Pelindo Tanamkan Budaya K3 Demi Keberlangsungan Usaha di Tanjung Perak

40
Pelindo Tanamkan Budaya K3 Demi Keberlangsungan Usaha di Tanjung Perak
CEO Sub Regional Jawa, Ali Sodikin sesaat setelah pimpin apel peringatan Bulan K3 foto bersama peserta di Tanjung Perak, Jum'at (26/1/2024).

titikomapost.com, SURABAYA – Bulan Kesehatan dan keselamatan Kerja ( K3) Nasional yang diperingati setiap tanggal 12 Januari, PT pelindo Regional 3 sub Jawa pun menggelar apel bersama tahun 2024 dan simulasi bahaya kebakaran, dengan dipimpin Sub Regional Head (SRH) Jawa , Ali Sodikin bertempat di halaman Kantor Pelindo Sub Regional 3 Jawa, Tanjung Perak, Jumat (26/01).

Dengan mengusung tema  “Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha” menurut Pasal 1 angka 2 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 50 Tahun 2012 tentang Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).  adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi keselamatan dan kesehatan tenaga kerja melalui upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

“Adapun pelaksanaan Bulan K3 Nasional telah diatur Menaker RI dalam Keputusan Menaker RI Nomor 244 Tahun 2023 tentang Pelaksanaan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional Tahun 2024,” tutur  Ali Sodikin

Damkar Tanjung Perak saat simulasi pada apel bulan K3 di Tanjung Perak

Menurut pria yang biasa di panggil Also ini, bahwa beberapa poin tujuan dan sasaran bulan K3 Nasional tahun 2024 adalah meningkatkan kesadaran dan kepatuhan norma K3 diantaranya  menjamin terlaksananya perlindungan K3 pada setiap kegiatan di semua sektor usaha, meningkatkan penerapan K3 pada pola dan bentuk pekerjaan baru yang timbul akibat era digital ekonomi,  mewujudkan sumber daya manusia K3 yang unggul dan berdaya saing dan meningkatkan partisipasi semua pihak dalam mewujudkan kemandirian pelaksanaan budaya K3 di setiap kegiatan pembangunan ekonomi yang esklusif dan berkelanjutan.

Baca Juga  Gresik Bersama Sembilan Pelabuhan Lain Sandang Raport Hijau B-15 Stranas PK

“Sedangkan sasaran K3 adalah meningkatnya jumlah perusahaan yang menerapkan K3, meningkatnya jumlah perusahaan nihil kecelakaan, meningkatnya pertumbuhan ekonomi di semua sektor usaha yang berbudaya K3, meningkatnya produktivitas kerja secara nasional dan meningkatnya koordinasi, sinergi, dan kolaborasi antar pemangku kepentingan,” ujarnya

  Also juga menyampaikan  rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan aktif dalam mendukung, mengembangkan, mempromosikan serta membudayakan K3 khususnya di lingkungan kerja  Pelabuhan Tanjung Perak.

“Dalam rangka menumbuhkan budaya keselamatan kerja di lingkungan pelabuhan, Pelindo Regional 3 menggelar rangkaian Bulan K3 Nasional yang terdiri dari kegiatan yang meningkatkan awareness budaya K3, challenge dan competition yang diikuti oleh karyawan Pelindo Grup maupun eksternal dengan menyuguhkan beragam hadiah menarik,” tandas Ali

Adapun rangkaian kegiatan tersebut diantaranya Apel Bulan K3 Nasional Tahun 2024, Lomba P3K Regional 3, Lomba Video Safety Campaign, Lomba Pembuatan Komik dan Poster K3, Management Walkthrough (WMT), Drill Simulasi Tanggap Darurat, Senam Pekerja Sehat, Donor Darah, dan Safety Forum yang diikuti seluruh perwakilan dari Pelindo Regional 3 beserta sub holding dan anak perusahaan Pelindo Group.

Selanjutnya Simulasi Tanggap Darurat Bahaya Kebakaran pada Bus oleh Tim P2K3 PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) diperagakan, dengan objek bus yang terbakar, menyelamatkan diri, dan beberapa sigap mengambil APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dan hydrant untuk memadamkan api yang sudah membesar.

Baca Juga  KSOP Tanjung Perak Gelar Forum Ecoport 2024 Buka Wawasan Lingkungan Hidup Pelaku Usaha Maritim

Tampak Shift Manager yang bertugas, dibantu oleh para petugas keamanan, tim P2K3 dan Tim Pemadam Kebakaran (DAMKAR) dengan sigap mengendalikan situasi. Dalam waktu singkat, setelah dilakukan koordinasi komprehensif antara internal TPS, Tim Damkar TPS dan Pelindo, api berhasil dipadamkan dengan cepat dan korban dapat segera diselamatkan.

Penerapan SMK3 di lingkungan pelabuhan menurut  Rendy Fendy, Kahumas Pelindo Sub Regional Jawa merupakan wujud dari komitmen Pelindo Group untuk meningkatkan efektifitas perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja. Pencapaian ini tidak lepas dari komitmen manajemen Pelindo Regional 3 dalam menerapkan HSSE dengan target zero fatality, zero accident dan zero damage khususnya di area pelabuhan Tanjung Perak.

“Saat ini Pelindo Sub Regional Jawa telah melakukan beberapa langkah dalam pencapaian target tersebut diantaranya melakukan safety patrol secara rutin, membuat laporan safety patrol kepada management, melakukan sosialisasi terkait K3, dan melakukan penertiban administrasi berupa SIK (surat izin kerja) untuk vendor yang berkegiatan di pelabuhan” ujar  Rendy
Pencapaian di bidang K3 untuk Pelindo Sub Regional Jawa di tahun 2023 adalah Zero Fatality dimana tidak terdapat kejadian fatal (nihil) di area pelabuhan Tanjung Perak dan juga Zero Accident yang dibuktikan dari pelaksanaan Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) mencapai 7.701.933 jam kerja orang tanpa kecelakaan kerja terhitung sejak 01 Nopember 2013 s.d 31 Oktober 2023.

Baca Juga  Ratusan Ribu Orang Terlayani di Tanjung Perak Pelayaran DLU Dukung Armada Angkutan Lebaran 2024 Yang Mumpuni

Tantangan ke depan terkait K3 ini adalah Pelindo lebih gencar dalam memberikan sosialisasi dan implementasi terkait K3 kepada pekerja di lapangan agar lebih aware terhadap digitalisasi modern dan meningkatkan kewaspadaan saat melakukan pekerjaan yang dapat mengancam keselamatan kerja.

“Seperti yang bisa kita lihat di Pelabuhan Tanjung Perak ini terdapat faktor human dimana saat ini masih terdapat beberapa SDM yang belum melek teknologi dan digitalisasi sehingga mereka kurang awas terhadap penyebab kecelakaan yang mungkin saja bisa terjadi, seperti contoh juga kita tidak bosan-bosan melakukan sosialisasi kepada pihak driver truk untuk tidak tidur sembarangan karena hal tersebut dinilai cukup berbahaya sehingga dapat menimbulkan insiden yang tidak kita inginkan. Sehingga dengan mengimplementasikan praktik keselamatan dan keamanan dalam pelayanan, manajemen, baik di kantor maupun di area operasional yang sangat membutuhkan safety awareness, keselamatan semuanya dapat lebih terjaga,” tandasnya

Lanjut Rendy, Dalam penerapan budaya K3 Pelindo, terdapat beberapa program kerja salah satunya selalu bersinergi dengan pemangku kepentingan maupun stakeholder. Pelindo mempunyai inovasi di bidang HSSE dalam bentuk digital yaitu “My HSSE” ,

“Dimana dalam sistem tersebut terdapat format pelaporan kejadian yang dapat digunakan seluruh insan Pelindo Group untuk melaporkan seluruh kejadian terkait insiden fatality”. Pungkasnya. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE