Setahun Pelindo Dilebur, TTL Makin Mantapkan Layanan

59
Aktivitas bongkar muat di Terminal Teluk Lamong (TTL).

titikomapost.com, SURABAYA – Satu tahun Pelindo bersatu, Terminal Teluk Lamong (TTL), anak usaha dari Sub Holding Pelindo Terminal Petikemas (SPTP) semakin memantapkan langkah untuk meningkatkan layanan bagi pengguna jasa melalui peningkatan kinerja dan inovasi. Berikut beberapa catatan capain kinerja TTL.

Capaian yang dicatatkan dari segi operasional, TTL dipercaya melayani 2 (dua) servis internasional baru, yakni CIX Service dengan rute Jakarta – Semarang – Surabaya – Qingdao – Shanghai  dan CIS Service dengan rute Jakarta – Surabaya – Ningbo – Nansha yang dioperatori Meratus Line dan Bengal Tiger Line. Service ini dilayani di TTL dengan jadwal window Kamis-Jumat (two weekly service) dengan total B/M sampai dengan Agustus 2022 telah mencapai 5.361 TEUs.

Layanan domestik juga mencatatkan adanya rute baru Surabaya – Berau dan rute Surabaya – Tarakan yang dioperatori oleh Meratus Line dan Salam Pacific Indonesia Line (SPIL). Service ini dilayani di TTL dengan jadwal window sekali dalam seminggu (weekly service) dengan total B/M sampai dengan Agustus 2022 telah mencapai 6.415 TEUs.

Baca Juga  Jasa Raharja Kunjungi PO Megah Putra Mandiri Dorong Kepatuhan Pajak dan Iuran Wajib Kendaraan Bermotor Umum

“Kami berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan customer kepada TTL, kami selalu siap menjamin kinerja bongkar muat tetap tinggi untuk menunjang kelancaran arus logistik di saat ekonomi nasional mulai menggeliat paska pandemi” ujar Faruq Hidayat, Direktur Utama PT Terminal Teluk Lamong.

Ditahun awal merger Pelindo, fasilitas dermaga Petikemas internasional dan domestik telah ditambah panjangnya 150m dan tepat 18 Oktober 2021 dioperasikan untuk pertama kalinya melayani MV Alabama. TTL juga menambahkan fasilitas longroom untuk pemeriksanaan bea dan cukai menjadi 13 unit longroom. Bukan hanya pada kinerja dan penambahan fasilitas, namun Inovasi di bidang operasional juga dilakukan oleh TTL guna mempercepat layanan bongkar muat dengan mengimplementasi sistem RFID untuk pola operasi di Container Yard

Disisi lain, selama 1 tahun terakhir ini TTL juga berinovasi dalam mengembangkan 8 aplikasi berbasis Teknologi Informasi untuk pengaturan jadwal sandar kapal, monitoring roster kerja pegawai operasional, monitoring proses maintenance, pengelolaan bidang Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3), dimana seluruh aplikasi tersebut difungsikan untuk mendukung setiap lini proses bisnis TTL.

Baca Juga  Jasa Raharja Probolinggo Gelorakan Kampanye Keselamatan Bersama Perusahaan Otobus

Tidak hanya itu saja, sebagai perwujudan Green Port TTL tidak berhenti melakukan berbagai inovasi bidang lingkungan seperti pemasangan solar cell di gedung CFS dan gedung utama yang dapat mensupply listrik untuk kebutuhan operasioanal gedung, pengadaan fasilitas gerobak listrik untuk proses pengelolaan sampah, serta pengadaan motor listrik untuk di area operasional.

Dari berbagai capaian yang ada, TTL mendapatkan apresiasi dari stakeholder eksternal melalui award yang diterima perusahaan, diantaranya SNI Award yang diberikan oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN). Nihil kecelakaan, P2 HIV/AIDS, P2 Covid dan implementasi 5R/5S dari Kementerian Tenaga Kerja RI. TOP CSR yang diberikan oleh TOP Bussines, serta yang terbaru penghargaan Industry Marketing Champion dari Mark Plus.

Satu tahun Pelindo bersatu, TTL terus berupaya untuk meningkatkan kinerjanya hingga mampu berkontribusi dalam mendukung visi Pelindo guna menjadi pemimpin ekosistem maritim terintegrasi dan berkelas dunia dengan tetap berpegang teguh pada core value AKHLAK.

“langkah merger ini memberikan kami semangat besar untuk bertransformasi dan terus berinovasi guna memberikan layanan yang semakin prima” tutup Faruq. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE