TRC Distrik Navigasi Tanjung Perak Berhasil Evakuasi Bouy 24 Yang Terseret KM Leuser dan Lit Interprise

635
TRC Distrik Navigasi Tanjung Perak Berhasil Evakuasi Bouy 24 Yang Terseret KM Leuser dan Lit Interprise
Posisi Bouy 24 Tanjung Perak milik Distrik Navigasi Tanjung Perak yang terseret KM Leuser dan KM Lit Enterprise di Dermaga Jamrud Utara pelabuhan Tanjung Perak

titikomapost.com, SURABAYA – Tim Reaksi Cepat (TRC) Distrik Navigasi (Disnav) Tipe A Kelas I Tanjung Perak
berhasil mengangkat Pelampung Suar (Bouy) no. 24 ke Dermaga Tanjung Perak usai menerima kabar dari Vessel Traffic Service (VTS) dan PT. PELNI bahwa Buoy no. 24 terbawa oleh Kapal KM Leuser dan Kapal Lit Interprise pada Senin (12/2/2024).

Tim Teknis SBNP Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Tanjung Perak Arif Widodo mengungkapkan, menerima kabar dari VTS bahwa posisi Bouy no. 24 sesuai DSI terletak di perairan Teluk Lamong Alur Barat Surabaya dengan titik koordinat 07°-11′-27.60″S 112°-42′-50.10″T sempat terbawa sejauh 3,8 KM ke arah barat.

“KM Leuser dan LIT Interprise membawa Bouy no. 24 menuju Dermaga Tanjung Perak,” ujarnya.

Sesuai Berita Acara yang di rilis oleh PT. PELNI, bertanda tangan Capt. D. Supryanto. L Nahkoda KM. Leuser dengan nomor Berita Acara 12.02/03/BA/112/2024 menyebutkan kronologi kejadian bahwa pada hari senin tanggal 12 Februari 2024 KM. Leuser pada pukul 14.05 Kapal melakukan olah gerak untuk berlabuh jangkar; pukul 14.08 Kemudi cikar kanan menuju tempat berlabuh / 2 mesin maju pelan sekali dan dikarenakan kecepatan arus dan angin sangat kuat sekali (20 knot) pada pukul 14.09 karena kecepatan arus tersebut langsung maju setengah; pada pukul 14.18 Kapal hanyut dan menyenggol bouy no. 24 sehingga bouy tersebut terbawa oleh kapal, rantai bouy no. 24 melilit jangkar kapal “LIT Enterprise” dan menyenggol MT. Lamiwuri.

Baca Juga  Operasi Gabungan Samsat Surabaya Utara Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Akan Pajak Kendaraan

“Sampai dengan sore (13/2), dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak dan Tim Reaksi Cepat Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Tanjung Perak terus memonitor terkait upaya Evakuasi Bouy No. 24 tersebut,” jelas Arif.

“Pihak Pelni akan bertanggung jawab dari pengangkatan, perawatan Bouy no. 24, sampai dengan penempatan kembali di titik semula sesuai posisi DSI” imbuhnya.

Pada pukul 17.02 tim evakuasi sudah berhasil mengangkat Bouy no. 24 ke Dermaga Tanjung Perak dan selanjutnya berupaya untuk melepas dan mengangkat rantai dan sinker/pemberat bouy untuk dinaikkan juga ke dermaga. Dan selanjurnya, pukul 20.05 Bouy berhasil dipindahkan ke bengkel Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Tanjung Perak.

“Kami akan monitor terus upaya evakuasi bouy no. 24 ini agar segera di laksanakan perbaikan dan dikembalikan ke titik koordinat asal,” pungkasnya. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE