Home » Umum » Perhubungan » KSOP Banjar Sukses Gelar Peringatan HUT RI Ke-74 Didukung KN Chundamani
Kepala KSOP Kelas I, Banjarmasin, Capt. Mugen S Sartoto (kiri) saat mendampingi Dirjen Hubla, R. Agus H Purnomo (tengah oeci hitam) saat memilih pemenang berbusana adat dalam upacara HUT RI ke-74 di Banjarmasin, Sabtu (17/8/2019).

KSOP Banjar Sukses Gelar Peringatan HUT RI Ke-74 Didukung KN Chundamani

BANJARMASIN – Masyarakat maritim Banjar khususnya merasa, dengan momentum peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74 tahun 2019 yang digelar di pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan ini sebagai langkah perkuat soliditas seluruh stakehokders yang hetrogen demi peningkatan perekonomian Nasional

“Kita menyadari dari perbedaan yang ada baik beda instansi, beda tugas bahkan beda bangsa tetapi kita tetap satu untuk mewujudkan industri pelayaran yang safety, selamat, aman, lancar efektif, dan efisien untuk kepentingan rakyat bersama,” ujar Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin, Capt. Mugen S Sartoto selepas upacara, Sabtu (17/8/2019).

Mugen mengaku, pelaksanaan upacara dengan menghadirkan Dirjen Perhubungan, R. Agus H Purnomo dengan dadakan mempunyai nilai tersendiri bagi kami semua, dimana peserta upacara mencapai 700 (tujuh ratus) orang melebihi yang kami kita targetkan sekitar 500 (lima ratus) peserta yang terdiri dari unsur Pelindo III, dan asosiasi-asosiasi yang ada baik ALFI-ILFA,INSA, Aprindo, APBMI juga dari sekolah pelayaran AMNUS, SPM, Distri Navigasi, dan jajaran KSOP Banjarmasin serta dari perwakilan kepala UPT Perhubungan Laut yang ada di wilayah Kalimantan Selatan.

“Dari anggota kapal patroli KN Chundamani Pangkalan PLP Tanjung Perak juga bergabung mengikuti acara upacara,” katanya.

Yang lebih mewarnai, lanjut Mugen, peserta upacara sebagian besar mengenakan baju adat yang mencerminkan Kebhinekaan bangsa Indonesia yang berada di Kalimantan Selatan biar lebih meriah.

“Dengan setengah kita wajibkan mengenakan baju adat itu biar semarak, semangat. Apalagi kita buat kompetisi dengan memberikan hadiah bagi pemenang berbusana baju adat,” ucapnya.

KN Chubdamani P116 saat sandar di pelabuhan Trisakti mengikuti upacara bendera HUT RI ke-74 di Banjarmasin.

Sebetulnya bukan persoalan hadiah tapi merayakan kemerdekaan dengan riang gembira supaya kinerja kita bertambah meningkat. Dengan hadirnya Dirjen Perhubungan Laut, R. Agus H Purnomo bersedia secara dadakan bisa menjadi inspektur upacara itu merupakan nilai tersendiri bagi kami UPT di daerah.

“Ditambah lagi selama ini keterlibatan masyarakat maritim baru kali ini diikutsertakan dalam pelaksanaan acara semacam ini,” tandas Mugan.

Sementara itu, Nakhoda Kapal Patroli KN Chundamani P 116, Capt. Eko Hadi Suyanto, SE mengatakan, dalam pelaksanaan upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini, kami seluruh kru kapal yang berjumlah 26 (dua puluh enam) orang mendukung dengan merapatkan barisan menyandarkan kapal di dermaga Tri Sakti Banjar.

“Pakaian adat juga kami kenakan menyesuaikan dengan semangat yang dibangun KSOP Banjarmasin,” ungkap Eko.

Mamang, Eko menambahkan, posisi kami stay di perairan Kalimantan Selatan diperbantukan / BKO di KSOP Kelas I Banjarmasin sejak awal bulan lalu.

“Kami juga habis SAR KM Piesces di deket pulau Matasiri atas kejadian tenggelamnya kapal penangkap ikan asal Pekalongan tersebut,” terangnya. (RG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Gerak Serempak 1 Kapal Patroli, 2 Tub Boat dan 7 Sea Rider Sapu Sampah Kalimas

SURABAYA – Suksesnya Ditjen Hublah ...