Peringati Hari Pelaut Sedunia KSOP Gresik Bersama  Masyarakat Maritim Bersih-bersih Laut

138
Pelaksanaan bersih-bersih Laut dalam rangka menyambut Hari Pelaut Sedunia yang dilakukan oleh KSOP Gresik bersama Masayarakat Maritim, Senin (26/6/2023).

titikomapost.com, GRESIK – Dalam rangka memperingati Hari Pelaut Sedunia yang jatuh pada tanggal 25 Juni, Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Gresik bersama seluruh masyarakat maritim menggelar bersih-bersih laut yang di fokuskan di kolam pelabuhan Gresik, Senin (26/6/2023) pagi.

Kepala KSOP Kelas II Gresik, Hotman Siagian mengatakan, Hari Pelaut Sedunia pertama kali diperkenalkan pada Amandemen Manila bulan Juni 2010 yang mengadopsi revisi besar terhadap konvensi STCW dan KODE terkait, dimana konfrensi diplomatik sepakat bahwa kontribusi yang dibuat oleh para Pelaut untuk perdagangan Internasional harus diakui dan diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Pelaut Sedunia.

“Tanggal 25 Juni dipilih sebagai Hari Pelaut Sedunia merupakan hari dimana amandemen tersebut secara resmi diadopsi,” terangnya saat memberi arahan pelaksanaan bersih-bersih laut di kolam Pelabuhan Gresik, Senin (26/6/2023).

Pada tahun ini, lanjut Hotman, peringatan Hati Pelaut Sedunia mengusung tema “Oceans Worth Protecting atau Laut Layak Dilindungi. Untuk itu, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dan seluruh UPT dibawahnya turut mendukung dan menyemarakkan peringatan hari tPelaut tersebut.

Baca Juga  Jasa Raharja Lakukan Giat Intensifikasi dan Collection Rate Pajak Kendaraan Dinas di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Probolinggo

“Bersih laut ini merupakan salah satu wujud keikut sertaan kita di jajaran KSOP Gresik bersama stakeholder dalam memperingati hari pelaut sedunia,” kata Hotman.

Menurut Hotman, Pelaut merupakan pekerja kunci yang memiliki peran pentung sebagai tulang punggubg perekonomian sebuah negara. Selain itu, pelaut itu juga memainkan peran penting dalam membantu melindungi kebersihan dan kesehatan laut kita dengan membantu menegakkan aturan-aturan tenrang sampah, limbah, dan pencegahan polusi udara.

Pada kesempatan yang baik ini, kami juga mengajak seluruh stakeholder maritim di pelabuhan Gresik untuk dapat berperan aktif dalam menjaga kebersihan perairan dan lingkungan pelabuhan.

“Mari bersama-sama meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan pelayaran dan bekerja sama dalam mengurangi pencemaran laut terutama dari sampah plastik yang menjadi ancaman serius bagi kehidupan laut,”. seru Hotman.

Selain itu, dalam menyemarakkan peringatan Hari Pelaut Sedunia, KSOP Gresik juga melakukan kampanye keselamatan pelayaran tahun 2023 dengan mengimbau kapal-kapal yang berada di wilayah perairan dan pelabuhan untuk membunyikan suling pada tanggal 25 juni 2023 pada pukul 15.00 WIB selmaa 3 menit seperti yang kita dengan kemarin.

Baca Juga  Jasa Raharja Surabaya Gelar Aksi Simpatik Sebagai Upaya Pencegahan Fatalitas Korban Laka Lantas

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Bersih Laut, Capt. Firmawan Kasi Lala KSOP Gresik menambahkan, melalui perayaan Hari Pelaut Sedunia dan kampanye Oceans Worth Protecting, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mendorong para pelaut untuk aktif berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan laut.

“Para pelaut, yang menghabiskan sebagian besar waktunya di laut, diharapkan bisa menjadi agen perubahan dalam melindungi dan melestarikan ekosistem laut,” pungkasnya. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE