Home » Umum » Ekbis » Bersama Pemprov Pelindo III Regional Jatim Selenggarakan Drill Penanganan Kebakaran di Tanjung Wangi
Pelindo III Regional Jatim bersama Disnakertrans Provinsi Jawa Timur saat menyelenggarakan acara Drill Penanganan Kebakaran di pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi, Rabu (24/2/2021).

Bersama Pemprov Pelindo III Regional Jatim Selenggarakan Drill Penanganan Kebakaran di Tanjung Wangi

Sebarkan

titikomapost.com, BANYUWANGI – PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Regional Jawa Timur terus berupaya seluruh pelabuhan di wilayahnya memiliki Tim Pemadam Bahaya Kebakaran (PBK) yang handal agar sigap dalam menghadapi kejadian kebakaran di lingkungan kerjanya.

Untuk itu, dalam rangka pelaksanaan Pembinaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Timur, Tim Pemadam Bahaya Kebakaran (PBK) PT. Pelindo III menyelenggarakan acara Drill Penanganan Kebakaran melalui Pendampingan Uji Coba Media Form pada Mobil Pemadam Kebakaran (PMK) di Pelabuhan Tanjung Wangi – Banyuwangi yang diikuti sekitar 20 (dua puluh) orang pegawai dan tenaga ahli daya di lingkungan, Rabu (24/2/2021).

Peserta pelaksanaan Driil Penaganan kebakaran di Pelindo III Tanjung Wangi.

Agustinus Tri Hartanto, Staf Senior Health, Safety and Security Environment (HSSE) Pelindo III Regional Jatim, mengatakan, kegiatan Simulasi Penanganan Bahaya Kebakaran tersebut diselenggarakan guna meningkatkan kapabilitas petugas PBK di Pelabuhan Tanjung Wangi – Banyuwangi melalui pengoperasian Mobil PMK jenis air yang kemudian dimodifikasi menjadi jenis foam. Hal tersebut penting untuk dilakukan secara rutin mengingat Kegiatan Bongkar Muat di Pelabuhan Tanjung Wangi – Banyuwangi saat ini didominasi dengan Kegiatan Curah Cair Jenis Bahan Bakar Minyak (BBM) dimana media pemadaman yang diperlukan adalah jenis foam.

“Tujuan dari pelaksanaan kegiatan tersebut adalah agar seluruh personil PBK di lingkungan kerja PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Regional Jawa Timur dapat terus meningkatkan keahliannya dalam memadamkan api dengan menggunakan media pemadam kebakaran jenis foam yang disemprotkan melalui pengoperasian mobil PMK,” katanya.

Menurut Agustinus, Agenda Drill Penanganan Kebakaran ini adalah sebagai praktik langsung di lapangan setelah mengikuti Webinar Penanganan Kebakaran di Lingkungan Regional Jawa Timur yang telah diselenggarakan 2 (dua) minggu lalu. Sedang kegiatan itu sendiri dilakukan dengan pendampingan langsung dari Staf PBK Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

“Ada 84 (delapan puluh empat) orang staf operasional HSSE di 4 (empat) cabang pelabuhan Pelindo III Regional Jatim yang telah mengikuti webiner sebelumnya pada, Jum’at tanggal 5 Februari,” jelas Agustinus.

Kedelapan puluh empat peserta webiner itu meliputi dari Pelabuhan Gresik, Pelabuhan Tanjung Wangi – Banyuwangi, Pelabuhan Tanjung Tembaga – Probolinggo, Pelabuhan Kalianget, Pelabuhan Kalimas dan Pelabuhan Tanjung Perak – Surabaya terutama yang berkerja di Terminal Jamrud dan Terminal Nilam Mirah.

“Agenda acara tersebut diselenggarakan sebagai bagian dari Jadwal Rangkaian Bulan K3 Nasional Tahun 2021 di Pelindo III Grup melalui pembinaan secara langsung oleh Disnakertrans Provinsi Jawa Timur guna memenuhi persyaratan memenangkan penghargaan Lomba K3 Tingkat Provinsi dan Nasional Tahun 2021,” pungkasnya. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Sebarkan
x

Check Also

Meski Tak Ada Mudik KSOP Tarakan Tetap Pastikan Kapal Penumpang Laik Dengan Uji Petik

Sebarkantitikomapost.com, TARAKAN – Pemerintah resmi ...