Diduga Puntung Rokok Nyaris Bakar Truk Muatan KMP Niki Sejahtera

97
Diduga Puntung Rokok Nyaris Bakar Truk Muatan KMP Niki Sejahtera
Foto atas: KMP Niki Sejahtera posisi sandar di Dermaga Jamrud Utara dengan aman. Foto bawah: Terpal penutup muatan truk yang terbakar yang sudah diamankan KSOP Utama Tanjung Perak.

titikomapost.com, SURABAYA – Diduga akibat kelalaian yang dilakukan salah seorang penumpang yang membuang puntung rokok, Kapal Roll On-Roll Off (RORO) KMP Niki Sejahtera nyaris terjadi kebakaran di salah satu decknya. Pasalnya, puntung rokok itu sempat membakar terpal penutup muatan salah satu truk dalam pelayaran dari Ende menuju pelabuhan Tanjung Perak Surabaya di perairan sekitar Teluk Lamong, Jum’at (11/1/2024) pagi.

Untung, atas kesigapan kru kapal asap yang sempat membakar terpal pembukus keranjang muatan Mangga diatas salah satu truk muatan kapal akhirnya dapat dipadamkan dalam waktu yang singkat dengan menggunakan alat pemadam yang tersedia diatas KMP Niki Sejahtera.

“Penanganan oleh kru sekira 5 menit mengunakan appar. Lalu dicek ulang sekeliling obyek yang terbakar diatas truk, dinyatakan aman sekira 5 menit berikutnya,” ujar Rudy Susanto PH Kepala KSOP Utama Tanjung Perak, Jum’at (12/1/2024).

Bersamaan dengan penanganan yang dilakukan oleh kru, Nakhoda kapal langaung menghubungi perusahaan pelayaran yang berada di Surabaya dan kantor KSOP Utama Tanjung Perak.

Baca Juga  Upaya Dalam Mencegah Kecelakaan Lalu Lintas di Usia Produktif, Jasa Raharja Gelar Program PPKL di MAN 2 Pamekasan  

“Nakhoda info ke perusahaan pelayaran dan KSOP lalu lanjut berlayar, dan berhasil sandar dengan aman di Dermaga Jamrud Utara pelabuhan Tanjung Perak sekira perak jam 08.15 WIB,” jelas Rudy.

Atas kejadian itu, Rudy mengimbau kepada seluruh nnasyarakat calin penumpang kapal laut agar senantiasa mematuhi aturan keselamatan yang telah disampaikan pihak kapal manakala sebelum berlayar atau semasa dalam pelayaran untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Masyarakat harus sadar arti keselamatan selama dalam mengikuti pelayaran kapal dengan pahami instruksi pihak kapal seperti, tidak membuang puntung rokok sembarangan, melaporkan jika membawa barang berbahaya dsb,” tandasnya.

Kasie Patroli dan Penindakan KSOP Utama Tanjung Perak itu juga mengingatkan kepada seluruh kru kapal untuk senantiasa mengingatkan kepada para penumpang akan keselamatan serta juga melakukan pengawasan langsung pada titik kondisi muatan selama dalam pelayaran.

“Tidak ada salahnya kru kapal swiping pengawasan muatan truk-truk guna memastikan aman selama pelayaran,” pungkas Rudy. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE