Home » Umum » Ekbis » Pelni Sediakan Kapal Kapolda Jatim Ucap Terima Kasih
Kepala Cabang PT Pelni Surabaya, Presda Simangasing diapit Kapolda Jatim, Irjen Polisi Luki Hermawan (kanan) dan Kapolres Tanjung Perak, AKBP Antonius Agus Rahmanto (kiri) saat melepas kontainer bantuan logistik Polda Jatim untuk Sulawesi Tengah, Jum'at (5/10/2018).

Pelni Sediakan Kapal Kapolda Jatim Ucap Terima Kasih

SURABAYA – Sebanyak 21 kontainer bantuan logistik dari Polda Jawa Timur dan UPT Perhubungan Laut serta elemen masyarakat dikirim ke Palu Sulawesi Tengah dengan menggunakan Kapal KM Logistik Nusantara I milik PT Pelni (Persero) sebagai kapal pelayanan program bantuan gratis dari pemerintah melalui BUMN operator kapal Nasional itu, Jum’at (5/10/1018). 

Pengiriman bantu logistik itu digelar dengan upacara pelepasan yang dipimpin langsung oleh Kapolda Jawa Timur Inspektur Jenderal Polisi Luki Hermawan , didampingi ibu Bhayangkari Wilayah Jatim, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak dan Kepala Cabang PT Pelni Surabaya, Presda Simangasing serta Personil Polres Pelabuhan Tanjung Perak.

“Sebelumnya saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas nama Kapolri kepada kepala cabang PT Pelni Surabaya yang telah menyediakan sarana transportasi berupa kapal untuk bantuan kemanusiaan yang kita kirim bagi korban gempa tsunami yang ada di Sulawesi Tengahi,” ujarnya sesaat memimpin upacara pelepasan bantuan di Dermaga Jamrud Selatan Pelabuhan Tanjung Perak, Jum’at (5/10/2018).

Kapolda mengatakan, bantuan yang telah kami kumpulkan dari jajaran kepolisian maupun dari bhayangkari serta masyarakat Jawa Timur ini sejumlah 17 kontainer yang berupa bahan makanan dan air mineral, pembalut wanita, susu, pakian, sarung serta sembako yang memang sangat dibutuhkan kami serahkan kepada PT Pelni untuk mengangkutnya hingga tempat tujuan yaitu pelabuhan Palu.

“Bantuan ini diperkirakan akan nyampai di Palu sekitar empat hari sekitar tanggal 9 Oktober pukul 20.00 dan akan diterima oleh penanggung jawab posko bantuan yang ada disana dan langsung di distribusikan,” jelas Luki.

Disamping itu, Luki juga menambahkan, dalam perjalanan pelayaran bantuan logistik ini juga dikawal dua orang personil Polres Tanjung Perak hingga penyerahan ke posko yang dituju di Palu.

“Dua anggota tersebut bertugas menyerahkan secara langsung ke posko yang ada disana,” katanya.

Foto bersama Kapolda Jatim bersama Kapolres Tanjung Perak bersama Kru kapal KM Lognus 1 dan Kacap Pelni Surabaya serta jajaran.

Sementara itu, Kepala Cabang PT Pelni (Persero) Surabaya, Presda Simangasing mengatakan, Kapal KM Logistik Nusantara (Lognus) I ini adalah kapal Tol Laut sebagai salah satu kapal dari tiga kapal yang disediakan Pelni untuk mengangkut bantuan logistik ke Sulawesi Tengah dari pelabuhan Tanjung Perak. Dua kapal lainya yaitu, KM Egon dan KM Labobar.

“Kapal Lognus I ini membawa 21 kontainer bantuan logistik ke Palu dari Polda Jatim ada 11 kontainer, UPT Perhubungan laut Jatim 1 kontainer dan 2 kontainer dari masyarakat yang dikumpulkan dari posko bantuan gempa tsunami Palu dan Donggala Tangjung Perak,” katanya.

Dalam pelayarannya ini, lanjut Presda KM Lognus I akan berangkat dari Surabaya menuju pelabuhan Tahuna Sulawesi Utara tapi sebelumnya kapal transit di pelabuhan makassar guna mengangkut tambahan muatan tol laut dan bantuan logistik dan dilanjutkan berlayar menuju pelabuhan Palu untuk menurunkan bantuan tersebut.

“Perincian muatan seluruhnya 90 kontainer dari Surabaya dan 80 kontainer barang Tol Laut serta 21 kontainer dari Surabaya ditambah 4 kontainer dari Makassar barang bantuan logistik untuk Palu,” terang Presda.

Menurut Perda, selain itu PT. Pelni juga telah memberangkatkan kapal KM Camara Nusantara 3 dengan membawa barang bantuan logistik untuk Palu kemarin (4/10). Dan juga akan menyusul kapal ternak KM Camara Nusantara 1 mengangkut bantuan masyarakat Jakarta dari pelabuhan Priok.

“Sedang, khususnya barang bantuan untuk korban gempa tsunami Sulawesi Tengah yang hendak diturunkan di pelabuhan Palu akan tiba sekitar empat hari lagi,” imbuhnya..

Senada, nakhodai kapal KM Logistik Nusantara I, Capt. Benny Andrian mengaku, kapal ini cukup besar yang memiliki GT 11.455 mempunyai kapasitas 520 kontainer dengan kecepatan rata-rata 8 knot per jam.

“Kapal home base nya ada di Surabaya dan trayeknya mengambil muatan dari Surabaya dan makassar menuju pelabuhan Tahuna Sulawesi Utara begitu trus perrgi pulang,” ujarnya. (RG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Baca Juga

Diskusikan Persoalan Terhangat POM AL Bersama Jajaran Terkait Duduk Bersama

SURABAYA – Coffee morning Community ...