Poltekpel Kirim Kapal Latih Bung Tomo Bantu Angleb 2023 Masyarakat Situbondo

125
Direktur Politeknik Pelayaran Surabaya, Heru Widada, mewakili Badan Pengembangan SDM Kementerian Perhubungan saat melepas angkutan lebaran gratis didampingi oleh Kepala KSOP Kelas IV Panarukan, Herland Aprilyanto dengan menggunakan kapal latih Poltekpel Surabaya KM Bung Tomo di pelabuhan Jangkar, Situbondo, Minggu (16/4/2023).

titikomapost.com, SITUBONDO – Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya turut mensukseskan angkutan lebaran 2023 dengan mengirim kapal latih Taruna Bung Tomo guna melayani angkutan lebaran gratis bagi masyarakat di Situbondo melalui pelabuhan Jangkar yang pelayaran perdananya ke Madura dilakukan pada hari Minggu (16/4/2023) siang.

Hal itu dilakukan sesuai arahan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, saat memimpin rapat kesiapan angkutan lebaran di Kantor Otoritas Bandara Juanda Surabaya yang menginstruksikan agar Kapal Latih Bung Tomo turut berperan aktif dalam membawa penumpang pada angkutan lebaran tahun ini yang juga diamanahkan oleh Kepala BPSDM Perhubungan, Djoko Sasono, pada rapat Dewan Pengawas Senin (10/04) lalu.

Menindaklanjuti arahan tersebut, Direktur Politeknik Pelayaran Surabaya, Heru Widada, mewakili Badan Pengembangan SDM Kementerian Perhubungan, melepas angkutan lebaran gratis didampingi oleh Kepala KSOP Kelas IV Panarukan, Herland Aprilyanto dengan menggunakan kapal latih Poltekpel Surabaya KM Bung Tomo di pelabuhan Jangkar, Situbondo.

“Bantuan kapal latih untuk mengangkut para pemudik di Pelabuhan Jangkar ini merupakan bentuk sinergitas antara BPSDM Perhubungan yang diwakili oleh Poltekpel Surabaya dengan Dirjen Perhubungan Laut yang diwakili KSOP Kelas IV Panarukan Situbondo dalam mengantisipasi lonjakan pemudik,” kata Direktur Poltekpel Surabaya, Heru Widada, Minggu (16/04/2023) siang.

Baca Juga  Kegiatan Operasi Gabungan Samsat Surabaya Barat Bangun Kesadaran Masyarakat Tertib Administrasi Ranmor

Menurut Heru, kapal Latih Bung Tomo milik Poltekpel Surabaya ini dihadirkan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang ada di Pelabuhan Penyeberangan Jangkar menuju Pulau Sapudi Madura, dimana Pelabuhan Jangkar merupakan Pelabuhan strategis dalam mengkoneksikan pulau-pulau di Madura.

“Hal ini dimaksudkan mengingat meningkatnya animo masyarakat di daerah tersebut untuk melaksanakan mudik lebaran di setiap tahunnya,” jelasnya.

“Kapal Latih Bung Tomo Poltekpel Surabaya diharapkan dapat mengurai lonjakan penumpang pada masa angkutan lebaran 1444 H atau tahun 2023 di Pelabuhan Penyeberangan Jangkar,” imbuhnya.

Dalam pelayaran yang dilakukan kapal Latih Bung Tomo Poltekpel Surabaya cast off atau mulai berlayar melayani sebanyak 144 penumpang dari Pelabuhan Jangkar Situbondo menuju Pelabuhan Sapudi Madura,  seluruh penumpangnya tidak dipungut alias gratis.

Menurut Heru, kehadiran kapal Latih Bung Tomo dalam angkutan lebaran gratis 2023 ini merupakan salah satu wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi Poltekpel Surabaya dengan melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pelayanan angkutan mudik lebaran gratis.

“Kami berharap perjalanan mudik dengan Kapal Latih Bung Tomo ini bisa berlangsung aman, nyaman dan tiba di tempat tujuan dengan selamat serta berkesan,” harapnya.

Baca Juga  Jasa Raharja Madiun Koordinasikan Program Strategis ke Dinas Pendidikan Cabang Madiun  

Selain mudik gratis, lanjut Heru, para penumpang yang menaiki kapal Latih Bung Tomo juga dapat menikmati berbagai fasilitas dan program kegiatan yang sudah disiapkan Poltekpel Surabaya selama berlayar.

“Kami memiliki program Sosialisasi tentang Politeknik Pelayaran Surabaya dan Seleksi Penerimaan Calon Taruna (SIPENCATAR) Poltekpel Surabaya serta program lainnya yang akan disosialisasikan di pondok pondok pesantren maupun masyarakat umum,” pungkasnya. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE