan harapan pemerintah daerah ikut mendukung dan berperan dalam mensukseskan pemberian kecakapan kepada nelayan yang ada.

“Alhamdulillah pihak pemerintah Kabupaten merespon dengan baik dan akan mendukung upaya perhubungan laut,” akunya.

Hermawan menambahkan, kegiatan serupa juga akan dilakukan kepada pemerintah kapubaten Kotabaru sebagai langkah komunikasi guna mejunjang pelayanan kepada masyarakat. Walau bagaimana juga, wilayah pelayanan kami juga meliputi Kotabaru dan sekitar.

“Kami sudah pernah mengagendaka tapi belum ketemu waktunya yang pas namun nanti kita akan lakukan lagi. Yang jelas semangat kami ingin mengajak semua daerah bisa maju bersama mendukung negara kita yang notabene mempunyai wilayah maritim yang luas,” pungkas Hermawan. (RG/0ne)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Gala Dinner Senator Mengerucut Jadi Dukungan Satu Sosok

La Nyalla Didapuk Jadi Ketua ...