Irjen Teddy Minahasa Tercatat Kapolda Jatim Tersingkat  

150
Irjen Pol. Teddy Minahasa Putra menjabat Kapolda Jawa Timur tersingkat hanya 4 hari setelah TR NOMOR: ST/2134/X/KEP/2022 tertanggal 10/10/2022 dibatalkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit pada Jum'at (14/10/2022). (Ist)

titikomapost.com, SURABAYAIrjen Pol. Teddy Minahasa Putra merupakan pimpinan polisi daerah tercepat dalam memangku jabatan sebagai Kapolda Jawa Timur (Jatim) yang hanya dalam waktu 4 hari sejak TR NOMOR: ST/2134/X/KEP/2022 tertanggal 10/10/2022 yang diterimanya dibatalkan oleh Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo pada hari Jum’at (14/10/2022).

Laki-laki kelahiran Minahasa Sulawesi Utara itu tercatat sebagai Kapolda tersingkat yang ada di Jatim dibanding para pendahulunya. Pasalnya, jabatan strategis orang nomor satu di jajaran Kepolisian yang membawa wilayah Provinsi Jawa Timur (Jatim) itu hanya disandangnya dalam hitungan hari yang tidak genap seminggu pasca dirinya ditangkap Divisi Propam Polri dalam kasus Narkoba.

Hal itu tertuang dalam surat telegram yang diterbitkan Sigit pada Jumat (14/10/2022).

“Irjen Pol Drs Toni Harmanto MH NRP 65100566 Kapolda Sumsel diangkat dalam Jabatan Baru Sebagai Kapolda Jatim,” demikian isi surat telegram terbaru Kapolri seperti dilansir dari kompas.com.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo membenarkan Teddy Minahasa dimutasi melalui surat telegram itu.

Baca Juga  Pastikan Kelancaran Arus Balik, Jasa Raharja, Kemenko PMK, Kemenhub, dan Korlantas Polri Tinjau Pelabuhan Panjang dan Bakauheni

“Ya betul, pembatalan Irjen Pol TM, penggantian para kapolda yang pensiun, dan promosi lainnya guna meningkatkan kinerja organisasi,” kata Dedi kepada wartawan.

Dalam surat telegram itu, Irjen Pol Teddy Minahasa yang awalnya dimutasikan sebagai Kapolda Jawa Timur (Jatim) kini diubah menjadi pejabat tinggi (Pati) Pelayanan Markas (Yanma) Mabes Polri.

Sementara, Kapolda Jatim yang masa jabatannya berhasil ditumbangkan atas singkatnya menjabat yang disandang Irjen Pol (Purn) Untung Suharsono Radjab yang dalam kariernya di dunia kepolisian, alumni Akpol tahun 1977 ini dikenal sebagai salah satu kapolda dengan masa jabatan tersingkat sebelum disingkirkan Irjen Teddy.

Diketahui, pada 14 Maret 2011, Untung didaulat menjadi Kapolda Jawa Timur. Setelahnya, sekitar 30 Juni 2011, Telegram Rahasia (TR) Polri keluar dan mengatakan dirinya yang dipindahtugaskan ke Polda Metro Jaya.

Jika melihat rentang waktu tersebut, Untung Suharsono Radjab hanya menjabat Kapolda Jawa Timur sekitar 3,5 bulan saja. Akan tetapi, setelah itu dia langsung diresmikan sebagai Kapolda Metro Jaya. (RG/red)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE