Home » Umum » Perhubungan » KSOP KB-BL Gelar FGD Rencana Pembangunan Pelabuhan Tanah Bumbu
Kepala kantor KSOP Kelas III Kotabaru-Batulicin (KB-BL), Capt. M. Hermawan, S.sit, MM,MMar (tengah) saat membuka Fcus Group Discussion (FGD) pra studi kelayakan pembangunan Pelabuhan Laut Kabupaten Tanah Bumbu, Kamis (22/8/2019).

KSOP KB-BL Gelar FGD Rencana Pembangunan Pelabuhan Tanah Bumbu

TANAH BUMBU – KSOP Kelas III Kotabaru-Batulicin (KB-BL) mengadakan agenda kegiatan Focus Group Discussion (FGD) untuk pengumpulan data primer dan data sekunder pekerjaan Pra Study Kelayakan Pembangunan Pelabuhan Laut yang berlokasi di Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimanlan Selatan pada tahun Anggaran 2019, kamis (22/8/2019).

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kotabaru-Batulicin, Capt. M. Hermawan, S.sit, MM, MMar mengatakan, tanah bumbu ini memiiliki prospek memiliki pelabuhan yang luar biasa, secara geografis, Tanah Bumbu berada ditengah-tengah Indonesia, sehingga akses dari pulau-pulau lain akan mudah karena dari Jawa jaraknya pun tidak terlalu jauh serta kita berada di dalam Selat Laut yang cukup luas dengan kedalaman yang cukup sehingga bisa dibilang potensinya sangat luar biasa yang akan menopang laju perekonomian daerah.

“Makanya dalam kesempatan ini, kita mengadakan komunikasi dua arah  antara pandangan dari pemerintah daerah seperti apa dan dari Kementerian bagaimana yang kemudian kita klik kan luntuk mewujudkan aya yang kita inginkan bersama terwuudnya pembangunan Pelabuhan Laut tersebut,” ujarnya disela acara FGD di Batulicin, Kamis (22/8/2019).

Menurut Hermawan, melalui FGD ini, kami berharap ada masukan, saran serta bantuan baik secara administrasi untuk mempercepat pelaksanaannya maupun dukungan akses jalan  dari pemerintah daerah sehingga apa yang kita rencanakan dapat terwujud dengan baik.

“Tanpa adanya kebersama itu semua hanya sebuah mimpi di siang bolong. Ini semua kita lakukan untuk Mera Putih, jadi berharap kita semua dapat mensupportnya,” kata Hermawan.

Sementara itu, Edi Sumardiono wakil dari Distrik Navigasi Kelas II Banjarmasin mengaku, dari alur pelayaran yang akan menjadi penjunjang lalulintas laut di wilayah pelabuhan Laut Tanah Bumbu ini nantinya, juga sudah kita bahas dalam penetapan alur Selat Laut telah kita lakukan pada awal tahun 2019 lalu bersama KSOP KB-BL dan Angkatan Laut.  Dengan wacana akan dibangunnya pelabuhan di Tanah Bumbu itu tentu harus disesuaikan juga dengan penataan alur yang ada baik  sistem rute, tatacara berlalulintas dan daerah labuh kapal sesuai dengan kepentingan di alur Samudra Batulicin kabupaten Tanah Bumbu.

“Diawal tahun kita sudah melakukan survey alur yang mana kita sudah merumuskan tentang koridor alur pelabuhan Batulicin yang nanti kedepannya juga akan kita diskusikan kembali guna mendukung rencana pembangunan pelabuhan yang dimaksud,” jelasnya.

Sedang dalam pra studi kelayakan pembangunan pelabuhan laut di Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan pada tahun 2019, intinya dalam rencana pembanguna pelabuhan itu perlu awal adanya pra study kelayakan, jadi salah satu syarat infrastruktur untuk dibangun dalam suatu pembangunan pelabuhan, yang pertama adalah prioritas lokasi pembangunan pelabuhan laut yang terkait dengan tata ruang, sosial dan ekonomi serta teknis

“Saat ini perlu data masukan dari seluruh instansi terkait apakah lokasi pelabuhan yang akan kita bangun ini sudah sesuai atau ada usulan penambahan baru yang nantinya akan disampaikan ke kantor pusat,” tandas Hermawan.

Tak menutup kemungkinan, bila pelabuhan yang mumpuni hadir di kabupaten Tanah Bumbu akan menjadi pintu masuk barang ekspor dan impor maupun penumpang dari luar negeri bisa langsung masuk bila ke Kalimantan Selatan sehingga sekaligus akan memuluskan rencana Kawasan Industri Batulicin, yang pemerintah provinsi sudah membantu dengan membangun jalan tol dari Banjarmasin menuju Batulicin.

Turut hadir dalam acara FGD tersebut adalah :

Kantor UPP Kelas III Satui;

Distrik Navigasi Kelas ll Banjarmasin;

Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan;

Badan Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Kalimantan Selatan;

Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan;

Dinas Pekerjaan Umum Provmsi Kalimantan Selatan;

Kantor BMKG Kalimanlan Selatan;

Bappeda Kabupaten Tanah Bumbu;

Badan Lingkungan Hidup Daerah Kabupalen Tanah Bumbu;

Dinas Perhubungan Kabupaten Tanah Bumbu;

Dlnas Pekerjaan Umum Kabupaten Tanah Bumbu;

Kantor Penanahan Kabupaten Tanah Bumbu;

Dinas Pariwisala Kabupaten Tanah Bumbu;

Dinas Kelautan dan Penkanan Kabupaten Tanah Bumbu;

Dinas Perdagangan Kabupaten Tanah Bumbu;

Dinas Perindusuian Kabupaten Tanah Bumbu;

Dinas Penanian Kabupaten Tanah Bumbu;

Badan Pusat Statlstlk Kabupaten Tanah Bumbu;

Camat dan Lurah yang ada di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu;

Serta Asosiasi Terkait Transponasi dan Logistik. (RG)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Aksi Bersih Sampah Laut, KSOP Probolinggo Fokuskan Lingkungan Wisata Gili Ketapang

UPAYA IKUT SELAMATKAN DESTINASI WISATA ...