ALFI Jatim Berharap Pemerintahan Baru Lindungi Sektor Logistik

293
ALFI Jatim Berharap Pemerintahan Baru Lindungi Sektor Logistik
Ketua DPW ALFI / ILFA Jatim Sebastian Wibisono didampingi Erisandri Mahendra Wakil Ketua Bidang Kebandaraan dan Angkutan Udara saaat berbincang-bincang dengan wartawan tutikomapost.com di salah satu resto di Surabaaya, Selasa (20/2/2024).

titikomapost.com, SURABAYA – Guna tetap tercipta iklim bisnis yang kondusif di masa pemerintahan baru besutan Pemilu 14 Februari 2024 kemarin, para cargo owner yang tergabung dalam Asosiasi Logistik & Forwarder Indonesia (ALFI/ILFA) memiliki harapan yang besar terhadap roda kepemimpinan Presiden dan Wakil terpilih untuk lima tahun mendatang. Khususnya kebijakan-kebijakan yang ada keberpihakan pada sektor logistik.

Di era perdagangan modern, efisiensi logistik menjadi kunci ekonomi suatu negara, dimana semakin efisien distribusi barang maka biaya logistik akan semakin murah. Hal itu yang sangat diharap para pelaku usaha logistik tanah air, selain adanya kepastian reformasi birokrasi yang mudah tidak terkesan njelimet (mudah-Jawa.red).

”Kita berharap pemimpin yang menggantikan Pak Joko Widodo nanti meneruskan visi dan misi kepemimpinan nanti kedepan bisa menjadikan kebaikan bagi pengusaha, terutama pengusaha logistik yang ada di Surabaya dan Jawa timur pada khususnya,” tutur Ketua DPW ALFI / ILFA Jatim Sebastian Wibisono didampingi Erisandri Mahendra Wakil Ketua Bidang Kebandaraan dan Angkutan Udara di salah satu resto di Surabaaya, Selasa (20/2/2024).

Baca Juga  Kembali Dibuka Pelayaran Internasional di Pelabuhan Kuala Tanjung

Kedepan, lanjut Wibi sapaan akrab Ketua ALFI/ILFA Jatim bahwa pemerintah yang akan datang mempunyai keinginan melanjutkan komitmen untuk membawa Indonesia kedepan menjadi lebih baik menuju Indonesia emas di tahun 2045,

”Kami berharap iklim bisnis di Indonesia semakin baik dan nyaman, tentu menjadikan Indonesia akan lebih baik dan maju,” ujarnya.

Selain itu, Wibi melihat, dari pelaksanaan Pemilu Indonesia yang baru selesai dilaksanakan secara serempak yang diikuti 240 jutaan orang di dalam waktu yang bersamaan dalam kondisi aman, lancar dan kondusif merupakan gelaran pesta demokrasi terbesar di dunia yang mencerminkan besarnya semangat kolaborasi, dan tidak sendiri-sendiri itu bisa menjadi barometer pelaksanaan pembangunan Indonesia.

”Alhamdulillah Pemilu serentak sudah selesai dengan aman, lancar dan kondusif semoga pemimpin kedepan bisa melanjutkan program- program pembangunan yang sudah berjalan ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua umum DPP ALFI/ILFA Akbar Djohan di waktu yang berbeda, bertutur kepada awak media bahwa ALFI/ILFA berharap Presiden dan Wakil Presiden terpilih nantinya untuk bisa membawah eko sistem logistik Indonesia yang lebih baik.

Baca Juga  Gresik Bersama Sembilan Pelabuhan Lain Sandang Raport Hijau B-15 Stranas PK

Menurutnya, salah satu tantangan terbesar yang dihadapi sektor logistik di Indonesia adalah biaya logistik yang masih tinggi.

“Oleh karenanya Terobosan sektor logistik menjadi satu hal yang dinanti para pelaku usaha,” kata Akbar Senin (19/2) seperti dikutip media online Jakarta.

Penyebab tingginya biaya logistik nasional, Akbar menyebut diantaranya belum terciptanya konektivitas antara pelabuhan yang memberikan kepastian layanan. Selain itu kata pria yang juga sebagai Kepala Badan Logistik dan Rantai Pasok Kadin Indonesia, perlu standardisasi digitalisasi layanan pelabuhan-pelabuhan utama dan Faktor terakhir adalah yang menyebabkan biaya logistik mahal yaitu belum terdistribusinya industri-industri di wilayah Indonesia Timur.

“sehingga jika itu terjadi, akan ada keseimbangan trafik kargo baik dari Indonesia barat ke timur, ataupun sebaliknya. Dengan begitu, biaya logistik bisa turun, Ini menjadi hal utama yang harus diperbaiki oleh presiden terpilih,” tandasnya

Kendatipun demikian Sebagai upaya memastikan keberlangsungan usaha, ALFI di momen pesta demokrasi  14 Februari kemarin jmengapresiasi kinerja para pemangku kepentingan mulai dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), TNI/Polri, hingga masyarakat yang sudah menyelenggarakan Pemilu 2024 dengan kondusif dan lancar.

Baca Juga  Ratusan Ribu Orang Terlayani di Tanjung Perak Pelayaran DLU Dukung Armada Angkutan Lebaran 2024 Yang Mumpuni

“Kami atas nama masyarakat pelaku industri logistik nasional, dari Sabang sampai Merauke, mengapresiasi penyelenggaraan pemilu yang adil, transparan, dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi di Indonesia,” imbuhnya

Selain itu, ALFI juga mengucapkan selamat kepada pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang unggul versi hitung cepat (quick count) dan saat ini masih unggul dalam penghitungan real count KPU.

“Kami berupaya maksimal untuk mengimplementasikan visi besar logistik dan rantai pasok Indonesia tersebut. Dan kami siap berkolaborasi dengan kepemimpinan di bawah Prabowo-Gibran jika nantinya hasil real count KPU menyatakan paslon tersebut menjadi pemenangnya,” ucapnya. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE