Kesetaraan Kualitas Pengelas Se-Asia Jadi Bahasan AWF 37th di Bali

159
Foto bersama peserta pertemuan Organisasi Pengelasan Se-Asia dalam Asian Welding Federation 37th Governing Council Meeting and Comittee Meeting yang diselenggarakan selama dua hari di Nusa Dua Bali, Jum’at-Sabtu (16-17/2022).

titikomapost.com, BALI – Indonesia kembali mendapatkan kehormatan menjadi tuan rumah pertemuan Organisasi Pengelasan Se-Asia dalam Asian Welding Federation 37th Governing Council Meeting and Comittee Meeting yang diselenggarakan selama dua hari di Nusa Dua Bali, Jum’at-Sabtu (16-17/2022),

Presiden Direktur Kampuh Welding Indonesia, Moch Moenir mengatakan, AWF atau Asian Welding Federation adalah organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk peningkatan dan promosi  teknologi pengelasan melalui pertukaran informasi dan pengetahuan ilmiah untuk kemajuan komunitas pengelasan di Asia dalam hal ekonomi dan kemajuan pertumbuhan teknologi.

“Anggota AWF itu terdiri dari negara-negara Asia kurang lebih 13 negara yang salah satunya Indonesia yang juga menjadi bagian dari organisasi ini,” katanya.

Suasana pertemuan Organisasi Pengelasan Se-Asia dalam Asian Welding Federation 37th Governing Council Meeting and Comittee Meeting yang diselenggarakan selama dua hari di Nusa Dua Bali, Jum’at-Sabtu (16-17/2022) berlangsung.

Menurut Moenir yang juga perwakilan dari Indonesia Welding Society, hal ini menjadi penting bagi Indonesia dikarenakan di Indonesia mulai mendapatkan anugerah yang berupa bonus demografi, diharapkan anak muda dapat mendapatkan kesempatan berkarya sebagai welder di luar negeri, khususnya di negara Asia. Dengan penyelarasan ini, karena sertifikat AWF diakui oleh semua industri di negara yang dinaungi AWF.

Baca Juga  Dua Penghargaan Ditkapel Diterima KSOP Tanjung Priok  

“Kedepan Asian Welding federation (AWF ) masih ingin menambah anggota negara dan juga Coorporate member, seperti UAE, Iran, Saudi Arabia agar jaringan dan kesempatan di Asia sendiri semakin kuat,” terang Moenir.

Dalam perjalanannya, lanjut Moenir, AWF mengadakan general council meeting setiap tahunnya. Pada tahun 2022 ini Indonesia, yang saat ini juga menjabat sebagai Secretary General, mendapat kehormatan sebagai host yang diadakan di hotel nusa dua Bali pada tanggal 16-17 Desember 2022.

“Di dalam meeting konferensi dibahas adalah seperti kesetaraan dalam bidang  pendidikan dan pelatihan, standarisasi, Sertifikasi, Audit dalam hal pengelasan di regional asia,” pungkasnya.

Pada meeting ke 37 AWF kali ini dihadiri secara langsung oleh beberapa negara-negara di asia, seperti : Indonesia, Singapura, India, Vietnam, Malaysia, Myanmar, korea dan Jepang. Sedangkan ada beberapa negara yang tidak bisa datang, hadir melalui online seperti Philipine, China, dan Mongolia dikarenakan oleh kebijakan dalam negeri mereka dalam hal covid19.

Dari Indonesia sendiri di wakili oleh beberapa Institutsi yang bergerak di bidang pengelasan, Seperti Kampuh Welding Indonesia di surabaya, Welding study center, Inlastek Welding Institute. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE