Home » Lifestyle » Kesehatan » Pelabuhan Malundung Tarakan Pun Sudah GeNose C-19
Kepala KSOP Kelas III Tarakan, Capt. H.M Hermawan, S.Sit, MM,M.Mar (kiri) bersama GM Pelindo IV Cabang Tarakan, Darwis saat meresmikan pemberlakuan layanan GeNose C-19 di pelabuhan Malundung, Tarakan, Selasa (18/5/2021).

Pelabuhan Malundung Tarakan Pun Sudah GeNose C-19

Sebarkan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

titikomapost.com, TARAKAN – Pelabuhan Malundung Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara telah menyediakan fasilitas pelayanan pemeriksaan GeNose C-19 yang peresmiannya dilakukan pada hari Selasa (18/5) oleh Kepala KSOP Kelas III Tarakan bersama pihak terkait, setelah beberapa pelabuhan utama lebih dulu memberlakukannya.

“Alhamdulillah, ini merupakan salah satu upaya untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19, yang terus berpotensi meningkat melalui mobilitas manusia atau perjalanan orang, khususnya melalui transportasi laut,” kata Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Tarakan, Capt. H.M Hermawan, S.Sit, MM,M.Mar sesaat setelah meresmikan pemberlakuan layanan GeNose C-19 di pelabuhan Malundung, Tarakan, Selasa (18/5/2021).

Kepala KSOP Kelas III Tarakan, Capt. H.M Hermawan, S.Sit, MM,M.Mar saat mencoba test GeNose C-19

Pada kesempatan itu, Hermawan juga memberi apresiasi dan terima kasih kepada PT. Pelindo IV Cabang Tarakan serta pihak terkait yang telah bersinergi dan berkoordinasi dengan baik dalam mewuyudkan penggunaan alat tes GeNose C 19 di Pelabuhan Malundung. Penggunaan alat ini merupakan salah satu bagian dari protokol kesehatan dalam kebiasaan baru, yang perlu ditingkatkan demi terciptanya kehidupan yang produktif dan aman dari Covid 19.

“Itu sebagai salah satu upaya untuk mencegah tenjadinya peningkatan penularan Covid 19, dengan melakukan pembatasan pelaku perjalanan pengguna moda transportasi di laut maupun darat, dan udara,” jelasnya.

Menurut Hermawan, penggunaan GeNose sebagai salah satu persyaratan penumpang kapal, telah tercantum dalam Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 SE Nomor 12 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid 19). Penggunaan alat tes GeNose C 19 pada sektor transportasi laut sendiri sudah dimulai sejak peluncuran pertama di Pelabuhan Tanjung Priok pada awal April lalu.

“Ini juga merupakan bentuk kontribusi kita kepada negara dengan memberikan penyelenggaraan pelayanan perhubungan yang andal, berdaya saing dan memberikan nilai tambah, serta membantu meningkatkan perekonomian masyarakat secara umum dan pengguna jasa transportasi laut dan kepelabuhanan secara khusus,” ungkapnya.

Sementara itu, General Manager (GM) Pelindo IV, Darwis mengatakan, mulai hari ini para calon penumpang kapal di Pelabuhan Malundung bisa menggunakan fasilitas GeNose C-19 hingga pukul 22.00 WITA

“Sekarang stok kantong sampel yang ada sebanyak 5000 unit, jadi sudah sangat siap untuk melayani bagi calon penumpang Pelabuhan Malundung,” terangnya.

Dalam pelaksanaannya, lanjut Darwis,  telah tersedia 2 unit mesin GeNose untuk saat ini. Untuk lamanya proses, mulai dari pendaftaran hingga rangkaian pemeriksaan GeNose diperkirakan akan memakan waktu kurang lebih 2 sampai 3 menit sampai terima hasil.

“Jika memang dibutuhkan pihaknya akan melakukan penambahan unit,” tandas Darwis.

Sedang waktu layanan GeNose C-19, terminal Malundung menyesuaikan dengan jadwal penumpang karena hanya ada 4 sampai 6 kapal dalam sebulan. Jam pelayanan juga menyesuaikan dengan jam kedatangan kapal, jadi sehari sebelumnya sebelum kapal datang baru dibuka.

“Untuk tarif GeNose C-19 pelabuhan Malundung pun sama dengan Bandara Juwata Tarakan, yakni sebesar Rp 50 ribu dalam sekali pengambilan sampel,” pungkasnya. (RG/TK)

 

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Sebarkan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
x

Check Also

Arus Balik Test Rapid 2.374 Penumpang Kapal di Kaltara 1 Orang Reaktif

Sebarkan     titikomapost.com, TARAKAN -Dalam rangka pencegahan ...