Home » Umum » Sosbud » Budaya & Religi » Capt. Hermawan:Titip Program Silaturahim Masyarakat Maritim Lembar Dipertahankan
Capt. M. Hermawan saat mohon do'a kepada masyarakat maritim dalam pengajian rutin untuk menempati pos baru sebagai kepala KSOP Kotabaru, Kamis (17/1/2019) malam.

Capt. Hermawan:Titip Program Silaturahim Masyarakat Maritim Lembar Dipertahankan

MATARAM – Kepala kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas III Lembar hanya tunggu saat untuk dilakukan pergantian melalui pisah sambut yang diagendakan tiga hari lagi. Namun kesan haru seakan terwakili dalam suasana pengajian yang digelar di rumah dinas Kepala KSOP Lembar Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (17/1/2019) malam.

Capt. M. Hermawan, S.Sit. MM. MMar tak mampu menyimpan raut haru melihat seluruh masyarakat maritim yang rutin menghadiri pengajian bulanan sebagai ajang silaturahim yang dibangunnya bersama unsur maritim pelabuhan Lembar yang sudah berjalan selama 4 bulan ini. Apalagi, tatkala 35 nak-anak Panti Asuhan yang sengaja diundang berbaris mengamini do’a pengharapan dirinya akan melepas jabatan sebagai Kepala KSOP Kelas III Lembar.

“Silaturahim kita jangan ada jarak dan waktu. Kapan pun kita menghendaki bisa dijalin bersama,” ujarnya.

Capt. M. Hermawan mendapat ucapan dan iringan do’a dari anak-anak panti asuhan.

Sepatah dua kata Hermawan mengatakan, sebentar lagi saya meninggalkan kantor KSOP Lembar karena ada tugas baru yang saya emban di Kotabaru Kalimantan Selatan. Dia berharap, kegiatan keagamaan yang telah kita rintis bersama yang berjalan selama empat bulan secara rutin ini jangan sampai di hilangkan dan kalau bisa lebih ditingkatkan karena ini merupakan ajang silaturhmi masyarakat maritimbyang ada di pelabuhan Lembar.

“Wabil khusus jajaran KSOP mudah-mudahan sholat berjamaah di kantor mohon tetap dijaga dan kegiatan kajian ilmu agama di musholah yang dilaksanakan setiap bulan yang mulanya sekali kini sudah bisa ditingkatkan dua kali untuk di lanjutkan,” titip Hermawan.

Bakal KSOP Kelas III Kotabaru yang sudah mengantongi Surat Keputusan itu juga menambahkan,kesemuanya yang kita lakukan bersama adalah bentuk keimanan kita kepada Alloh yang telah memberikan nikmat-nikmatnya yang tak terhingga sehingga kegiatan di kantor KSOP Lembar dapat berjalan dengan baik dan kondusif. Serasa berat untuk meninggalkan Lembar karena awal datang hingga kini ada perubahan yang telah kita buat meski sedikit

“Bahkan kita bisa menjalin hubungan mesra dengan seluruh stakeholder yang ada di wilayah pelabuhan lembar maupun dengan jajaran pemerintah daerah NTB,” paparnya.

Saat pemberian santunan kepada anak panti asuhan.

Apalagi, lanjut Hermawan, pelabuhan baru Gilimas akan hadir, hal itu membutuhkan support dari semua unsur untuk menggerakkan faktor pendukungnya agar mempercepat pertumbuhan perekonomian daerah. Khususnya lingkungan pelahuhan yang nantinya akan compley dengan ISPS Code maka semua pihak agar dapat memahami peran masing-masing untuk menjamin kenyamanan kapal-kapal Asing yang sandar disana.

“Mulai saat ini untuk kedepannya agar unsur maritim bersama-sama memahami SOP ISPS Code pelabuhan dan mensosialisasikan kepada masyarakat luas,” ingatnya.

Hal ini akan lebih mudah untuk dilakukan karena membangun sebuah yang baru, baik sistem, budaya prilaku masyarakat di area pelabuhan sesuai aturan yang ada bila dibanding menjalankan secara istiqomah.

“Mumpung pelabuhan baru, seperti tatakelolah transportasi sebagai sarana hantaran ke tujuan destinasi wisata agar diatur lebih baik dari yang sudah ada di pelabuhan Lembar,” pesan Hermawan kepada pihak Polsek kawasan pelabuhan.

Sementara itu, Mantan Kepala Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan Lembar, Iptu Jasa Yulianto, SH mengatakan, memang sulit untuk merubah kebersamaan yang telah terbentuk, apalagi banyak kegiatan yang bisa memecahkan persoalan khususnya di pelabuhan melalui forum-forum non formal yang digagas bersama.

“Mulai dari touring happy unsur maritim menggunakan motor, coffee morning, hingga pengajian yang diisi tausiah keimanan oleh alim ulama membuat enggan berpisah dengan pak Hermawan,” ungkapnya.

Bagi Jasa yang saat ini menjabat KBO Lantas Polres Lombok Barat mengaku, kepala KSOP Lembar ini adalah motor terbaik penggerak giat unsur maritim di pelabuhan Lembar. Inovasi-inovasi yang di tawarkan kepada kita semua merupakan upaya mendorong perubahan pelabuhan Lembar yang lebih baik.

“Banyak sudah hal yang berubah di lingkungan pelabuhan dari kekompakan semua unsur dari gagasan KSOP,” imbuh Jasa.

Sedang acara pengajian yang diisi bacaan yasin bersama itu diawali sholat Magrib berjamaah lalu dilanjutkan siraman rohani oleh Tuan Guru H. Muamar Arafa yang menitikkan pada keikhlasan kita terhadap amanah yang diberikan Alloh disemua aspek dijalankan dengan baik dan benar. Kemudian dilanjut dengan sholat Isak berjamaah dan tiakhiri penyerahan santunan kepada 35 anak panti dan pengurusnya.

Tampak hadir dalam acara itu, ka. Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar dan jajarannya, Ketua Gapasdap dan jajaranya, GM PT Pelindo III dan jajarannya, staf KSOP Lembar dan unsur lain pelabuhan. (RG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

IPERINDO Yakin Jatim Jadi Pusat Industri Maritim Bila Didukung Pemda

SURABAYA – Berbagai macam persoalan ...