Home » Umum » Transportasi » Lepas Pemudik Kepulauan, Gubenur Khofifah Pamerkan Kapal Penumpang Pertama Yang Digunakan
Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di dampingi Kadishub Fatta Jasin saat melepas kapal mudik gratis KM Dharma Kartika III je Masalembu di pelabuhan Tanjung Perak, Rabu (29/5/2019).

Lepas Pemudik Kepulauan, Gubenur Khofifah Pamerkan Kapal Penumpang Pertama Yang Digunakan

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

SURABAYA – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melepas 460 penumpang mudik gratis dengan menggunakan kapal Laut KM Dharma Kartika III tujuan Masalembu, Madura yang diberangkatkan dari pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Rabu (29/5/2019).

Menurut Khofifah, pelaksanaan mudik dengan menggunakan kapal tersebut agenda tahunan yang diselenggarakan Pemprov Jatim jelang mudik lebaran. Khususnya tahun ini, sarana kapal mengalami peningkatan dari kapal barang yang digunakan kini difasilitasi kapal penumpang ber AC dengan KM Dharma Kartika III.

“Ini pertama kali kami menggunakan kapal penumpang yang akan disiapkan 6 rute. Selain jalur laut, Pemprov Jatim juga menyiapkan jalur darat dengan armada bus dan kereta api,” ujarnya di Terminal Penumpang Kapal Gapura Surya Nusantara, Tanjung Perak, Rabu (29/5/2019).

Pelepasan kapal mudik gratis oleh Gubenur Khofifah bertepatan juga dengan 100 hari menjabat sebagai gubenur perempuan pertama di Jawa Timur. Mudik gratis yang di sediakan tahun ini terdapat sekitar 295.000 penumpang. Namun jumlah tersebut dipastikan bertambah seiring dengan banyaknya instansi dan lembaga yang mengadakan program mudik gratis bagi masyarakat Jatim sejak H-9.

Khofifah juga mengapresiasi langkah Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim bersama Pelindo dan instansi terkait dengan pengaturan pola penumpang yang turun dari kapal laut bisa difasilitasi ke terminal bungurasih. Juga ada yang tujuan ke terminal Nganjuk dan Madiun.

“Pola komunikasi seperti ini yang saya apresiasi antara pengusaha dan penyedia transportasi khususnya dalam meningkatkan layanan transportasi bisa terlaksana. Mudah mudahan kondisi ini akan terus membaik dan kita ingin semua masyarakat terlayani dengan baik,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Perhubungan Dr. Ir. Fatah Jasin melaporkan, bahwa dalam rangka menambah armada kapal untuk mengakomodir lonjakan penumpang pada masa angkutan lebaran, Pemprov Jatim melalui Dinas Perhubungan melaksanakan kegiatan mudik dan balik gratis kepulauan sebanyak 6 rute.

Keenam rute tersebut antara lain, Surabaya-Masalembu (PP) sebanyak 4 voyage, Tanjung Wangi – Sapeken 4 voyage, Gresik-Bawean PP sebanyak 4 voyage dan Kalianget-Kangean sebanyak 5 voyage.

“Hari ini, kita melaksanakan pemberangkatan perdana mudik gratis kepulauan tahun 2019 Rute Surabaya-Masalembu. Perjalanan diprediksi akan ditempuh selama 15 jam. Semoga seluruh penumpang diberi kelancaran dan selamat sampai tujuan berkumpul dengan sanak saudara,” terangnya. (RG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kesigapan Ditengah Pelayanan, Tunda PMS Padamkan Kebakaran

Share this...FacebookTwitterSURABAYA – Ditengah aktivitas ...