Konsumsi Empon-empon Cara Sehat Cegah Virus Corona

103
Gambar rempah-rempah tradisional atau yang lebih dikenal dengan sebutan Empon-empon di masyarakat.

SURABAYA – Merebaknya wabah virus Covid-19 atau yang dikenal dengan nama Corona memang menjadi momok bagi umat manusia di seluruh dunia, tak terkecuali masyarakat Indonesia. Menjawab kegelisahan itu, Guru Besar Universitas Airlangga (Unair), Prof Dr Mangestuti Agil mengajak masyarakat mengoptimalkan empon-empon atau rempah tradisional untuk di konsumsi guna mencegah virus Covid-19 masuk ke Indonesia, meski fakta terakhir yang disampaikan pemerintah ada dua korban dari WNI.

Prof Mangestuti menjelaskan, dunia sedang dihebohkan dengan adanya virus corona. Maka, diperlukan kekebalan tubuh yang maksimal agar terhindar dari kemungkinan terkena penyebaran virus corona yang semakin masif.

“Menjaga kekebalan tubuh bisa dengan empon-empon,” katanya di Surabaya, Selasa (3/3/2020).

Magestuti menambahkan, tubuh manusia yang sehat sudah dilengkapi dengan daya imun atau kekebalan tubuh yang baik untuk menjaga dari berbagai penyakit dan virus.

“Namun saat manusia lengah dan daya imun itu turun, maka penyakit dan berbagai virus akan mudah datang serta menyebabkan tubuh menjadi sakit,” tutur dosen Fakultas Farmasi Unair tersebut.

Baca Juga  Jurus Sapujagad KN. Bimasakti Boyong 303 Pemudik Jangkar-Raas

Untuk menjaga agar imunitas tetap terjaga dengan baik, kata dia, diperlukan berbagai upaya seperti adanya manajemen stres yang baik, menjaga pola makan, istirahat, dan olahraga yang teratur.

“Kesemuanya itu sudah satu paket. Jika dijalankan dengan baik maka imunitas akan kuat dan membuat manusia sehat. Terhindar dari virus seperti virus corona,” ucapnya.

Dia memberi contoh kunyit misalnya, memiliki antioksidan yang sangat baik untuk menguatkan kekebalan tubuh.
Selain kunyit, ada juga jahe. Jika tidak ada waktu membuat minuman dari kunyit, bisa membuat minuman dari jahe. Atau juga bisa mengonsumsi susu telor madu jahe (STMJ). (rud/pen)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE