Insan PMS Group Jadikan Semangat Qurban Rasa Ikhlas dan Berbagi

49
Dirut PT. Pelindo Marine Service (PMS) Eko Hariyadi Budiyanto saat melakukan penyembelihan sapi pertama qurban PMS Group, Ahad (11/8/2019).

SURABAYA – Gemuru takbir menyeruak di lingkungan PT Pelindo Marine Service (PMS) Group mengiringi prosesi penyembelihan hewan qurban yang diserukan seluruh pegawai yang merayakan Haru Raya Idul Adha 1440 H di tahun 2019 kali ini.

Prosesi penyembelihan hewan qurban anak perusahaan PT. Pelindo III (Persero) itu diawali oleh Direktur Utama PT. PMS, Eko Hariyadi Budiyanto yang melakukan terhadap seekor sapi terbesar warna coklat batu bata jenis Limosin dengan diiringi takbir dari seluruh pegawai yang hadir. Hal itu dilakukan sebagai wujud tauladan yang telah dilakukan Nabi Ibrahim AS

“Setiap tanggal 10 Dzul Hijjah, semua umat Islam yang tidak melaksanakan haji merayakan hari raya Idul Adha dengan ditandai penyembelihan qurban seperti yang saat ini kita lakukkan,” ujarnya sesaat setelah menjadi jagal sapi tambun PMS, Ahad (11/8/2019).

Penyaluran daging qurban dilingkungan masyarakat Tanjung Perak yang dilakukan langsung okeh Ehay sapaan akrab Eko Hariyadi.

Menurut Eko, kami menjalankan yang disunnahkan kepada umat Islam untuk berqurban dimana dengan menyembelih hewan qurban untuk kemudian dibagi-bagikan kepada seluruh masyarakat disekitar kantor maupun daerah lain yang telah kita tunjuk melalui penyaluran hewan qurban.

Baca Juga  Mudik Balik Ceria Penuh Makna di Pulau Sapeken, Pagerungan dan Kangean

“Tahun ini kami bisa sediakan 7 (tujuh) ekor sapi dan 12 kambing yang kita sembelih sendiri yang akan dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerima dan sebagian kita salurkan ke instansi dan beberapa tempat ibadah maupun yayasan,” terang Eko.

Eko mengatakan, Idul Adha bermakna menyuntikkan semangat berbagi kepada sesama. Selain itu, di dalam peringatan Idul Adha, terselip hikmah agar manusia senantiasa ikhlas berkorban sebagaimana yang telah ditauladani oleh Nabi Ibrahim AS.

“Idul Adha lahir dari sebuah peristiwa spiritual di mana Nabi Ibrahim dengan keikhlasan yang penuh menaati perintah-Nya untuk melepas sang anak, Nabi Ismail. Dan Nabi Ismail pun penuh ketaatan menjalankan perintah-Nya. Di sini ada pesan luar biasa agar manusia selalu ikhlas, tulus, tidak menghitung untung-rugi dalam pengabdian kepada Allah, yang di dalamnya juga terselip pesan untuk selalu membantu masyarakat,” ungkapnya.

Selanjutnya, Eko menambahkan, daging hewan kurban dari PMS Group akan didistribusikan ke masyarakat sekitarnya Tanjung Perak. Selain itu, daging hewan kurban ini juga akan distribusikan ke beberapa tenpat ibadah, pesantren dan panti asuhan serta dibagi dua instansi pemerintah.

Baca Juga  Gelar Apel Penutupan Posko Angleb 2024, KSOP Gresik Apresiasi Masyarakat Tak Nekat Bawa Barang Berbahaya Saat Mudik

“Dari 5 sapi dan 12 kambing yang terpotong di PMS group semuanya menjadi 887 kantong yang dibagikan langsung kepada warga sekitar Perak,” pungkasnya. (RG)

Sedang rincian distribusi daging sebagai berikut:
1. Mushola baitul mutaqin;
2. Panti aisyahtong,
3. Alfatimah, syifaul qulub,
4. Al amin,
5. Pesantren nurul huda,
6. Kebersihan makam siwalan,
7. Kedungdoro,
8. Wadungsari,
9. Kureksari,
10. Balungpol

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE