Dukung Gerak Serentak Pelindo III, Pelabuhan Gresik Berjibaku Bersihkan Terminal Penumpang

109
Pembersihan terminal penumpang pelabuhan Gresik oleh unsur maritim seirama yang dilakukan 4 wilayah Regional Pelindo III, Jum'at (13/3/2020).

GRESIK – Sejalan dengan yang diinstruksikan Regional Jawa Timur, Pelindo III (Persero) pelabuhan Gresik juga melaksanakan bersih-bersih terminal penumpang mensukseskan gerak serentak yang dicanangkan bersama 4 wilayah lainya guna antisipasi penyebaran virus Covid-19 atau Corona di lingkungan maritim kota pudak itu, Jum’at (13/3/2020) pagi.

Dengan mengambil waktu pelaksanaan yang sama dengan Tanjung Perak sebagai induknya, seluruh pegawai Pelindo III, jajaran kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Gresik serta jajaran Polsek KP3 Gresik berjibaku menyisir disetiap sudut ruangan terminal penumpang dan lingkungan sekitar pelabuhan Gresik membersihkan kotoran yang ada.

Foto bersama seluruh peserta giat bersih-bersih terminal penumpang Gresik.

General Manager Pelindo III Pelabuhan Gresik, Yanto mengungkapkan, gerakan bersih bersih ini mengikuti irama giat bersih-bersih yang dilakukan Pelindo III sebagaimana yang diperintahkan kantor pusat melalui regional masing-masing yang merupakan upaya dari dalam menekan resiko penularan virus Corona yang belakangan ini mulai meningkat di indonesia, terlebih pelabuhan merupakan salah satu pintu masuk dan keluarnya penumpang dari daerah.

“Kami lakukan gerakan bersih bersih ini mengikuti instruksi kantor pusat, dimana secara serentak diseluruh pelabuhan dan terminal penumpang kita yang tersebar di empat regional Pelindo III yaitu, Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan, dan Bali-Nusra,” ujarnya.

Baca Juga  Terima Tongkat Komando Capt. Heru Susanto, Agustinus Maun KSOP Tanjung Perak Ajak Semua Pihak Satu Bahasa

Kegiatan ini sendiri, lanjut Yanto, dilakukan sesuai agenda yabg diinisiasi kantor pusat. Tak hanya itu kami juga telah berkoordinasi terus dengan rekan- rekan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan yang memiliki wewenang tanggung jawab kesehatan untuk menyiagakan alat pendeteksi suhu badan atau thermal scanner di masing masing terminal penumpang.

“Namun begitu, dalam kesehariannya memang ada petugas cleaning service yang bertanggung jawab menjaga kebersihan terminal. Tapi hari ini dilakukan bersama unsur maritim serentak di seluruh pelabuhan pelindo III, dan diharapkan gerakan ini bisa menekan resiko penyebaran Covid-19,” kata Yanto mengutip peenyataan yang disampaikan Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo III Toto Heliyanto.

Secara rutin, Yanto menambahkan, perlakuan terhadap calon penumpng kapal ketika memasuki terminal petugas langsung lakukan cek suhu badannya dan diberi tanda stiker sebagai tanda telah melalui pemeriksaan identifikasi suspect Covid-19 sebagai langkah antisipatif.

“Kami juga menyediakan disetiap sudut-sudut ruangan terminal pembersih tangan. Khusus giat hari ini kami sediakan masker maupun sarung tangan,” akunya.

Baca Juga  Sesditjen Bersama Seluruh UPT Hubla se-Jatim dan Jateng Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Tanjung Perak

Sementara itu dari pihak kantor kesehatan pelabuhan kelas I Surabaya sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam hal kesehatan memberikan apresiasi langkah Pelindo III dalam upaya menekan penyebaran virus corona dengan melakukan kegiatan bersih bersih di lingkungan pelabuhan mereka, menurutnya upaya menekan resiko penyebaran virus corona tidak bisa dilakukan satu pihak namun bersama-sama.

“Pemeriksaan menjadi hal mutlak dilakukan sebelum kapal sandar guna memastikan seluruh yang ada diatas kapal diketahui Kondisinya, apakah clear atau suspect Corona sebagai langkah tindakan,” kata salah satu petugas KKP. (RG/red)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE