8 Tahun Mangkrak, Dermaga V GJT Pelabuhan Pelindo Gresik Siap Beroperasi

129
Kondisi Dermaga V GJT Pelabuhan Pelindo Gresik yang siap dioperasikan setelah mengantongi ijin terhitung dari tanggal 6 Juni 2023, dimana sempat mangkrak tahunan.

titikomapost.com, GRESIK – Setelah 8 tahun tak dioprasikan alias mangkrak, Dermaga V GJT Pelabuhan Pelindo Gresik siap dioperasikan setelah mengantongi ijin terhitung dari tanggal 6 Juni 2023.

Tersendatnya dermaga yang dilengkapi dengan 2 Fixed Crane pada awalnya, dan kini hanya tinggal 1 Crane yang sempurna untuk dioperasikan hingga sekira 8 tahun itu diakui GM Pelabuhan Pelindo Gresik, Sutopo akibat urusan perijinan yang tak berjalan mulus hingga menuai gagal dioperasikan meski fisik dermaga telah lama berdiri kokoh di tepi laut perairan pelabuhan Gresik.

“Ya cukup lama sih, delapan tahunan. Tapi alhamdulillah hari ini sudah dinyatakan bisa dioperasikan,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (6/6/2023).

Bahkan, Sutopo mengaku bahwa baru selesai dilaksanaakan sosialisasi dan Tasyakuran siap operasi dermaga V GJT Pelabuhan Pelindo Gresik pagi harinya yang dilakukan oleh Kepala KSOP Gresik.

“Secara simbolis tadi sudah dilakukan salamatan untuk menandai pengoperasian dermaga 5 GJT,” tandasnya.

Sementara Berita Acara tanda dimulainya operasi Dermaga V Pelabuhan Gresik yang berada dibawah naungan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Subregional Jawa itu ditandatangani oleh Plt CEO Sub Regional Jawa, Johanes Wahyu Hertanto dengan Direktur PT Gresik Jasa Tama, Daniel Adryanto Siaputra.

Baca Juga  Gelar Apel Penutupan Posko Angleb 2024, KSOP Gresik Apresiasi Masyarakat Tak Nekat Bawa Barang Berbahaya Saat Mudik

Dalam operasinya nanti, Sutopo mengatakan bahwa dermaga V tersebut akan digunakan untuk kegiatan Multiphorpose dengan mengantongi surat Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Laut nomor : A.356/AL.308/DJPL tanggal 18 April 2023 tentang Penetapan persetujuan perizinan berusaha pengoperasian Dermaga V (Dermaga Curah) Pelabuhan Gresik di Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur yang diusahakan oleh Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT Pelabuhan Indonesia (Persero).

Sedang, pelaksanaan pengoperasian Dermaga V Pelabuhan Gresik dilaksanakan oleh PT Pelindo Gresik dan sebagai operator pengoperasiannya adalah PT Gresik Jasatama.

Dermaga V Pelabuhan Gresik itu sendiri dilengkapi dengan fasilitas sebagai berikut:

  1. Fixed Crane : 2 (unit) unit
  2. Panjang Dermaga : (51,5 x 14) M2
  3. Breasting Dolphin : 2 unit @ (5,3 x 3,4)m2
  4. Kedalaman : -6 Lws

Hadirnya Dermaga V GJT Pelabuhan Pelindo Gresik itu nantinya akan menguati derasnya arus barang yang masuk pelabuhan Gresik.

“Nanti bila dalam operasionalnya dirasa butuh dukungan Fixed Crane satu lagi, bisa jadi tinggal dipasang aja karena semua komponennya ada, cuma dilepas,” imbuh salah satu manajer yang menemani titikomapost.com melihat secara kangsung kondisi Dermaga V GJT Pelabuhan Pelindo Gresik tersebut. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE