Jasa Raharja dan Karang Taruna Teken Komitmen Dukung Peningkatan PKB di Probolinggo

50
Jasa Raharja, Bapenda dan Satlantas Polres bersama Karang Taruna Probolinggo teken komitmen dukung peningkatan Pajak Kendaraan Bermotir (PKB) di Probolinggo.

titikomapost.com, PROBOLINGGO – Jasa Raharja Perwakilan Probolinggo, UPT PPD Bapenda Probolinggo dan Satlantas Polres Probolinggo bersama dengan Karang Taruna Kabupaten Probolinggo melakukan penandatanganan (teken) komitmen dalam rangka mendukung peningkatan Kepatuhan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan keselamatan dalam berlalu lintas di wilayah Kabupaten Probolinggo.

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Kepala Perwakilan Jasa Raharja Probolinggo Suryo Setyantoro Putro, Kepala UPT PPD Bapenda Probolinggo Zainal Arifin, Kanit Rigident Satlantas Polres Probolinggo Ipda Eko Erfan, Ketua Karang Taruna Kabupaten Probolinggo Sigit Wida Hartono dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Karang Taruna Kabupaten Probolinggo masa bakti 2023-2028 di ruang PRIC Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Probolinggo. Dalam pernyataan komitmen bersama tersebut disebutkan setiap karang taruna se-Kabupaten Probolinggo untuk taat dan patuh dalam melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) serta Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di Kantor Bersama Samsat serta setiap karang taruna se-Kabupaten Probolinggo untuk menjadi pelopor keselamatan tertib berlalu lintas dan turut serta dalam upaya mencegah kecelakaan lalu lintas jalan.

Baca Juga  Gelar Apel Penutupan Posko Angleb 2024, KSOP Gresik Apresiasi Masyarakat Tak Nekat Bawa Barang Berbahaya Saat Mudik

Ketua Karang Taruna Kabupaten Probolinggo Sigit Wida Hartono mengatakan dengan kerja sama lintas instansi ini tentunya memacu semangat pemuda karang taruna untuk terus berinovasi dan lebih baik lagi. Hal ini akan menjadi program prioritas untuk mendukung program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo. “Karang Taruna Kabupaten Probolinggo akan terus berupaya untuk terus melakukan inovasi-inovasi dalam membantu menyukseskan program Pemerintah Kabupaten Probolinggo mulai dari penurunan stunting dan pengentasan kemiskinan ekstrim,” ujarnya.

Sementara Kepala Perwakilan Jasa Raharja Probolinggo Suryo Setyantoro Putro mengharapkan agar kolaborasi dengan Karang Taruna Kabupaten Probolinggo ini bisa memberikan manfaat dan dampak signifikan pada ketaatan serta kelengkapan administratif kendaraan bermotor dan mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas khususnya di Kabupaten Probolinggo.

“Kolaborasi ini sudah kami sampaikan ke Provinsi Jawa Timur dan mendapatkan apresiasi yang luar biasa. Harapannya pemuda karang taruna ini dapat menularkan dan mensosialisasikan apa yang diterima dalam kesempatan ini pada masyarakat pemuda lainnya di tingkat desa,” ungkapnya.

Sedangkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto meminta kepada seluruh pengurus karang taruna di Kabupaten Probolinggo supaya benar-benar melaksanakan dengan baik komitmen tersebut. Sebab komitmen tersebut memiliki tanggung jawab yang besar.

Baca Juga  Mudik Balik Ceria Penuh Makna di Pulau Sapeken, Pagerungan dan Kangean

“Jangan sampai selesai tanda tangan selesai. Saya harap MoU ini betul-betul dilaksanakan. Jangan sampai hanya ueforia saja tetapi tidak melakukan apa-apa. Lakukan komitmen ini untuk mendukung peningkatan PAD (Pendapatan Asli Daerah),” katanya.

Menurut Sekda Ugas, pajak kendaraan bermotor ini juga berpengaruh kepada PAD Kabupaten Probolinggo. Hasil dari PAD ini nantinya untuk menyelesaikan dan mengangkat PR (Pekerjaan Rumah) dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo. “Harapannya komitmen ini nantinya bisa berdampak pada peningkatan PAD dan keselamatan dalam berlalu lintas,” tegasnya.

Sekda Ugas menegaskan semangat dan kemampuan para pemuda karang taruna ini memang sangat dinanti oleh Pemerintah Daerah. “Pola pikirnya yang membara itu diharapkan bisa memberikan kontribusi nyata pada masyarakat dan Pemerintah Daerah. Oleh karena itu, karang taruna harus terus menjaga komunikasi dan kolaborasi dengan baik,” pungkasnya. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE