28 C
Surabaya
Jumat, 23, Februari 2024
Beranda Ekbis

Arus Penumpang Selama Angleb 2023 Tanjung Perak Tercatat Luar Biasa

63
Tampak calon penumpang kapal alami antria padat saat angkutan lebaran 2023 di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN) pelabuhan Tanjung Perak.

Pada H+15 tercatat 5.925 orang penumpang dengan rincian 2.195 orang penumpang naik dan 3.730 orang penumpang turun. Sedangkan di periode yang sama tahun 2022 tercatat total keselurahan penumpang yang naik maupun turun yaitu sebanyak 6.988 orang atau turun sebesar 6,5% orang penumpang dibanding tahun 2022. Kinerja operator dalam melayani penumpang turun dan naik pada angkutan laut didominasi oleh PT.Dharma Lautan Utama sebesar 41,96 % dengan jumlah pelayanan penumpang sebanyak 86.495 orang dan PT.Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) sebesar 41,23% dengan jumlah pelayanan penumpang sebanyak 84.978 orang. Sedangkan data kendaraan yang menggunakan jasa angkutan laut dari H-15 sampai dengan H+15 didominasi oleh Truck sebesar 43 % dengan jumlah 12.186 Unit dan Roda-4 sebesar  35 % dengan jumlah 9.673 unit.

Baca Juga  Jasa Raharja: Samsat Leuwipanjang Bisa Jadi Percontohan Perpanjangan STNK Drivethru 15 Menit

Dhany Rachmad Agustian GM Kalimas, Terminal Penumpang dan Ro-Ro Pelindo Sub Regional Jawa menyampaikan bahwa peningkatan jumlah penumpang naik pada tahun ini didominasi dengan tujuan Pelabuhan Banjarmasin dan untuk penumpang turun didominasi berasal dari Pelabuhan Makasar.

“Untuk penumpang yang turun di Pelabuhan Tanjung Perak didominasi dari Pelabuhan Makasar yaitu sebanyak 28.877 orang atau sebesar 23,91% dan untuk penumpang naiknya didominasi dengan tujuan Pelabuhan Banjarmasin yaitu sebesar 21,05% atau sebanyak 43.347 orang”, katanya

Dhany juga mengatakan bahwa pihaknya memprediksi, peningkatan penumpang ini dipicu karena penambahan masa libur lebaran oleh pemerintah serta pelonggaran aturan perjalanan jauh yang dilakukan oleh pemerintah. Meskipun begitu, pihaknya telah mengantisipasi dengan berkordinasi berbagai pihak seperti kepolisian maupun OP untuk menyiapkan Posko Lebaran di terminal penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN) untuk menjamin kenyamanan, keamanan dan keselamatan penumpang.

Meskipun mengalami peningkatan jumlah penumpang yang cukup signifikan dibandingkan tahun sebelumnya hal tersebut tak lantas menurunkan kualitas layanan, Pelindo Sub Regional Jawa dalam menjamin kelancaran dan kenyamanan para pemudik jalur laut pada moment arus mudik 2023. Dalam mengantisipasi kelancaran arus mudik dan arus balik lebaran 2023, selain fasilitas tambatan, Pelabuhan Tanjung Perak juga telah menyiapkan petugas pelayanan dan keamanan dengan pola 24/7, fasilitas terminal yang mendukung kenyamanan para penumpang, area parkir kendaraan, tenda – tenda tempat istirahat, ruang tunggu penumpang, mushola, toilet, ruang laktasi dan lainnya. Selain itu juga dilakukan peningkatan koordinasi dengan stakeholder terkait keamanan serta peningkatan informasi terkait jadwal kapal pada calon penumpang yang didukung oleh Posko Bersama Pemantauan Angkutan Lebaran Tahun 2023 yang siap melayani pada  tanggal 7 April 2023 – 08 Mei 2023. (RG)

Baca Juga  Pelindo Bantu 8170 jiwa pengungsi Korban Banjir Demak dan Kudus  
Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE