Persiapan Final, Bus Mudik Gratis Jasa Raharja Siap Di Berangkatkan

44
Kepala Jasa Raharja Cabang Jawa Timur, Suhadi didampingi Kabag Klaim, Yudi Prastowo, Rabu (29/5/2019).

SURABAYA – Jasa Raharja Jawa Timur telah siap memberangkatkan pemudik gratis sebanyak 2000 orang menggunakan 50 bus dengan 18 kota tujuan di 4 Provinsi yang akan diberangkatkan besok, Jum’at (31/5/2019) dari lapangan Makodam V Brawijaya Surabaya.

Kepala Jasa Raharja Cabang Jawa Timur, Suhadi mengatakan, resiko kecelakaan lalu lintas yang dihadapi masyarakat semakin tinggi, khususnya saat mudik yang dilakukan dengan menggunakan moda angkutan sepeda motor. Untuk itu, Jasa Raharja bersama mitra kerja terkait bersinergi untuk mengamankan, melancarkan serta membantu menekan angka kecelakaan lalu lintas dengan mengalihkan pemudik menggunakan Bus mudik gratis yang disediakan sebanyak 50 armada dengan tujuan 18 kota yang ada di 4 Provinsi di pulau Jawa.

“Mudik Bareng BUMN untuk 2 ribu orang yang akan diberangkatkan dari Lapangan Makodam V Brawijaya Surabaya besok pada tanggal 31 Mei 2019 telah kita siapkan,” ujarnya di selqq buka puasa bersama wartawan di salah satu resto di Surabaaya, Rabu (29/5/2019).

Menurut Suhadi, PT. Jasa Raharja (Persero) sendiri telah melaksanakan kegiatan Mudik Gratis untuk yang ke-12 kali sejak tahun 2008. Dan sasaran kegiatan Mudik Gratis Jasa Raharja antara lain untuk mengalihkan masyarakat yang mudik ke kampung halaman dengan Sepeda Motor agar menggunakan Bus supaya meminimalisir risiko laka lantas.

Baca Juga  Cek Kesiapan Supir Bus dalam Mudik Lebaran 2024, Jasa Raharja Pamekasan Laksanakan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

“Kegiatan ini juga merupakan langkah konkret peran Jasa Raharja dalam pencegahan kecelakaan,” terang Suhadi.

Mudik gratis yang diselenggarakan Jasa Raharja tahun ini mengalami penurunaan penyediaan busnya. Hal itu tak ditampik Suhadi yang menjelaskan, dari 50 bus yang dialokasikan turun dari tahun lalu dengan 55 bus. Sehingga kursi yang disediakan juga turun menjadi 2000 dari 2500 kursi tahun lalu.

“Ini kami sesuaikan dengan program yang telah dicanangkan pusat mas,” tandasnya.

Namun, dalam penyediaan bus kita tetap memilih jenis bus pariwisata bukan reguler debgan tahun minimal 2016 yang bekerjasama dengan Organda Jawa Timur. Hal itu dilakukan untuk kenyamanan dan keamanan para pemudik.

Sementara itu, pembukaan pendaftaran mudik gratis ini sendiri telah dimulai dari tanggal 1 sampai 30 April 2019, dan para calon pemudik harus melakukan daftar ulang mulai tanggal 7 sampai 17 Mei 2019. Untuk mensosialisasikan kegiatan mudik bareng BUMN ini, telah dilakukan publikasi melalui SMS Broadcast, Website Perusahaan, Media Sosial perusahaan, beberapa Media Cetak dan Online serta melalui Talkshow di Radio.

Baca Juga  Jasa Raharja Pamekasan Dukung Posko PAM Labaran 2024 di Kabupaten Sampang

“Bagi semua peserta mudik mendapatkan fasilitas baju kaos dan topi, Goodie Bag dan Snack, serta Obat-obatan,” imbuh Suhadi.

Guna menjawab standar Keselamatan tetap diutamakan, dengan melakukan rampcheck untuk bus yang digunakan, test urine serta sosialisasi keselamatan kepada pengemudi bus.

“Sebelum pemberangkatan dilakukan pengarahan kepada kru bus terkait apa-apa yang harus dilakukan selama membawa pemudik di perjalanan,” pungkasnya. (RG)

Dari untuk 18 kota tujuan mudik gratis ini antara lain:
1 Banyuwangi via Situbondo 1 bus
2 Banyuwangi via Jember 2 bus
3 Blitar 1 bus
4 Cepu 1 bus
5 Tulungagung 1 bus
6 Trenggalek 2
7 Magetan 1 bus
8 Madiun 3 bus
9 Ponorogo 4
10 Pacitan 2 bus
11 Solo 10
12 Yogyakarta 9 bus
13 Magelang 2
14 Semarang 3 bus
15 Tegal 1
16 Cirebon 2 bus
17 Tasikmalaya 3 bus
18 Bandung 2 bus
Total 50 bus yang melayani.

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE