Home » Umum » Politik & Pemerintahan » Reshuffle Kabinet Jokowi Lantik Dua Menteri dan Tiga Wamen
Suasana prosesi pelantikkan Dua Menteri dan Tiga Wamen hasil reshuffle Kabinet oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/6/2022). (Ist)

Reshuffle Kabinet Jokowi Lantik Dua Menteri dan Tiga Wamen

Sebarkan

titikomapost.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi)  secara resmi telah melakukan perombakan (reshuffle) kabinet dengan mengakat dua orang menteri dan tiga orang wakil menteri dalam sebuah pelantikan di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Dalam pelantikan tersebut, hadir pula para menteri Kabinet Indonesia Maju seperti Airlangga Hartarto dan ketua umum partai politik pendukung pemerintahan Jokowi-Ma’ruf antara lain Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar sampai Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh.

Prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan surat keputusan presiden perihal pengangkatan dan pemberhentian para menteri dan wakil menteri. Yang nantinya disusul kemudian dengan pengucapan sumpah jabatan dan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Jokowi dan para hadirin.

Mereka yang dilantik adalah sebagai berikut:

Zulkifli Hasan : Menteri Perdagangan (menggantikan Muhammad Lufti)
Hadi Tjahjanto : Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (menggantikan Sofyan Djalil)
Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (menggantikan Surya Tjandra)
John Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri
Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, reshuffle kabinet bukan hal yang tiba-tiba. Ia telah dipertimbangkan secara matang disertai diskusi panjang.

“Presiden memerlukan semacam refreshing dari beberapa menteri dan wakil menteri,” ujar Pramono kepada wartawan dikutip dari cnbcindonesia.

Menurut Pramono, dilakukannya reshuffle kabinet semua itu tak lepas dari momentum.

“Ada dua menteri dan tiga wamen yang dikukuhkan presiden. Mudah-mudahan ini akan memperkuat kabinet yang ada,” pungkasnya. (are/red)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Sebarkan
x

Check Also

Tempati Kantor Baru KSOP Kotabaru-Batulicin Tingkatkan Performa Layanan

Sebarkan     titikomapost.com, BATULICIN – Komitmen Kementerian ...