Tren Kunjungan Kapal Pesiar di Tanjung Perak Meningkat Hingga 2024

118
Proyeksi Kunjungan Cruise 2024 Turun, Pelindo Regional 3 Siapkan Mantra Khusus
Penyambutan para Turis manca negara yang doboyomg MS Genting Dream yang hendak sablndar di Dermaga Jamrud Utara Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

titikomapost.com, SURABAYA –  Dalam dua tahun terakhir ini kunjungan kapal pesiar mulai kembali rutin kunjungi berbagai pelabuhan di Indonesia. Salah satunya adalah Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Berdasarkan daftar kedatangan kapal pesiar Pelabuhan Tanjung Perak tercatat sudah sebanyak 5 kapal pesiar yang sandar pada tahun 2022 dan sebanyak 6 kapal pesiar yang sandar hingga Nopember 2023 di Pelabuhan Tanjung Perak.

Suhan Tarian daerah untuk para turis manca negara di Terminal Penumpang Kapal Gapura Surya Nusantara (GSN).

General Manager Kalimas dan GSN Pelindo Regional 3 Sub Regional Jawa, Dhany Rachmad Agustian mengatakan kenaikan jumlah kedatangan kapal pesiar pada tahun 2023 sangat signifikan dibandingkan tahun 2022 mengingat juga pada tahun sebelumnya pemerintah masih belum memperbolehkan kapal pesiar sandar di Indonesia karena adanya virus covid -19.

“Tercatat sejak tahun 2022 jumlah kapal pesiar yang sandar di Pelabuhan Tanjung Perak naik secara pesat apalagi tahun 2023 sudah sebanyak 6 kapal pesiar yang sandar di Pelabuhan Tanjung Perak hingga bulan November ini”, ungkap Dhany.

Dhany juga menyebut bahwa 5 kapal pesiar lainnya juga akan sandar pada akhir November  hingga Desember ini sebagai penutup tahun 2023 sehingga total kunjungan kapal pesiar di Pelabuhan Tanjung Perak pada tahun 2023 mencapai 11 kapal.

Baca Juga  Mudik Balik Ceria Penuh Makna di Pulau Sapeken, Pagerungan dan Kangean

“Kondisi tersebut tentunya berdampak positif bagi meningkatnya pendapatan Pelindo Sub Regional Jawa. Omzet Pelindo Sub Regional Jawa naik sebesar 50% sejak kedatangan kunjungan kapal pesiar selama 2 tahun belakangan ini,” akunya.

MS Genting Dream lepas tali tinggalkan Tanjung Perak.

Bukan hanya itu, lanjut Dhany, dampak ekonomi yang dirasakan pelaku UMKM serta masyarakat kampung binaan Pelindo Sub Regional Jawa juga ikut meningkat, dikarenakan pelaku UMKM merupakan salah satu fasilitas yang disediakan Pelindo Sub Regional Jawa untuk menyambut kedatangan Kapal Pesiar.

“Dengan kunjungan wisata asing secara otomatis mendorong peningkatan penjualan produk pelaku UMKM,” jelasnya.

Dhany juga menambahkan bahwa pada tahun 2024 sebanyak 15 kapal pesiar yang sudah memesan slot antrian untuk sandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Itu berarti kunjungan kapal pesiar di Pelabuhan Tanjung Perak naik hingga 3 kali lipat dibanding tahun 2022.

“Berharap Pelindo Sub Regional Jawa dapat lebih meningkatkan pelayanan dalam mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan untuk penyambutan kedatangan kapal pesiar berikutnya,” pungkasnya. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE