Bertolak Dari Kalimas Tujuan Balikpapan KM Fajar Nusantara Tenggelam di Sapudi

95
14 Kru kapal Km Fajar Nusantara yang selamat ditolong nelayan tiba di Dermaga pelabuhan Panarukan pasca dibalik ombak, dan tenggelam di perairan Kaloang Sapudi, Sumenep, Madura, Jawa Timur pada hari Selasa (21/6/2022) sekitar pukul 21.14 WIB.

 titikomapost.com, SURABAYA – KM Fajar Nusantara GT 445 milik pelayaran PT Satya Permai tenggelam di perairan Sapudi kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur pada posisi koordinat : 07009’08.1” LS // 114015’55,1” BT (sebelah barat pulau sapudi) setelah disapu ombak. Beruntung dalam kejadian itu, 14 kru kapal yang bermuatan cargo campuran itu selamat ditolong nelayan yang melintas, dan selanjutnya dibawa ke Panarukan, Situbondo, Jawa Timur.

Diketahui, kapal KM Fajar Nusantara Call Sign: YFKZ berbendera Indonesia yang di nakhodai Satria Kukuh Pratama dengan anak buah kapal (ABK) 13 orang itu lepas tali dari pelabuhan Kalimas, Tanjung Perak, Surabaya berlayar menuju Balikpapan, Kalimantan Timur pada hari Minggu (19/6/2022) sekitar pukul 15.02 WIB tenggelam setelah diterjang ombak saat berlindung di seputaran pulau Sapudi pada hari Selasa (21/6/2022) sekitar pukul 21.14 WIB.

Lokasi koordinat tenggelamnya kapal cargo KM Fajar Nusantara di perairan Sapudi, Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Pasca diterjang ombak, kondisi KM Fajar Nusantara yang tenggelam di perairan sapudi dipastikan sudah ditemukan seluruh awak kapal selamat dievakuasi nelayan, dan diboyong ke Panarukan.

Baca Juga  Mudik Balik Ceria Penuh Makna di Pulau Sapeken, Pagerungan dan Kangean

“Sudah ditemukan,” ujar Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Sapudi, Rudy Susanto saat dihubungi titikomapost.com, Rabu (21/6/2022).

Hal itu senada dengan keterangan yang di dapat dari nakhoda yang menyatakan bahwa kapal awalnya di dorong ombak hingga dorongan yang besar yang mengakibatkan kapal tenggelam.

“Ombaknya lumayan besar, tadi malam itu kena ombak besar sekali terus kapal terbalik. Alhamdulillah kami semua selamat diselamatkan oleh nelayan,” kata Satria.

Sebelumnya, ada informasi dari Kantor SAR Surabaya jika ada kecelakaan laut yang menimpa kapal KM Fajar Nusantara tenggelam di Perairan Kaloang Sapudi, Sumenep Madura, Jatim pada posisi ( 07 ° 09 ‘ 08,1 ”  S   114 ° 15’ 55,1 E ) yang diperoleh dari Stasiun Radio Pantai (SROP) Surabaya dengan jarak dari Dermaga Navigasi Tanjung Perak menuju LKK : 92 Nm ( garis lurus ).

“Ditindaklanjuti Kantor SAR Surabaya dengan mengerahkan KN (Kapal Negara) SAR 234 Antasena berikut dengan para personel untuk mencari para penyintas di lokasi kejadian,” info SAR Tholib Mahameru.

Baca Juga  Korwil UPT Ditjen Hubla Jawa Timur Bersama KUPP Kelas III Sapudi Kawal Arus balik Santri Sapudi

Sedang, untuk kronologi kejadian yang di infokan kepala UPP Sapudi, Rudy mengirimkan by whatsapp bahwa KM. FAJAR NUSANTARA dengan jumlah kru kapal 14 orang berangkat dari Tanjung Perak Surabaya tujuan Balikpapan tgl 19-06-2022 pukul 15.02 WIB, pada koordinat 07°09’08.1”S / 114°15’55.1”E.  Tgl  21-02-2022 jam 21.14 wib kapal tidak jadi melintasi perairan laut jawa dikarenakan cuaca tidak bersahabat, sehingga kapal berputar arah dan berlindung disekitar pulau Sapudi.

Pagi ini telah ditemukan sebanyak 14 crew kapal dengan selamat oleh nelayan Bapak Munadi dan dibawa ke dermaga pelabuhan Panarukan. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE