Penjajakan, Galangan Terbesar Taiwan CSBC  Kunjungi Kampuh Welding Indonesia

324
Presiden Direktur Kampuh Welding Indonesia, M. Moenir saat memberikan penjelasan kepada pihak CSBC atas beberapa pertanyaan yang dusampaikannya selama melihat workshop Kampuh, Rabu (1/11/2023).

titikomapost.com, SURABAYA – China Shipbuilding Corporation (CSBC) perusahaan galangan kapal terbesar Taiwan mengunjungi Kampuh Welding Indonesia yang berada di Surabaya untuk melakukan penjajakan sebagai langkah awal menemukan titik-titik mana yang bisa dikerjasamakan.

Diakui oleh Presiden Direktur Kampuh Welding Indonesia, M. Moenir, pihaknya telah kedatangan CSBC Taiwan Corporation yang ingin melihat secara langsung proses penggodokan tenaga ahli welding untuk kebutuhan pekerjaan galangan kapal di Taiwan nantinya.

“Kami sangat gembira sekali atas kunjungan ini, dan berharap dari hubungan ini kita mendapatkan suatu kepentingan bersama yang bisa kita kerjakan,” tutur Moenir disela menerima delegasi dari CSBC Corporation Taiwan di Aula Kampuh Institut Surabaya, Rabu (1/11/2023).

Delegasi Taiwan takjub dengan peralatan las yang dimiliki Kampuh dengan berbagai merk sesuai dengan yang dipakai di halangan-galangan luar negeri.

Secara global, Moenir menyebut bahwa sebetulnya Taiwan itu kebutuhan tenaga skill untuk kapal sangat besar, hanya permasalahannya dari dulu adalah prosedur untuk menandatangkan ahli dari Indonesia ke Taiwan melalui satu broker. Saat ini, CSBC telah mendengar tentang kemampuan Kampuh yang bisa mencetak dan menyediakan tenaga skill untuk mengisi kebutuhan pekerjaan pembuatan kapal.

Baca Juga  Tim Samsat Madiun Kota Koordinasikan Internalisasi Pembayaran PKB dan SWDKLLJ di Lingkungan BUMN

“Dari kunjungan ini, dalam waktu dekat sesuai dengan yang kita minta mereka untuk membuat rencana tahapannya, berapa banyak weldernya, elektrisennya dan lain-lain sehingga kita bisa mempersiapkan,”  jelasnya.

Menurut Moenir, pertemuan kita dengan Taiwan itu sudah enam kali tapi yang terkait dengan shipbuilding belum ada implementasinya. Bagi CSBC kunjungan ini merupakan yang pertama kalinya.

“Harapannya dengan pertemuan pada hari ini, setelah pihak CSBC melihat secara keseluruhan fasilitas dan kemampuan yang kita miliki maka mereka baru yakin bisa untuk kerjasama sebab sesuai dengan kebutuhan mereka,” katanya.

Tim Taiwan saat melihat langsung hasil kerja pemotongan plat oleh anak didik Kampuh yang mendapat penjelasan dari Presiden Direktur Kampuh, M. Moenir.

Selama ini, lanjut Moenir, dari pengakuan CSBC mereka hanya mendengar tentang Kampuh, dan bila membutuhkan tenaga kerja lebih mendapatkan dari pihak broker. Sedang, dunia luar yang sudah mengenal Kampuh dan sudah ada kerjasama terutama Jepang yang sekitar 10 perusahaan galangan kapal, dan Korea ada beberapa galangan. Namun kita belum bisa mengirim tenaga kerja secara langsung yang lebih disebabkan terkait prosedurnya.

“Minggu lalu dari Polandia telah bertandang. Semoga dalam waktu dekat ini kita akan ekspansi untuk bisa menempatkan tenaga kita ke luar negeri,” harapnya.

Baca Juga  Pengamat Transportasi: Sinergi dan Kolaborasi Jadi Kunci Utama Kesuksesan Penyelenggaraan Mudik 2024

Sementara dari pihak Taiwan dengan juru bicara Jessica Wibowo membuka dengan ucapan terima kasih atas undangan Indonesia dimana ini adalah pertemuan ke enam dibidang perkapalan.

“Jadi dengan bertemu langsung, menurut saya lebih efektif untuk mengamati apa kebutuhan pihak Indonesia. Kali ini kami membawa dua perusahaan, yaitu perusahaan manufakturing dan CSBC yang merupakan perusahaan galangan kapal terbesar di Taiwan,” ucapnya.

Pihak CSBC Taiwan Corporation saat melihat jalannya kelas pelatihan welder di Kampuh Welding Indonesi.

Jessica menambahkan, bahwa pihak Taiwan merasa setelah berinteraksi langsung antar galangan kapal nantinya bisa menelurkan gagasan baru dan juga bisa menemukan titik-titik kerjasama baru.

“Kalau dengan CSBC bisa bekerjasama dalam bidang desain dan teknologi pembangunan kapal  termasuk pelatihan SDM,” sebut Jessica.

Sedang, pihakTaiwan yang hadir dalam pertemuan itu adalah:

CSBC Corporation Taiwan  Mr. KUO, CHIA-JUI, Deputy Director

CSBC Corporation Taiwan  Mr. WEI, CHENG-TZU, President

Kha Shing Enterprise Co.Ltd. Mr. GUNG, JIUN-HAU, President

Kha Shing Enterprise Co.Ltd. Ms. CHUANG, YUNG-CHENG Executive Assistant

Singer International Development Co., Ltd    Mr. CHEN KUEI HSIN President

Baca Juga  Edukasi Masyarakat Tertib dan Taat Pajak Tim Pembina Samsat Surabaya Gelar Operasi Gabungan

Ship and Ocean Industries R&D Center  Mr. TSAN, MING-HSIEN  Director Administration & Planning Department

Ship and Ocean Industries R&D Center  Ms. LO WEN YEN HEAD YACHT & MARINE LEISURE SECTION

Ship and Ocean Industries R&D Center  Mr. LIU, CHIEN-HUNG Chief Industrial Promotion Office

Ship and Ocean Industries R&D Center  Ms. JIH YOW JEN Administrator   Industrial Promotion Office.

Untuk diketahui, Moenir menambahkan bahwa tenaga ahli khususnya welder yang sudah dicetak oleh Kampuh Welding Indonesia Surabaya hingga saat ini ada 6.300 orang, dan dari Kampuh Cikarang ada 2.500 lulusan.

“Kita ingin seluruh tenaga shipbuilding itu bisa kita upgrade dengan dukungan teman-teman di Iperindo yang masing-masing sudah mempunyai spesialisasi,” pungkasnya. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE