Home » Umum » Ekbis » Step Market, PMS Lewat Customer Gathering Berharap “Growing Together In Harmony”
Direktur OT Pelindo Marine Service (PMS) saat memberikan pebghargaan keoada oara customer di acara Customer Gathering di Surabaya, Jum'at (3/5/2019).

Step Market, PMS Lewat Customer Gathering Berharap “Growing Together In Harmony”

SURABAYA – Setelah tujuh tahun hadir, PT. Pelindo Marine Service (PMS) yang merupakan salah satu anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III (Persero) membuat gebrakan menyelenggarakan malam apresiasi kepada pelanggan dan stakeholders dengan mengusung tema “Growing Together In Harmony” bertempat di Ballroom Sheraton Hotel Surabaya, Jumat (4/5/2019) malam.

“Growing Together In Harmony ini dipilih sebagai tagline acara ini dengan makna perwujudan dari tumbuh bersama dengan menciptakan harmonisasi antara PMS dan pengguna jasa, serta mitra guna mewujudkan pelayanan jasa secara global yang prima,” kata Direktur Utama PT Pelindo Marine Service (PMS), Eko Hariyadi Budiyono sesaat setelah membuka Customer Gathering Marine Service di Sheraton Hotel, Jum’at (3/5/2019) malam.

Menurut  Eko, kita ingin mengajak para stakeholders tumbuh kembang bersama tapi saling menghargai dan saling mengisi makanya kita mengambil tema itu karena juga tercermin dalam aktivitas pengembangan dari pada PMS yang tidak meninggalkan para stakeholdder dengan mengajak berkonsorsium. Contoh, dalam operasional kapal tunda, tidak semuannya kita berinvestasi sendiri karena kapal kadang-kadang over lape mkanya kita ajak teman-teman kecuali kapal khusus sulit untuk didapatkan.

“Bangsa Indonesia harus seperti itu, saling mengisi tidak harus berlomba-lomba saling mematikan sebab hal tersebut juga bisa mengifisienkan industri keuangan nasional,” ujarnya.

Disamping itu, lanjut Eko, kedua kita kita juga ingin menghargai para pelanggan dan stakeholders dengan memberikan penghargaan, makanya pada malam ini ada PMS Award sebagai rasa syukur atas pencapaian kita dan partner yang telah membantu dan mengembangkan bisnis perusahaan. Hal ini sejak berdirinya PMS baru kali ini digelar acara seperti ini, tidak lain PMS ingin berkembang dan maju tanpa harus meninggalkan para pihak yang telah mensupport hingga bisa bertengger tegak sebagai salah satu pelaku usaha di industri maritim dan kepelabuhanan.

“Bagi PMS ini hal pertama yang kita lakukan sejak berdiri tujuh tahun lalu dan nantinya akan menjadi agenda rutin, dan bisa saja kita mix dengan pihak lain yang biasanya hanya mengadakan customer award makanya kita mengajak pihak independen untuk menilai apakah mereka sudah puas dengan pelayanan PMS selama ini melalui survey, seperti yang telah dibagikan pada malam ini, dan nanti akan dipetakan, apa lagi yang perlu kita perbaiki,” jelas Eko.

Eko juga mengaku, kita memeng mengharapkan kritik dan saran langsung dari para mitra sehingga tidak ada lagi jika ada kekurangan PMS hanya dengar selentingan suara-suara sumbang yang dihembuskan di luaran. Untuk itu, kami berusaha terbuka menerima masukan agar bisa melakukan perbaikan secara keseluruhan.

“Itu kita anggap sebagai cermin, daripada ngrasani (membicarakan.red) di luar lebih baik langsung disampaikan, itu lebih baik dan Gentleman, Bisa juga itu sebagai ajang silaturahim,” ucapnya.

Disinggung, dengan prestasi yang telah dicapai, bagaimana sinergi yang dilakukan dengan group PMS, menurut Ehay sapaan mantan GM Tanjung Perak itu,  kedepan PMS bersama anak perusahaannya, yang jelas ada beberapa sistem yang akan kita shering baik IT, SDM, Sistem keuangan, dan market sama-sama mencari untuk lebih mengefisienkan maritm nasional. Itupun kita juga ajak stakeholder tadi, dan tidak bergerak sendiri.

Sehingga kita bisa menemukan ternyata bahwa market kita kurang makanya kita kumpulkan semua sehingga bisa memecahkan itu, Tidak hanya melulu sistem IT bagus, kapalnya banyak tapi kalau market kurang tidak ada artinya sehingga perlu dilakukan cara menembus market tersebut.

“Inisiatif marketnya harus lebih. Apa yang kita lakukan pada malam ini dengan mengumpulkan customer ini juga merupakan salah satu step market juga dan dapat sambutan positif dari mereka,” tandas Eko.

Jika biasanya Pelindo III acaranya lebih fokus ke kepelabuhanan, kali ini PMS sesuai dengan core bisnis mencoba mendekatkan dari sektor pelayarannya karena walau bagaimana kita juga tunduk pada Undang-undang Pelayaran makanya melalui sektor pelayaran membangun komunikasi yang baik.

“Persoalan kita kan ada di dalam Undang-Undang Pelayaran. Tidak ada undang-undang kepelabuhanan,” imbuhnya.

Di dalam era digital 4.0, Eko juga menambahkan, PMS sudah melakukannya dengan menerapkan di sistem operasional kapal-kapal tunda yang ada dengan memadukan teknologi IT dengan operasional bagaimana mengelolah managemen kapal itu sendiri.

“Kita sudah memulai modernisasi kapal, seperti kondisi kapal, kru, BBM sudah bisa dilihat dari aplikasi. Itu langkah kita di Maritime Four Point Zero, jadi bukan hanya pada industri saja,”

Sedang, bentuk apresiasi PMS  yang diberikan kepada customer pada malam ini, di antaranya, award untuk kategori The Best Partner In Government Service yang diberikan kepada PT Indonesia Bulk Terminal.

Kategori The Best Partner In Crew Ship Management yang diberikan kepada PT Ship Management Indonesia.

Kategori The Best Partner In Maintenance and Ship Building yang diberikan kepada PT Texco Indo Maritim.

The Best Supporting Customer yang dianugerahkan kepada PT Sinar Mas Maritim.

The Best Partner In Inovation yang diberikan kepada PT Semen Indonesia Logistic.

Untuk kategori The Best Consultant diberikan kepada ITS Tekno Sains.

Sedangkan untuk kategori The Most Loyal Vendor diberikan kepada PT Mahkota Restu Utama.

Kategori The Most Valuable Partner diberikan kepada PT Pelindo III regional Jawa Timur.

Dan untuk kategori The Most Inspiring Leader In Logistics Services diberikan kepada Kapten Wisnu Handoko.

Dari deretan Undangan, tampak hadir, KSOP Belawan, Sugeng Wibowo, KSOP Kotabaru-Batulicin, Capt. M. Hermawan, Kepala Distrik Navigasi Surabaya, M. Dahri, KSOP Semarang yang diwakili KTU, Nanang Afandi, KSOP Brondong, Ferry Agususetyo, perwakilan Syahbandar Tanjung Perak, perwakilan Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak, Ketua DPP INSA, Johnson W Sutjipto, Sekjen DPP IPERINDO, Anita Puji Utami, Komisaris PT PMS, Bambang Hasbullah, dan para direksi anak perusahaan PMS dan wakil dari jajaran Direksi PT Pelindo III, GM Pelindo III serta jajaran GM Pelindo III Cabang Lembar, Kupang dan para customer. (RG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Yayasan Muslim Sinar Mas Bantu Rekonstruksi Banten Pasca Bencana Alam

BANTEN – Sinar Mas mengisi ...