Home » Umum » Ekbis » Pelindo III Lengkapi Terminal Penumpang Gapura Surya Dengan TSC
Uji Coba Pengoperasian Thermographic Screening Camera (TSC) di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN), Jum'at (17/7/2020).

Pelindo III Lengkapi Terminal Penumpang Gapura Surya Dengan TSC

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

SURABAYA – PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Regional Jawa Timur menyelenggarakan Acara Uji Coba Pengoperasian Thermographic Screening Camera (TSC). Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi pencegahan penyebaran dan penularan Virus Covid-19 di terminal penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN)Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jum’at (17/7/2020).

CEO PT Pelindo III (Persero) Regional Jatim, Onny Djayus mengatakan, berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : HK.01.07/MENKES/247/2020 tanggal 09 April 2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), diwajibkan kepada semua fasilitas publik yang melayani transportasi penumpang seperti pelabuhan kapal laut, bandara udara, stasiun kereta api dan terminal bus /angkutan umum untuk melakukan pemasangan Thermographic Screening Camera (TSC) sebagai langkah antisipasi pencegahan penyebaran dan penularan Virus Covid-19.

“Sebanyak 4 Unit perangkat Thermographic Screening Camera (TSC) telah dipasang pada pintu masuk ruang tunggu utama Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara dan digunakan efektif mulai tanggal 03 Juni 2020,” katanya.

Sedangkan di pelabuhan utama lainnya di wilayah kerja PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), lanjut Onny, instalasi Thermographic Screening Camera (TSC) juga telah dipasang masing – masing di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada tanggal 10 Juni 2020, Pelabuhan Benoa Bali pada tanggal 14 Juni 2020 dan Pelabuhan Kumai pada tanggal 19 Juni 2020.

“Perangkat Thermographic Screening Camera (TSC) tersebut dilengkapi televisi dan sensor pemindai suhu tubuh yang dapat secara langsung mendeteksi suhu panas tubuh penumpang dari jarak 5 meter,” tetang Onny.

Onny juga menambahkan, cara kerja dari alat tersebut, sensor alarm akan berbunyi apabila ada penumpang yang dicurigai sebagai suspect Covid-19 dengan suhu tubuh lebih dari 38 derajat Celsius.

“Tujuan dari pemasangan alat tersebut adalah untuk memudahkan dan mempercepat kerja petugas operasional layanan penumpang kapal laut dalam melaksanakan Protokol Pemeriksaan Kesehatan yang mulai diterapkan di Era New Normal saat ini,” pungkasnya. (RG)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

10 Tahun Berjuang Siam Maspion Terminal Akhirnya Jadi BUP Umum

Share this...FacebookTwitterSURABAYA – PT Siam ...