Kemenko Marves Bersama PIANC Lakukan Kunjungan Ke Pelabuhan Gresik

230
Assisten Deputi  bidang intrastruktur konekvitas, Kemenko Marves RI Rahman Hidayat bersama perwakilan PIANC di damping Kepala KSOP Gresik dan BM Gresik PT Pelindo Multi Terminal Sutopo saat melihat langsung aktivitas kapal Pelra, Kamis (23/11/2023) sore.

titikomapost.com, GRESIK – Assisten Deputi  bidang intrastruktur konekvitas, Kementerian koordinator bidang kemaritiman dan investasi  (Kemenko Marves) RI Rahman Hidayat bersama perwakilan PIANC Indonesia, Japan, Australia dan New Zealand lakukan kunjungan  ke Pelabuhan Gresik yang diterima langsung oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Gresik Hotman Siagian, S.SiT, S.E, MM bersama Sub Regional Head Jawa PT Pelindo Ali Sodikin, Kamis (23/11/2023) sore.

Turut mendampingi pula, Alit Sudarsono Kasie SHSK, Capt Firmawan Kasie KBPP KSOP Gresik, dan Branch Manager GresikPT Pelindo Multi Terminal Sutopo serta Ketua DPC. Pelayaran Rakyat Gresik Hasan serta instansi terkait yang fokuskan di dermaga pelayaran rakyat pelabuhan Gresik.

Pada kesempatan tersebut, Hotman menyampaikan laporan kegiatan operasional Pelabuhan serta khususnya terkait kapal Pelra yang saat ini berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

“Dari data kunjungan kapal Pelra di Pelabuhan Gresik mulai bulan Januari s/d Oktober 2023 adalah 472 kapal,” ujar Hotman.

Bahkan, kegiatan bongkar muat barang dari dan ke kapal Pelra serta tempat pengisian BBM untuk kapal Pelra ( SPBB khusus) tak luput menjadi sasaran perhatian tamu negara tersebut. Mereka melihat langsung para buruh saat beraktivitas yang menggunakan Alat Pelindung Diri ( APD) berjibaku memikul barang ke atas kapal.

Baca Juga  Pelindo Hidupkan Program JASTIP  di Pelabuhan Tanjung Perak

“Atas sinergitas tugas, maka telah tersedia  tempat istirahat bagi buruh tenaga kerja bongkar muat  di pelabuhan Gresik sejak tanggal 3 Oktober 2023 lalu,” kata Horman yang di dampingi Sutopo menjelaskan bahwa hal itu dilakukan guna memberi fasilitas para pekerja berteduh, membersihkan diri hingga melakukan ibadah.

Melihat tingginya kunjungan kapal Pelra, maka dibutuhkan galangan kapal untuk kapal Pelra di Pelabuhan Gresik. Rahman Hidayat Asdep Kemenko Maritim dan Investasi mengapresiasi dan menyambut baik atas pelayanan dan melihat langsung sinergitas dan kolaborasi KSOP Gresik,  Pelindo, Asosiasi bersama Insan Maritim secara bersama sama untuk memajukan dan mendorong percepatan peningkatan Pelayanan Publik serta melihat langsung Pelabuhan yang telah tertata dengan rapi dan baik.

“Apresiasi yang tinggi untuk usaha dan terobosan yang dilakukan untuk menjadikan pelabuhan Gresik khususnya pelabuhan Pelra menjadi tampak bersih, rapi dan humanis,” puji Rahman pada Horman.

Di dalam pelabuhan juga terlihat petunjuk (plang) dan tulisan himbauan untuk Bekerja sesuai dengan APD dan Himbauan melarang merokok di area dermaga pelabuhan.

Baca Juga  KSOP Tanjung Perak Gelar Forum Ecoport 2024 Buka Wawasan Lingkungan Hidup Pelaku Usaha Maritim

“Hal ini menjadi salah satu faktor pengaruh untuk kemajuan serta mewujukan terciptanya pelabuhan yang maju, bersih, nyaman dan terdepan,” ucapnya.

Ketua DPC Pelra H. Hasan juga menyampaikan,  dibawah komando yang tegas dari KSOP maka Pelabuhan lebih menjadi tertata dengan rapi, bersih, merasakan peningkatan pelayanan untuk mewujudkan Pelabuhan yang aman dan tertib.

“Itu berkat selalu menjalin sinergitas dan kolaborasi dengan Insan Maritim untuk bersama-sama menjaga Pelabuhan Gresik,” pungkasnya. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE