Home » Umum » Ekbis » Bergelut Ditengah Pandemi PT Adiluhung Mampu Tuntaskan Tahap Pembangunan Kapal Pesanan Aceh
Kapal RoRo KMP Aceh Hebat 2 milik Pemerubtah Daerah Aceh yang dibangun di galangan PT Adiluhung Saranasegara Indonesia (ASSI) saat diluncurkan, Jum'at (16/10/2020) malam.

Bergelut Ditengah Pandemi PT Adiluhung Mampu Tuntaskan Tahap Pembangunan Kapal Pesanan Aceh

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

BANGKALAN – PT Adhiluhung Saranasegara Indonesia (ASSI) lakukan peluncuran kapal Roll On – Roll Of (RoRo) KMP Aceh Hebat 2 kapal pesanan Pemeeinrah Daerah Aceh setelah menyelesaikan 94 persen tahap pembangunannya dalam waktu setahun ini yang disaksikan secara langsung oleh Plt Gubenur Aceh, Ir. H. Nova Iriansyah, MT di dermaga galangan ASSI Socah, Bangkalan Madura, Jum’at (16/10/2020) malam.

Saat penandatanganan oleh kedua belah pihak terkait peluncuran KMP Aceh Hebat 2.

Direktur Utama PT Adiluhung Saranasegara  Indonesia (ASSI), Anita Pudji utami, ST dalam sambutanya mengatakan,  kami haturkan terima kasih kepada bapak Plt Gubenur Aceh, Ir. Nova Iriansyah yang telah hadir setelah tahun lalu hadir pula dalam peletakan lunas pembangunan kapal KMP Aceh Hebat 2. Meski sempat mengalami kendalam saat adanya lock down di beberapa negara yang memproduksi komponen-komponen yang digunakan dalam pembangunan  kapal tersebut seperti Belanda, tetapi alhamdulillah minggu kemarin komponen yang dibutuhkan sudah datang semua.

“kami sempat mau mengajukan permohonan reschedule kembali deleveri kapal tersebut, tetapi alhamdulillah , insya’alloh kapal dapat selesai nanti di tahun anggaran ini,” tutur Anita.

Anita juga mengatakan permohonan maaf kembali kepada semua yang hadir, pelucuran ini baru dapat dilakukan pada malam hari dengan pertimbangan air pasang tertinggi pada bulan Oktober 2020 jatuh pada malam ini. Pelaksanaan peluncuran ini menurutnya adalah tahapan pembangunan kapal dimana sebelumnya telah dilakukan acara Keel Laying atau peletakan lunas kapal pada 21 Oktober 2019 tahun lalu.

“Peluncuran ini merupakan suatu rangkaian   di dalam proses penyelesaian kapal sebelum kapal tersebut di serah terimakan yang sekaligus menunjukkan bukti pelaksanaan dan komitmen kami atas kepercayaan pemerintah daerah Aceh,” katanya.

Bahkan, lanjut Anita, dalam pelaksanaan pembangunannya keseharian dilakukan pengawasan oleh pihak KPA, PPTK maupun oleh BKI serta kesyahbandaran  terhadap pekerjaan yang dilakukan secara blok sistem dimana melewati proses fabrikasi, assembling dan erection sehingga progress sampai hari ini telah mencapai 94 persen dengan houle construction adalah 100 persen  serta sudah dilakukan pengujian oleh BKI dan dinyatakan lulus. Demikian juga sistem pipa 97,9 persen, permesinnan sudah 85 persen , kelistrikan 98,56 persen, serta interior 99,50 persen.

Deliveri kami scedulkan pada tanggal 21 dan tanggal 22 Desember 2020 dilakukan serah terimanya, Kami harapkan scedul ini bisa on time nantinya, syukur-syukur bisa lebih cepat,” papar Anita.

Di tempat yang sama, Plt Gubenur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, MT mengaku senang dengan progres pencapaian pembangunan kapal pesanan pemerintah Aceh kepada galangan  kapal PT Adiluhung yang telah mencapai sekitar 95 persen, dimana capaian itu sesuai jadwal yang telah kita sepakati bersama dalam perjanjian kontrak kerja yang telah ditandatangani tahun lalu. Kapal ini mempunyai bobot 1100 GT yang nantinya akan dioperasikan untuk melayani masyarakat lintas penyeberangan  Ulee Lheue Banda Aceh – Balohan Kota Sabang oleh Dinas Perhubungan Aceh.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak galangan yang telah menyajikan performa kerja begitu baik, jauh dengan waktu kontrak belum berakhir kapal sudah bisa diluncurkan. Insya’alloh awal Desember 2020 sudah bisa selesai 100 persen, dan diserah terimakan di Banda Aceh,” harapnya.

Foto bersama para oihaj yang hadir berlatar belakang KMP Aceh Hwbat 2.

Nova juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang yang terkoneksi dengan Adiluhung yang telah banyak membantu saya ucapkan terima kasih. Dan saya yakin nantinya kapal ini akan membawa manfaat yang sangat besar bagi konektifitas di Aceh, dan utamanya memang konsep utamanya kapal ini adalah  untuk mengangkut wisatawan yang akan menuju Sabang. Dan multi player efeknya adalah untuk mengangkat pertumbuhan ekonomi khususnya di Aceh. Kalau ini nanti sudah berjalan seperti adanya, tentunya kita punya catatan sangat baik terhadap PT Adiluhung dan seluruh masyarakat Maduran dan Jawa Timur.

“Saya pikir akan ada kerjasama-kerjasama yang konstruktif lainya yang akan kita jalin di kemudian hari. Terimakasih selamat kepada kita semua, kegembiraan ini adalah kegembiraan kita semua dan seluruh rakyat Indonesia,” ungkapnya.

Penyematan nama Aceh Hebat 2 pada kapal  itu ada arti tersendiri bagi masyarakat Aceh, lanjut Nova, Dia menyebut, kata Aceh Hebat 2 merupakan tag line ketika dirinya bersama pasangan maju dalam pilkada tahun 2017 lalu. Tag line ini adalah rangkuman abstraksi dari 15 program unggulan visi-misinya yang dicatat sebagai  dokumen negara, dan janji itu harus ditunaikan yang kemudian tag line itu kita angkat sebagai salah satu program unggulan dengan membangun 3 kapal untuk tiga titik penyeberangan  di Aceh yang dilakukan oleh tiga perusahaan pemenang lelang yang sangat profesional.

“Adiluhung salah satu yang terhebat yang mengerjakannya disamping satu kapal 1300 GT di Tanjung Balai Karimun, dan 800 GT di Tegal, kenapa begitu karena dilakukan mekanisme lelalng yang dijalankan dengan baik tanpa ada unsur-unsur yang tidak diinginkan. Adiluhung salah satu yang terbaik,” jelas Nova.

Saat ini, lanjut Nova, pemerintah Aceh baru memiliki satu kapal hibah dari Kementerian Perhubungan 1000 GT

“Membangun kapal ini itu adalah yang pertamma kita lakukan multiyears tahun 2019-2020 berjumlah 3 unit, dan salah satunya di galangan Adiluhung Bangkalan,” tandasnya.

Adapun spesifikasi teknis kapal KMP Aceh Hebat 2 :

Panjang keseluruhan  63,75 meter

Panjang LPP 57,23 meter

Lebar 13, 6 meter

Tinggi 3,9 meter

Sarat maksimum 2,8 meter

Kecepatan 13 knot

Kapasitas penumpang 252 orang

Kapasitas kendaraan 26 unit campuran

Dalam accara peluncuran kapal KMP Aceh Hebat 2 itu, hadir pula Kepala Dinas Perhubungan Aceh, Junaidi, ST. MT, Kepala UPP Kelas III Telaga Biru, Ir. Bambang Sugiarto, S.IP, MM, Ketua DPP GAPASDAP Khoiri Soetomo, Komisaris PT ASSI, Erwin H Poedjono, perwakilan BKI, Kurniawan, SE, perwakilan Syahbandar Tanjung Perak, Ari Setyanto, ST, Ketua IPERINDO, Momon Hermono dan Sekjen Andi Yusuf, dan perwakilan perusahaan galangan di Jawa Timur, dan Tim monitoring Dishub Aceh, perwakilan Jasa Raharja Putra. (RG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Dukung Peningkatan SDM Transportasi Laut Syahbandar dan Poltekpel Surabaya MoU

Share this...FacebookTwitterSURABAYA – Syahbandar Utama ...