Home » Umum » Ekbis » La Nyalla Pinta Anggota KADIN Jatim Hidupkan KEK Singosari
Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti yang sekaligus sebagai Ketua Kadin Jatim.

La Nyalla Pinta Anggota KADIN Jatim Hidupkan KEK Singosari

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

SURABAYA – Ditetapkannya wilayah Singosari kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) oleh Presiden Joko Widodo yang dituangkan dalam PP Nomor 68/2019 tentang Kawasan Ekonomi Khusus Singhasari disambut baik oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti yang sekaligus sebagai Ketua Kadin Jatim.

Dirinya meminta para pengusaha di Jawa Timur (Jatim), khususnya anggota Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) untuk aktif terlibat menyuseskan keberadaan KEK tersebut.

“Saya meminta teman-teman di KADIN Jatim menyambut dan bergerak cepat untuk menghidupkan KEK di Singosari. Karena ini peluang untuk meningkatkan pertumbuhan dan daya saing ekonomi provinsi ini. Apalagi lahan yang disediakan sangat luas. Sekitar 120 hektare,” ungkapnya di Surabaya, Jum’at (11/10/2019).

Sedang KEK itu sendiri adalah, merupakan kawasan dengan batas tertentu dalam wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ditetapkan untuk menyelenggarakan fungsi dengan manfaat perekonomian tertentu dan tujuan utama pengembangan KEK adalah untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi, pemerataan pembangunan, dan peningkatan daya saing bangsa.

“KEK tersebut terdiri atas dua zona, Pariwisata dan Pengembangan Teknologi. Pembangunan dan Pengelolaan KEK akan disiapkan dalam jangka waktu 90 hari sejak PP tersebut diundangkan pada 8 Oktober 2019 kemarin,” jelasnya.

Kehadiran KEK diharapkan membangun kemampuan dan daya saing ekonomi pada level nasional melalui industri- industri dan pariwisata bernilai tambah dan berantai nilai.

Untuk diketahui, hingga tahun 2019 terdapat 13 KEK di Indonesia yaitu :

KEK yang Telah Beroperasi;
KEK Sei Mangkei
KEK Tanjung Lesung
KEK Palu
KEK Mandalika
KEK Galang Batang
KEK Arun Lhokseumawe
KEK Tanjung Kelayang
KEK Bitung
KEK Morotai
KEK Maloy Batuta Trans Kalimantan (MBTK)

KEK dalam Tahap Pembangunan;
KEK Tanjung Api-Api
KEK Sorong
KEK Singhasari. (die)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pelabuhan Gili Mas Mulai Disandari Kapal Pesiar Asing

Share this...FacebookTwitterLEMBAR – Pelabuhan Gili ...